Cara Mengecilkan Perut Buncit

  • Whatsapp

Lemak pada bagian perut memang bisa merusak penampilan seseorang, hingga  menjadi suatu hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Lemak di bagian perut sering kali disebabkan karena kenaikan berat badan, atau gangguan hormon di dalam tubuh. 

Cara Mengecilkan Perut Buncit
Cara Mengecilkan Perut Buncit
Foto duniafitnes.com

Kortisol adalah salah satu hormon yang berhubungan dengan pengelolaan stres. Ketika seseorang stres, maka akan mengakibatkan tingkat kenaikan kortisol. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan atau ketidakmampuan untuk menurunkan berat badan, penurunan kekebalan tubuh, dan meningkatkan tingkat peradangan. Sehingga kemudian, akhirnya lemak di perut juga akan menjadi lemak yang berbahaya karena dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, terutama kolesterol dan penyakit jantung. 

Read More

Kebiasaan yang membuat perut buncit

Makan camilan sambil menonton televisi

Makan camilan sambil nonton memang sangat mengasyikkan. Tapi kebiasaan tersebut dapat membuat perut kamu tidak merasa kenyang, sehingga terus memakan camilan tersebut. Akibatnya, lemak akan tertimbun di dalam perut kamu.

Makan tidak teratur

Kebiasaan makan tidak teratur membuat kamu makan hanya saat lapar saja. Saat kelaparan, kamu akan cenderung makan berlebihan.  Inilah yang akan menyebabkan kamu menjadi buncit, karena terlalu banyak makan.

Makan makanan cepat saji

Makanan mengandung kalori dan lemak yang sangat tinggi. Makanan tersebut biasanya juga tidak terlalu mengenyangkan, sehingga perut akan cepat kembali merasa lapar dan akibatnya porsi makan menjadi berlebihan, sehingga menimbulkan perut buncit.

Minum alkohol

Kandungan yang dimiliki alkohol seperti kalori dan gula hampir menyamai makanan berlemak. Alkohol mengandung kalori yang tinggi dan dapat meningkatkan nafsu makan. Ketika kamu meminum alkohol, organ hati akan bekerja lebih keras untuk menetralisir kandungan alkohol dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan gula yang seharusnya disaring terlebih dahulu menjadi terlewat dan menumpuk dan menyebabkan perut buncit. 

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan seratnya yang tinggi, yang berkhasiat untuk merampingkan dan melancarkan pencernaan. Zat-zat gizi yang terkandung dalam jeruk nipis selain vitamin C adalah kalsium dan fosfor, asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, dan lain sebagainya. Karena itu, jeruk nipis dijadikan obat untuk banyak penyakit, terutama sembelit. 

Untuk mengecilkan perut secara dengan perawatan dari luar,, bahan-bahan yang harus kamu sediakan adalah satu buah jeruk nipis segar, kapur sirih secukupnya, dan minyak kayu putih. Pertama, peras jeruk nipis hingga mendapatkan sari jeruk nipis kemudian campur dengan minyak kayu putih. Terakhir tambahkan kapur sirih dan aduk semua bahan menjadi satu hingga merata. Setelah ramuan siap balurkan pada perut dan tunggu beberapa saat hingga mengering. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk merampingkan perut.

Selain melakukan perawatan dari luar, kamu juga bisa mengonsumsi jeruk nipis secara langsung untuk hasil yang lebih cepat. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah segelas teh hijau tanpa gula atau segelas air hangat ditambah dengan perasan jeruk nipis. Setelah menambahkan ekstrak jeruk nipis, minum ramuan ini secara teratur satu kali sehari.

Makan perlahan

Makanan yang tercerna dengan baik akan membuat perut lebih cepat kenyang bahkan dengan makanan yang lebih sedikit.  Makan dengan cepat membuat proses pencernaan makanan terganggu, sehingga proses penyerapan makanan tidak maksimal. Karena itu, biasakanlah duduk saat makan dan kunyahlah makan secara perlahan-lahan sebelum di telan.

Minum air putih

Minumlah air putih minimal 8 gelas setiap hari akan dapat membantu proses metabolisme dan juga membantu pembuangan racun dan lemak dari dalam tubuh, sehingga lemak jahat pun ikut luruh.

Minum teh herbal

Teh herbal berguna untuk membantu proses detoksifikasi, dan membantu proses metabolisme tubuh, sehingga secara tidak langsung membantu mengecilkan perut. Minumlah the herbal sehari sekali atau tiap beberapa hari sekali.

Konsumsi serat pada makanan

Makanan yang banyak mengandung serat akan membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, makanan yang banyak mengandung serat juga baik untuk melancarkan proses pencernaan makanan.

Berlari

Berlari merupakan latihan kardio yang mudah untuk dilakukan di mana saja. Berlari  selama 30 menit setiap hari, akan  membakar kalori sebanyak 374. Untuk mengatasi perut buncit , berlarilah di jalan yang menanjak agar kalori yang dibakar lebih banyak. Bagi yang tidak terbiasa melakukan gerakan ini, kamu mungkin mengalami sakit pada otot tubuhmu di awal latihan.

Sit up 

Sit up merupakan gerakan mengangkat tubuh bagian atas dari posisi telentang ke atas dengan menggunakan otot perut. Sebagai variasi, kamu bisa menggabungkan dengan crunche, yaitu mengangkat tubuh bagian sebanyak 30° dari posisi awal sudah cukup ke arah kiri dan kanan secara bergantian.

Push up

Push up merupakan cara ampuh membakar lemak tubuh. Jika kamu belum mampu push up dengan tumpuan ujung kaki, kamu bisa mencoba push up dengan lutut sebagai tumpuan. Seiring bertambahnya kekuatan tangan, kamu dapat mencoba melakukan push up dengan ujung kaki, sebagai tumpuan untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

Squat

Squat merupakan gerakan duduk di kursi bayangan. Ketika melakukan squat, kamu akan menggerakan tubuh naik dan turun dengan kaki sebagai tumpuan. Untuk permulaan, dapat melakukan squat sebanyak 50x. Bagi yang tidak terbiasa melakukan gerakan ini, kamu mungkin mengalami sakit pada bagian kaki di awal latihan.

Lompat tali

Lompat tali merupakan salah satu olah raga mengecilkan perut yang cukup efektif. Lompat tali selama satu jam dapat membakar 730 kalori dalam tubuh. Bagi pemula, kamu cukup melakukan gerakan ini sekitar 15 menit saja. 

Bersepeda

Bersepeda dapat membakar lemak, mengecilkan perut, dan juga melatih kaki. Agar lebih menyenangkan, kamu bisa melakukan kegiatan ini secara bersama-sama dengan teman-teman.

Berenang

Berenang tidak hanya sekedar latihan kardio, tapi juga  membangun otot yang dapat membantu dalam proses pembakaran lemak. Lakukan olahraga ini secara rutin setiap minggunya, minimal 2 kali dalam seminggu.

Demikian artikel tentang Cara Mengecilkan Perut Buncit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. Selamat mencoba! (CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *