2016, Sekolah Penyelenggara UN Berbasis Komputer Bertambah

  • Whatsapp

Koordinator panitia Ujian Nasional provinsi Sumatera Utara, August Sinaga meminta kabupaten dan kota mempersiapkan sekolah sebagai penyelenggara ujian berbasis komputer dengan sistem com­puter based test (CBT). Hal itu lantaran pada 2016 mendatang terus bertambah penyelenggara ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

2016, Sekolah Penyelenggara UN Berbasis Komputer Bertambah
2016, Sekolah Penyelenggara UN Berbasis Komputer Bertambah

August juga meminta agar dinas pendidikan kabupaten dan kota membuat strategi agar meningkatkan hasil UN, misalnya dengan melakuan intensif belajar kepada para peserta didiknya atau melibatkan lembaga-lembaga kursus intensif.

Read More

“Jika memang tidak bisa secara keseluruhan, hendaknya diupayakan setiap kabupaten dan kota mewakilkan masing-masing tingkat satuan mengikuti UN berbasis komputer,” kata August, kemarin.

August menilai, sistem UNBK bisa menghemat biaya serta menjamin pelaksanaan yang jujur, bersih dan fleksibel. Selain itu tes model ini bermanfaat un­tuk meningkatkanmutu, fleks­i­bi­litas dan keandalan ujian na­sional. Demikian juga proses pengadaannya juga diharapkan lebih lancar.

Pada kesempatan itu Agus menyebutkan, Badan penelitian dan pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat kepada Dinas Pendidikan Provinsi se Indonesia terkait penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2015/2016.

“Kita sudah menerima surat dari Balitbang Puspendik pada 28 Mei lalu yang meminta agar kita mengkordinasikan dengan dinas pendidikan kabupaten dan kota di Sumut untuk me­la­kukan persiapan sekolah dalam meng­hadapi UNBK atau com­puter based test (CBT),” katanya.

Dijelaskan August, pada surat Puspendik tersebut meminta Disdik provinsi se Indonesia untuk membantu menunjukkan sekaligus menugaskan tim penyelenggara UNBK tingkat provinsi yang terdiri dari pe­nanggungjawab koordinator tek­nis UNBK SMP dan SMA sederajat.

Selain itu menginformasikan serta mengkoordinasikan ke­gia­tan ini kepada dinas pendidikan kabupaten dan kota yang berminat mengikuti UNBK untuk menunjuk sekaligus menugaskan tim penyelenggara UNBK tingkat kabupaten dan kota tersebut.

Dalam surat juga dinyatakan bagi petugas yang ditunjuk baik di tingkat provinsi maupun ka­bu­paten dan kota harus mengisi bio­data untuk selanjutnya dikirim melalui email ke Balitbang Puspendik Kemendikbud.

Sedangkan rencana jadwal persiapan UNBK harus dilakukan pada 15 Juni-31 Juli 2015 untuk pendaftaran sekolah, pada 15 Agus­tus-15 September ve­ri­fikasi sekolah dan 30 Sep­tember penetapan sekolah penyelenggara UNBK. Sedangkan pada Oktober untuk kordinasi kegiatan pelatihan proktor dan teknisi, serta latihan UNKB di setiap sekolah pada November-Desember 2015.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *