15 Guru Wakili Sumut di LKG Tingkat Nasional 2015

  • Whatsapp

Sebanyak 15 pengajar mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) menjadi wakil Sumatera Utara (Sumut) di ajang Lomba Kreativitas Guru (LKG) tingkat nasional pada Agustus mendatang.

Lomba Kreativitas Guru
Lomba Kreativitas Guru

Ke 15 pengajar tersebut adalah Yusnani (TK) Tebingtinggi, Julita Darmawati (SD) Binjai, Bambang Sudewo (SMP) Medan, Syahruddin Lubis (SMA) Kisaran, Hafrida Hanum (SMK) Patumbak, Maljumadi (pengawas SD) Binjai, Siti Zukhroh (pengawas SMP) Asahan, Abdul Azis Rambe (pengawas SMA) Asahan, Ermidawati (pengawas SMK) Medan.

Read More

Sedangkan untuk kelompok tutor paket A, Sri Binawati (Binjai), kelompok tutor paket B Abdullah (Langkat), dan kelompok tutor paket C Tumbur Harianja (Taput). Sedangkan kelompok guru berdedikasi di daerah khusus yakni guru SD laki-laki Yasman Hulu (Nias Utara), guru SD perempuan Masniari (Serdangbedagai), dan guru SMA/SMK Bambang Hariyono (Serdangbedagai).

Kepala Bidang (Kabid) Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut, Suwardi mengatakan, ke 15 orang wakil Sumut tersebut dijaring pada LKG tingkat Sumut belum lama ini. Selanjutnya ke 15 orang tersebut sebelum berangkat ke Jakarta akan mendapatkan pembekalan dari Disdik Sumut selama 10 hari.

“Akan kami bekali 10 hari sebelum berangkat ke Jakarta. Kemungkinan LKG 2015 dimulai 11 Agustus tapi jadwal pastinya masih kami tunggu,” kata Suwardi.

Pembekalan yang akan diberikan menurut Suwardi akan berkutat di seputar karya tulis ilmiah (KTI) yang ditulis, terutama apa yang menjadi kekurangan. Sedangkan video pengajaran guru yang menjadi salah satu bahan yang diperlombakan juga akan dibenahi, terutama soal penyuntingan (editing) khusus bagi  kelompok guru berdedikasi di daerah khusus. 

“Disdik akan membantu penyuntingan videonya. Dalam kategori ini (kelompok guru berdedikasi di daerah khusus) akan detil merekam kegiatan mengajar guru, bahkan pahit getir yang dialami,” kata Suwardi.

Tidak hanya itu, sebagian dari KTI peserta juga dinilai masih belum sesuai tema tahun ini “Guru Kreatif dan Inovatif Mewujudkan Pembelajaran Berkualitas”. “Itu juga yang menjadi fokus pembenahan kami,” ucapnya. 

Pemenang akan ikut dalam upacara kemerdekaan 17 Agustus mendatang dan mendapatkan tali asih dan hadiah jalan-jalan ke luar negeri. Menurut Suwardi, Sumut cukup punya kualitas khususnya pada kelompok guru berdedikasi di daerah khusus. Tahun lalu, Sahara Ardani, pengajar di SMA Negeri Tanjung Beringin meraih juara 2 LKG tingkat nasional 2014.

“Tahun lalu ada satu wakil Sumut yang berprestasi. Tahun ini harapannya tentu dapat prestasi lebih baik,” pungkas Suwardi.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *