4.470 Siswa SMP di Sumut Tak Lulus UN

  • Whatsapp

Meski kelulusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat akan diumumkan di masing-masing tingkat satuan pendidikan pada 10 Juni 2015, namun berdasarkan daftar kolektif hasil UN dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, tercatat 4.470 peserta di Sumut dinyatakan tak lulus UN.

4.470 Siswa SMP di Sumut Tak Lulus UN
August Sinaga

“Dari 272.198 peserta dengan 3.420 sekolah penyelenggara sebanyak 4.470 orang di antaranya tidak mengikuti UN yang digelar 4-7 Mei lalu. Maka secara otomatis mereka dinyatakan tidak lulus UN,” kata Koordinator UN Sumut August Sinaga, hari ini.

Read More

Disebutkan August mulai tahun ajaran 2015, hasil atau kelulusan UN 100 persen ditentukan masing-masing sekolah melalui hasil rapat dewan komite sekolah.

Namun bagi siswa yang tidak lulus UN tetap mendapatkan ijazah karena nilai UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan, dengan ketentuan siswa tersebut harus mengulang UN pada mata pelajaran yang tidak lulus pada UN tahun depan.

Contohnya kata August, jika pada UN tahun ini siswa tersebut tidak lulus karena tidak mengikuti mata pelajaran yang di UN-kan seperti Bahasa Indonesia, maka pada lembar Surat Hasil Ujian Nasional (SHUN) akan diberi keterangan tidak lulus. Selanjutnya siswa yang bersangkutan harus mengulang mata pelajaran Bahasa Indonesia pada UN tahun mendatang.

August didampingi sekretaris UN Erni Mulatsih menyebutkan, dari 4.470 peserta yang tidak lulus UN karena tidak mengikuti ujian, tercatat 3.744 dari program SMP, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT).

Selain itu 31 dari tingkat Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) dan 689 dari pendidikan kesetaraan program paket B/Wustha.

Dijelaskan August, daftar kolektif hasil UN SMP sederajat dari Puspendik Kemendikbud yang diterima Provinsi akhir pekan kemarin selajutnya diserahkannya ke kabupaten dan kota, Senin (8/6) yang kemudian menyerahkan lagi ke masing-masing sekolah penyelengara UN untuk menscoring (menilai) hasil ujian secara keseluruhan dengan penggabungan hasil ujian akhir sekolah.

Pelaksanaan UN SMP sederajat di Sumut diikuti 272.198 peserta. Dari jumlah tersebut terdiri jenjang SMP diikuti 210.655 siswa, SMP Terbuka 1.093, SMPLB 77 siswa, paket B/Wustha 3.063 orang dan MTs sebanyak 57.310 siswa dari 938 sekolah.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *