Cara Membersihkan Paru-Paru Dari Rokok

  • Whatsapp

Meskipun membahayakan kesehatan seseorang, merokok masih menjadi gaya hidup bagi banyak orang, terutama kaum lelaki. Rokok mengandung beberapa zat kimia yang membahayakan tubuh, misalnya adalah Nikotin. 

Cara Membersihkan Paru-Paru dari Rokok
Cara Membersihkan Paru-Paru dari Rokok

Nikotin adalah zat paling berbahaya yang terdapat dalam rokok. Zat potent nerve poison atau toksin dalam nikotin bahkan biasa dipakai produsen untuk membuat obat pembunuh serangga. Zat nikotin jugalah yang menyebabkan kecanduan bagi perokok aktif. Ironisnya, nikotin di dalam darah tidak betul-betul hilang walau perokok itu sudah berhenti.

Read More

Pemulihan jantung pada mantan perokok dapat mengambil waktu selama 1 dekade, agar jantung dapat kembali normal. Ini merupakan waktu yang diperlukan agar kerusakan yang terjadi akibat inflamasi, dan kembalinya pembuluh darah ke keadaan elastisitas semula, dan tubuh betul-betul bersih dari nikotin.

Dalam sekali menghisap rokok, zat nikotin dari sebatang rokok tersebut dapat bertahan dalam darah selama 3 hari dalam tubuh orang yang merokok atau menghirup asap rokok. Untuk itu, perlu berbagai jenis makanan seperti sayur dan buah untuk menetralisi racun yang disebabkan nikotin tersebut.

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan membantu membersihkan darah dari zat nikotin tersebut. Berikut adalah tipsnya.

1. Lakukan transplantasi

Untuk pertama kalinya, akhirnya para peneliti dari McEwen Centre for regenerative Medicine, University Health Network berhasil menggunakan terapi gen untuk memperbaiki paru-paru yang “rusak” sehingga digunakan untuk transplantasi kepada pasien yang membutuhkan.Teknik ini secara signifikan memacu pertumbuhan jumlah donor paru – paru dengan cara memperbaiki organ yang sebelumnya dinilai “cacat”, selain juga meningkatkan hasil transplantasi yang lebih baik.

University Health Network menerapkan teknik gen ex vivo pada organ paru-paru donor sebelum digunakan untuk transplantasi. Teknik tampak sederhana dan efektif untuk memperbaiki fungsi paru-paru.

Cara kerja terapi gen ini ini adalah mulanyan paru – paru donor disimpan dalam kondisi suhu tubuh normal dengan menempatkannya di sebuah kubah untuk memproteksi. Lalu, sistem perfusi paru Toronto XVIVO secara terus-menerus memompa cairan oksigen tanpa darah, protein, dan nutrisi kepada paru-paru yang “cacat” tersebut. Metode ini meniru kondisi paru pada umumnya sehingga sel-sel yang “cacat” bisa memperbaiki diri sendiri dan terciptalah sebuah paru-paru yang bagus dan bisa diaplikasikan sebagai donor. Setelah itu, dimasukkan gen IL-10 yang bisa menghalangi respons imunitas tubuh terhadap infeksi sehingga organ yang baru ditransplantasi tidak rusak.

2. Berhenti merokok 12 jam saja

Menghentikan kebiasaan merokok merupakan hal yang sulit bagi pecandu rokok. Namun tubuh akan memperbaiki sistemnya ketika seseorang mulai berhenti merokok selama 12 jam. Dengan begitu, karbon monoksida dan kandungan nikotin dalam tubuh akan hilang secara perlahan. 

Kandungan berbahaya tersebut akan hilang sama sekali dalam waktu 2-3 hari setelah berhenti merokok. Pada saat itu, akan timbul perasaan tak tenang, emosi yang tidak stabil, rasa lapar, keletihan yang berlebihan, dan kesulitan tidur, sebagai gejala yang menandakan bahwa tubuh perokok sedang membersihkan sisa – sisa nikotin yang ada. Gejala – gejala seperti depresi, frustasi, dan sakit kepala juga akan melanda pada awal proses penyembuhan.

Kemudian dalam 2-3 minggu sejak berhenti merokok, sirkulasi tubuh akan mulai memperbaiki kerusakan pada paru-paru. Dalam jangka waktu 1 sampai 9 bulan, batuk-batuk dan nafas pendek akan menghilang. Paru-paru mulai bersih dan fungsinya kembali normal.

3. Tingkatkan kapasitas paru-paru

Meningkatkan kapasitas kinerja paru-paru akan membantu memulihkannya. Satu cara efektif meningkatkan kapasitas paru-paru adalah dengan memainkan instrumen seperti saksofon, terompet, peluit, bahkan recorder. Praktek selama 10-15 menit sehari akan memperbaiki paru-paru Kamu. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan tarik napas, dengan cara ambil udara sebanyak – banyaknya lalu ditahan 2 sampai 3 detik, lalu hembuskan hingga benar- benar terasa habis.

4. Terapi kelembaban

Mucus atau lendir sering menjadi penyebab batuk kronis. Pada banyak kasus, mengurangi serta membersihkan mucus dapat meredakan batuk. Mulailah dengan berhenti mengkonsumsi makanan yang memproduksi mucus seperti produk-produk susu (khususnya es krim), makanan dingin dan mentah, makanan manis yang mengandung pemanis buatan atau tepung olahan, serta minuman ringan.

5. Lakukan teknik seperti akupuntur

Akupuntur dilakukan secara teratur untuk mengatasi masalah paru – paru. Namun kamu tidak harus menggunakan jarum untuk menstimulus paru – parumu, tetapi juga bisa menggunakan jari tanganmu. Kamu bisa menstimulus titik akupuntur yang sama pada tubuh kamu dengan teknik yang disebut “acupressure”. 

Caranya, temukan titik akupuntur yang biasa disebut dengan cubit marsh. Bengkokkan lengan Kamu di siku. Titik akupuntur berada pada liputan siku, pada bagian luar otot besar di tengah-tengah titik. Tekanlah bagian tersebut dengan menggunakan jempol sampai Kamu merasa lebih baik. Tahan selama 2 – 3 menit. Lakukan pada lengan yang lain.

6. Konsumsi buah delima

Buah delima mengandung antioksidan yang tinggi. Rasa asam dari buah delima yang mengandung vitamin C ini, dapat membantu membersihkan nikotin yang nempel di gigi dan mulut, membantu membuang racun rokok yang tersimpan dalam tubuh, dan lain sebagainya. Buah delima juga dapat meningkatkan aliran darah, serta beberapa sel darah pada badan.

7. Konsumsi buah kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin A, C serta E yang sangat banyak, yang mampu menetralkan nikotin pada tubuh perokok. Mengonsumsi buah kiwi yang memiliki kandungan anti-oksidan tinggi, akan menjaga kesehatan jantungmu.

8. Konsumsi buah jeruk 

Kandungan vitamin C dalam buha jeruk dikenal sangat tinggi. Dengan mengonsumsi buah jeruk, metabolisme badan akan pulih dan mampu menurukan stres, dan menetralisir dampak nikotin dalam tubuh. Air dari jeruk nipis mampu mengurangi kadar nikotin yang berada pada asap rokok sebesar 70,65%.

9. Konsumsi wortel

Wortel kaya vitamin A, C, K, serta B yang efisien melawan nikotin pada badan serta melawan kulit kusam disebabkan merokok. Vitamin A dalam wartel juga bertugas melindungi paru-paru dari infeksi. Mengkonsumsi vitamin A mungkin bisa membantu kamu terhindar dari kerusakan paru-paru yang dapat memicu terjadinya kanker. 

10. Konsumsi brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin C serta B5. Dengan mengonsumsi brokoli sehari-hari, konsentrasi nikotin dalam darah bakal terurai.

11. Konsumsi sayuran berdaun hijau

Zat klorofil dalam sayuran hijau memiliki kandungan vitamin serta asam folat. Sayuran seperti bayam sangat ampuh menolong menetralkan konsentrasi nikotin pada tubuh seseorang.

12. Konsumsi buah beri 

Buah beri kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, sodium, zinc, dan zat besi. Kandungan vitamin dalam buah beri ini juga sangat efektif membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh. 

13. Konsumsi air putih

Minum air putih di pagi hari saat perut kosong atau saat terbangun di pagi hari, sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine. Air putih juga memiliki proses detoksifikasi yang mampu membersihkan racun dan lemak lainnya di kulit. Selain itu, zat nikotin dalam tubuh bisa memicu dehidrasi. Untuk itulah perokok pasif maupun aktif harus mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan.

14. Konsumsi makanan laut

Makanan laut kaya akan omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru dan otak. Omega 3 yang terdapat pada Makanan laut mampu memperbaiki fungsi dari paru-paru. Makanan yang mengandung omega 3 adalah Salmon, teri, tuna, sarden, kepiting, kerang, lobster, udang dan lain sebagainya.

15. Konsumsi kacang kedelai

Kacang kedelai kaya akan vitamin E yang dapat memperbaiki fungsi paru-paru serta menghilangkan rasa sesak nafas kronis. Kedelai mengandung Flavonoid, yang akan berfungsi sebagai anti peradangan pada paru-paru, serta menjaga paru-paru dari racun asap rokok yang kamu hirup.

Demikian informasi tentang Cara Membersihkan Paru-Paru dari Rokok. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.***(CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *