Jenis Pomade dan Cara Memakai Minyak Rambut Pomade

  • Whatsapp

Minyak Rambut Pomade – Bagi laki-laki rambut merupakan pesona yang dapat menunjang penampilan. Demi penampilan, tidak jarang laki-laki sering kali mengubah mode rambutnya, agar terlihat lebih menarik. Salah satunya adalah dengan memakai Pomade. Memakai Pomade memang akan membuat gaya rambut kamu lebih keren dan gampang diatur, sesuai dengan keinginan kamu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus memperhatikan jenis-jenis pomade sesuai dengan gaya rambut yang kamu miliki.

Cara Memakai Minyak Rambut Pomade
Minyak Rambut Pomade
Foto majalahouch.com

Pomade adalah sejenis minyak rambut yang dibuat dari zat berminyak atau sejenis bahan dari wax (lilin) yang digunakan untuk penataan gaya rambut. Penggunaan Pomade bertujuan untuk membuat rambut agar terlihat lebih licin, mengkilap, dan tidak kering. 

Tidak seperti hair spray dan gel rambut pada umumnya, pomade adalah bersifat tidak kering, dan dapat bertahan lebih lama. Pomade digunakan untuk gaya rambut (termasuk kumis, cambang, dan jenggot), memberikan efek lebih gelap, lebih klimis (terlihat licin), terlihat bersinar, dan sering dikaitkan dengan model gaya rambut klimis pria.

Pomade modern mungkin mengandung wewangian, Akan tetapi mereka biasanya tidak beraroma buah-buahan. Dengan memakai minyak rambut pomade, tatanan rambut kamu akan bertahan dalam lebih lama dari kebanyakan produk perawatan rambut yang lainnya. 

Pomade yang asli adalah berasal dari abad kedelapan belas dan kesembilan belas yang terbuat dari lemak beruang atau babi. Akan tetapi, pembuatan minyak rambut pomade pada zaman modern saat ini telah menggunakan Lanolin, beeswax, dan petroleum jelly sebagai bahan dasarnya. Sifat kaku dari pomade itu sendiri biasanya digunakan untuk membuat gaya rambut seperti pompadour atau quiff. Sedangkan sifat pelembab tahan lama membuatnya populer.

Jenis-Jenis Pomade

Ada beberapa jenis lainnya yang mungkin Anda pernah temukan, yaitu, yaitu : Heavy weight pomades, medium weight pomades, and light weight pomades, water-base pomades (pomade yang berbasiskan air), dan hair cream pomades (krim rambut).

Heavy weight pomades (pomade kelas berat)

Pomade dengan jenis kelas berat sangat ideal digunakan untuk orang yang bertipe rambut tebal, keriting, atau untuk rambut pendek. Pomade kelas berat memiliki wax yang tinggi dari pada lemak. Pomade sepeti Pomade kelas berat sangat cocok bagi kamu yang memerlukan ketahan model atau gaya rambut yang lebih lama. Dengan demikian Pomade kelas berat memberikan ketahanan terhadap gaya rambut lebih baik. 

Kelemahan dari pomade jenis kelas berat adalah sifatnya yang terlalu kaku terhadap rambut dan sedikit susah untuk dihilangkan atau dicuci. Mengingat tingginya kandungan wax di dalamnya, pomade kelas berat juga tidak terlalu terlihat bersinar apabila digunakan.

Medium-weight pomades (Pomade kelas menengah) 

Pomade dengan jenis seperti kelas menengah sangat cocok digunakan untuk orang yang bertipe rambut. Orang-orang dengan tipe rambut menengah panjang dan rambut dengan ketebalan normal seperti ini, tidak perlu ketahanan style rambut yang ekstra seperti yang ditawarkan oleh pomade kelas berat. Pomade kelas menengah dapat memberikan rambut yang bersinar, ketahanan terhadap gaya rambut yang layak, dan mengandung perbandingan lemak dan wax yang relatif seimbang.

Light-weight pomades (pomade kelas ringan)

Pomade kelas ringan sangat cocok dan tepat digunakan bagi mereka yang mempunyai rambut ringan, tipis maupun juga untuk rambut yang panjang. Minyak rambut pomade sepeti ini sangat bagus digunakan untuk mencapai kondisi rambut yang kelihatan rapi dan basah. Selain terlihat bersinar, pomade dengan jenis seperti ini juga cocok bagi orang yang tidak memerlukan efek tambahan yang terlalu mencolok pada rambutnya. Kelemahannya, Pomade dengan jenis sepeti kelas ringan kurang baik dalam ketahanan model rambut. 

Water base pomades (Pomade yang bening seperti air)

Water base pomades adalah pomade yang mencapai ketahanan gaya dan kemilau rambut seperti pomades tradisional, pomade jenis ini bertujuan supaya rambut mudah dicuci seperti minyak rambut modern pada umumnya. Water base pomades tidak mengandung petrolatum, sehingga mudah larut dalam air saat dicuci. 

Hair Cream Pomades (Pomade yang berwujud seperti krim) 

Hair cream pomades adalah pomades yang sangat ringan yang hampir seluruhnya terbuat dari petrolatum dan mengandung sedikit atau bahkan tidak ada wax. Hair cream pomades cocok untuk orang – orang dengan rambut super halus yang hanya perlu ketahanan gaya rambut yang minimal. Hair cream pomades juga merupakan pilihan yang baik untuk digunakan, karena hanya memerlukan sedikit waktu untuk menata gaya rambut menggunakan minyak rambut tradisional.

Cara Pakai Pomade

  • Sebaiknya gunakan Pomade ketika rambut dalam keadaan kering
  • Usapkan pada tangan secukupnya.
  • Ratakan pada tangan hingga benar-benar lembut (tidak ada tekstur kasar)
  • Usapkan secara merata pada rambut.
  • Gunakan Sisir untuk mengatur gaya rambut sesuai keinginan.

Baca Juga : Manfaat dan Kerugian Memakai Pomade Minyak Rambut

Nah, karena sifatnya yang berminyak, lebih baik gunakan pomade secukupnya saja, hingga rambut terlihat mengkilap dan bisa di tata dengan mudah. Karena dalam urusan membersihkan pomade, kamu harus keramas untuk menghilangkannya menggunakan shampo yang diformulasikan khusus untuk membersihkan pomade. Banyak merek yang dapat digunakan seperti DAX Removing Shampoo atau Royal Flush Lucky 13 Shampoo, namun harganya lebih mahal. Namun untuk kamu yang belum memiliki shampo khusus penghilang pomade, kamu dapat mengolesi rambut yang menggunakan pomade dengan minyak zaitun dan berkeramas dengan air hangat juga bisa digunakan untuk menghapus pomade. Caranya, usapkan minyak ke rambut sampai merata, pijat lembut, diamkan 10-15 menit, setelah itu cucilah rambut dengan shampo seperti biasa, bilas dengan air hangat. 

Demikian artikel tentang Jenis Pomade dan Cara Memakai Pomade. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. (CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *