IBX5A49C9BC313D6 Batu Cincin Akik Termahal di Dunia - Cerita Medan

Batu Cincin Akik Termahal di Dunia

Batu Cincin Akik Termahal di Dunia – Secara tradisi, biasanya cincin terbuat dari logam mulia, perak, atau campuran dari bahan-bahan lain seperti tembaga, perunggu, kuningan krom, dan lain-lain. Untuk memperindah tampilan sebuah cincin dilengkapi dengan ukiran dan dihias dengan permata seperti intan, berlian, atau batu akik.

Sejak ribuan tahun lalu hingga kini, batu cincin permata masih di tempatkan sebagai benda berharga dan bernilai tinggi. Bahkan sebuah batu permata langka bisa mencapai jutaan dollar perkarat, terlebih untuk jenis batu cincin populer tentu memiliki banyak peminat. Batu mulia memang telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia saat ini.

Kini, peminat batu akik di seluruh dunia pun semakin banyak. Hal ini semakin membulatkan tekad para produsen baik lokal, nasional, maupun internasional untuk selalu menyediakan produk batu cincin terbaik dengan harga yang kompetitif.

Sebenarnya, tidak ada patokan standar harga sebuah batu akik atau permata hingga saat ini. Namun, semakin langka sebuah batu akik atau permata, apalagi yang banyak peminatnya, maka dengan sendirinya harga akan semakin tinggi. Saat ini batu termahal dan paling populer masih ditempati berlian dan merupakan jenis batu mulia paling di incar banyak kolektor.

Beberapa Jenis Batu Akik Termahal di Indonesia

1. Batu Bacan

Batu akik asal Indonesia ini bisa ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Kepopulerannya menjadikan batu bacan diminati banyak kalangan. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

2. Batu cincin Safir

Batu Safir ini diminati bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Batu Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya.

3. Batu Cincin Zamrud

Batu cincin ini memiliki warna hijau yang dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.

Batu cincin zamrud sudah lama dikenal sejak ribuan tahun lalu.

4. Batu Cincin Ruby

Batu Ruby sering juga disebut batu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Harga batu ini bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian

5. Batu Topaz

Batu topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini.

Seperti batu mulia pada umumnya, topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.

Beberapa Jenis Batu Cincin Termahal Di Dunia

 1. Batu Berlian Hope

Selama ini jenis permata ini telah menjadi lambang kemewahan dan gaya hidup bagi kalangan hartawan. Berlian termasuk batu permata termahal di dunia. Harga belian termahal saat ini adalah Berlian Hope dengan $250 Juta/karat sedang atau setara dengan Rp. 2.2 Trilliun. 

Batu Cincin Termahal di Dunia

Biaya untuk mendapatkan sebuah berlian berharga tinggi memang bukan hal mudah, mulai proses penambangan, pengolahan hingga proses pemotongan untuk membentuk sebuah berlian tentu sangat mahal, palagi jika barang itu sangat langka.

Batu permata ini banyak digunakan untuk perhiasan seperti kalung, liontin, cincin atau anting-anting. Namun permata ini tidak hanya dapat dijadikan perhiasan saja, melainkan bisa juga sebagai investasi, karena sebuah permata dengan jumlah terbatas harganya akan semakin mahal, sedangkan peminatnya semakin banyak.

2. Kalung Giok (Jadeite Necklace)

Sejak ribuan tahun, batu giok sudah dimanfaatkan sebagai perhiasan bernilai tinggi. Saat ini batu giok masih menjadi buruan banyak kolektor atau penghobi batu permata sehingga harganya menjadi sangat mahal dan langka. Harga batu giok termahal bernilai $27.440.000 Dollar Amerika. Kalung yang terdiri terdiri dari 27 mata giok memang sangat indah dan menakjubkan. Batu dengan warna khas hijau ini tidak hanya indah, namun dipercaya sebagai simbol keberuntungan bagi pemiliknya.

3. Serendibite 

Serendibite masuk kategori batuan langka di dunia sehingga harganya sangat mahal. Sifat optik pada batu ini hijau kekuningan – hijau kebiruan dan violet . Kekerasan 6.5-7 skala mohs. Serendibite hanya ditemukan di dua tempat di dunia yaitu Sri Lanka dan Birma. Karena masuk dalam kategori batu mulia harga Serendibite mencapai $2.5 juta/karat.

4. Blue Garnet 

Jenis permata Garnet dapat ditemukan di beberapa negara seperti Amerika, Turki, dan kualitas terbaik adalah yang berasal dari Madagaskar. Garnet masuk dalam kelompok mineral silikat dan sudah populer sejak ribuan tahun sebagai batu bernilai tinggi. Jenis batu mulia ini memiliki banyak variasi warna seperti merah, hitam, pink, hijau, kuning, ungu, coklat, orange dan warna biru (blue garnet ) dengan harga termahal, yaitu bisa mencapai 1.5 Juta Dollar Amerika/karat.

5. Painite 

Batu Painite adalah batu mulia yang telah langka keberadaannya. Batu Painite dapat ditemukan di Myanmar dan masuk dalam jenis meneral borat (BO 3) dan mengandung jejak vanadium, sehingga bisa berubah warna. Pertama kali batu ini ditemukan seorang merolog inggris sekitar tahuan 1950-an. Batu Painite masuk dalam kategori batu mulia dan harganya mencapai $ 60.000/karat.

6. Grandidierite

Batu Grandidierite adalah sebuah batu permata yang sangat indah tapi sangat langka, pertama kali batu ini ditemukan di Madagaskar pada sekitar tahun 1902. Penamaan batu mulia ini berkaitan dengan nama Alfred Grandidier (1836-1912) sebagai bentuk penghormatan terhadap seorang naturalis dan penjelajah asal Prancis yang mempelajari seputar sejarah alam Madagaskar waktu itu.

7. Musgravite 

Batu Musgravite masuk dalam keluarga taaffeite, sebuah mineral yang ditemukan pertama kali oleh Richard Taaffe pada 1898-1967. Musgravite termasuk salah satu permata paling langka, sehingga harganya sangat tinggi. Batu permata dengan nilai harga tinggi ditemukan pertama kali pada tahun 1967 disebuah pegunungan Australia Selatan. Batu ini memiliki tingkat kekerasan 8-8,5 pada skala Mohs. Hingga pada tahun 2005, diperkirakan hanya ada 8 buah Musgravite diseluruh dunia. Batu Musgravite harganya mencapai $ 35.000/karat.

8. Black Opal / Kalimaya

Batu opal banyak ditemukan di Australian dan merupakan negara penghasil opal terbesar di dunia. Namun demikian jenis batu opal ini banyak ditemukan dibeberapa negara lain di dunia termasuk di Indonesia yang dikenal batu kalimaya.

Batu yang indah ini dengan warna putih dan berbagai macam corak warna warni batu yang ada di dalam batu cincin ini, menjadikan batu kalimaya sangat dikenal unik, harganya juga lumayan mahal, harga dari sekitar 5 juta hingga 20 juta- an , tergantung kualitas batu.

Harga batu kalimaya termahal atau opal adalah jenis black opal (opal hitam) dan masuk kategori paling langka sehinga harga batu mulia mencapai ribuan dollar perkarat.

9. Jeremejevite 

Batu Jeremejevite masuk mineral langka dengan harga termahal. Pertama kali batu ini ditemukan pada tahun 1883 di pegunungan siberia. Kekerasan batu 7 pada skala mohs. Harga 2.000 Dollar Amerika per karat.

10. Red Beryl Emerald 

Batu Beryl Emerald ditemukan pertama kali disebuah pegunungan Utah di Amerika pada tahun 1904 oleh seorang minerolog bernama Maynard Bixby , sehingga batu ini juga dikenal dengan nama Batu Bixbite sebagai bentuk penghormatan terhadap penemunya.

Beryl Emerald adalah mineral berilium, aluminium dan cyclosilicate dengan rumus kimia. Batu ini memiliki variasi warna, hijau, biru, kuning, merah, dan putih. Dari sekian banyak batu mulia, Red Beryl Emerald termasuk dalam jenis paling langka sedunia. Meskipun batu red beryl termasuk paling langka, namun jarang sekali orang mengenalnya, sehingga tidak banyak yang mengenakan batu ini sebagai perhiasan.

Demikian artikel tentang Jenis Batu Akik Termahal di Dunia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. (CM01/HS)

KOMENTAR

BACA JUGA