Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Benar

  • Whatsapp

Cara Mengatur Keuangan. Bagi pasangan yang baru menikah, rasanya hari-hari itu terasa indah. Namun keindahan tersebut tentu tidak berlangsung selamanya. Setelah bulan madu selesai, Anda dan pasangan akan dihadapkan dengan masalah yang selalu dialami setiap orang, yaitu persoalan keuangan. Selagi masih di awal, pasangan muda haruslah tahu cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Benar
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Benar

Sangat mudah bagi pasangan baru untuk menggampangkan semuanya, apalagi karena Anda masih belum punya anak. Tetapi begitu menikah, itu berarti Anda dan pasangan harus mengurus masalah finansial sendiri tanpa bantuan orang tua. Bila tidak siap, Anda bisa bingung sendiri. Jadi, duduklah bersama dengan pasangan Anda, dan bicarakan masalah ini baik-baik.

Keputusan finansial di tahap awal

Di awal-awal, akan lebih baik jika Anda langsung membicarakan tentang beberapa hal ini:

1. Samakan visi

Tentukan prioritas dalam pembayaran. Apakah pembayaran kredit rumah, mobil, atau untuk keperluan sehari-hari?

2. Jujurlah dengan pendapatan

Katakan sejujurnya berapa penghasilan masing-masing, berapa persen untuk kebutuhan bersama, dan berapa untuk uang saku pribadi. 

3. Tunjuk siapa yang mengelola

Tentukanlah bersama-sama siapa yang akan menjadi bendahara keluarga. Hal ini penting untuk mengontrol serta mengawasi arus keuangan keluarga.

4. Tentukan besar pengeluaran dan siapa yang membayar

Hitunglah bersama-sama pengeluaran rutin setiap bulannya, lalu tentukan apakah Anda akan membagi sama rata pembayaran, atau Anda khusus membayar listrik, internet, dan bensin, sementara pasangan membayar keperluan sehari-hari, air, iuran RT, dll.

5. Jujur dengan kebiasaan

Bila Anda adalah orang yang cenderung boros, katakan ini kepada pasangan Anda, demikian juga sebaliknya. Anggaplah Anda menjadi rem dari kebiasaan buruk masing-masing.

Menumbuhkan kebiasaan keuangan yang baik

Ada beberapa kebiasaan di bawah ini yang sebaiknya dilakukan oleh Anda dan pasangan, mumpung masih ada di tahap awal:

• Selalu diskusi untuk pengeluaran besar

Kunci untuk mencapai kestabilan adalah selalu berkomunikasi secara terbuka. Jika Anda hendak membeli sesuatu yang membutuhkan biaya besar, selalu diskusikan dengan pasangan terlebih dahulu.

• Menabung

Menyisihkan uang untuk ditabung selalu menjadi kebiasaan bagus. Bicarakan kepada pasangan berapa jumlah yang akan ditabung setiap bulannya.

• Kurangi konsumtif

Jika sebelumnya Anda sering makan di luar, membeli barang-barang kecil, maka setelah menikah sebaiknya Anda rem kebiasaan ini.

• Tentukan batas maksimal untuk pengeluaran

Meski Anda bersama-sama sudah mengatur keuangan, berapa yang harus keluar dan dibayar, perkirakan juga berapa pengeluaran maksimal yang masih bisa Anda lakukan.

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan keterbukaan tentang keuangan di tahap awal pernikahan akan membuat Anda lebih stabil secara finansial. Peran yang jelas dalam keuangan keluarga akan mencegah terjadinya pengeluaran yang berlebih setiap bulannya. Ingatlah, Anda baru menikah dan masa depan masih panjang, jadi usahakan agar kebiasaan keuangan yang baik menjadi budaya keluarga Anda.***(CM/Rio Quiserto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *