Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) Pakai EVINDO

  • Whatsapp

Berkat kegigihan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, seorang mahasiswa Fisika USU, Indra Gunawan mampu menghantarkan dirinya untuk dapat menciptakan alat penghemat bahan bakar minyak dan gas yang dinamaikan “EVINDO”. Tidak hanya itu, dirinya juga telah mengikuti Kompetisi Technopreneurship Pemuda Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek) 2013 di Serpong Tangerang dan berhasil menjadi juara 1 dengan menyisihkan 40 peserta dari 4.860 proposal yang masuk dari seluruh Indonesia.

EVINDO
EVINDO Generasi Pertama

Awal mula menciptakan alat penghemat BBM ini sebagai bagian penyempurnaan hasil cipta kenderaan dengan berbahan bakar air plus etanol yang di hasilkan oleh FMIPA USU beberapa waktu lalu. Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya dirinya memutuskan untuk dapat berdiri sendiri dengan menciptakan penghemat BBM yang bukan hanya digunakan untukbahan bakar ethanol, namun juga dapat digunakan oleh bahan bakar lain, seperti bensin, solar dan gas. 

Read More

Dalam membuat alat tersebut, dirinya dibantu oleh temannya yang hanya seorang mekanik bengkel mobil ternama, serta banyak membaca buku dan internet. Dari internet jugalah dirinya mendapatkan informasi untuk mengikuti Kompetisi Technopreneurship Pemuda Nasional yang diadakan Kemenristek RI.

Waktu pengumuman proposal yang menyatakan lulus seleksi, sempat bingung untuk berangkat ke Serpong dalammengikuti Bootcamp karena tidak punya uang untuk ongkos berangkat kesana.

Namun setelah menghubungi pihak dekanat, akhirnya diberikan pinjaman uang untuk ongkos berangkat mengikuti bootcamp bersama peserta yang lain di Serpong.Berdasarkan penilaian dari para dewan juri, memutuskan menjadi juara satu dan mendapatkan uang sebesar 50 juta rupiah yang diserahkan oleh Menristek RI. 

Pada awalnya, dalam pengembangan alat ini sempat tidak di dukung oleh orang tua karena membuang waktu dan uang serta selalu begadang, belum lagi skripsi yang belum terselesaikan.Namun, karena hasil akhirnya juga terlihat, orang tua pun semain yakin, bahwa bakat dan potensi tidak hanya dalam menemukan teknologi namun juga dalam hal bisnis.

Saat ini telah berdiri PT (Perseroan Terbatas) atas nama PT Energi Inovasi Anak Indonesia dan sudah mendapatkan paten teknologi atas hasil ciptaan sendiri oleh Kemenkumham RI.

Juara 1 Technopreneur dari Kemenristek RI 2013

Walaupun demikian banyak tawaran oleh beberapa perusahaan asing dan dalam negeri untuk mengembangkan hasil ciptaannya dalam kebutuhan penghematan bahan bakar minyak dan gas yang ada di Indonesia, tetap saja lebih memilih untuk mengembangkan sendiri bersama tim yang saat ini sedang membangun perusahaan EVINDO. Salah satu cita-cita PT EVINDO adalah mampu membantu memberikan solusi bagi masyarakat dalam menghemat bahan bakar yang semakin langka dan mahal di pasar.

EVINDO

EVINDO EFE 01
EVINDO EFE 01

Alat EVINDO ini mampu meningkatkan kualitas bahan bakar dengan mengubah molekul bahan bakar menjadi ion positif sehingga terjadi pembakaran yang lebih sempurna yang dapat meningkatkan performa mesin, menghemat bahan bakar sebesar 20-40%, memperpanjang usia mesin, mengurangi emisi gas buang CO sebesar 60%. Alat ini dapat di gunakan untuk sepeda motor, mobil, genset, kapal laut, boiler dan mesin industri lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *