UKM Binaan Inalum Tampil di Semarak Indonesia Kreatif 2015

  • Whatsapp

UKM binaan PT Inalum (Persero) kembali memamerkan produknya di ajang pameran dan seminar UKM Indonesia Kreatif medio Mei lalu di Gedung SMESCO, Jakarta Selatan. Pameran ini diselenggarakan oleh Human Capital BUMN dan Kementrian Koperasi dan UKM RI.

UKM Binaan Inalum Tampil di Semarak Indonesia Kreatif 2015

Pada kegiatan tersebut, manajemen PT Inalum diwakili Arfan Iqbal Harahap selaku Manajer pemberdayaan masyarakat didampingi M.Iqbal dan Thaofan (Comdev Officer) bersama dengan beberapa pelaku UKM yaitu Suandi (Bengkel Kerajinan Besi), Muhammad Aris (pengerajin kain Songket Khas Batubara), Fatimah (Produksi Keripik Bawang) dan Supriana (Produksi Kue Karas-karas khas Batubara).

Read More

Menteri Negara Koperasi dan UKM yang diwakilkan oleh Setyo Heriyanto Deputi I Bidang Kelembagaan Koperasi dan UKM menyampaikan, acara ini digelar dalam rangka meningkatkan dan mempersiapkan usaha kecil mikro yang kuat dan mandiri di Indonesia sebagai poros perekonomian negara. “Mari kita bersama-sama semakin gencar dalam mengembangkan UKM kita agar nantinya dapat bersaing dengan produk negara lain dan tidak tergilas oleh produk-produk buatan luar negeri,” pesan Setyo.

Adapun produk UKM binaan yang dipamerkan adalah berupa kuliner makanan ringan seperti kripik bawang, jagung goreng, kripik singkong, uue Aras-aras, dan bolu. Selain itu juga ada produk pakaian, hasil kerajinan kayu, kerajinan besi, kerajinan sapu lidi, dan kain songket khas Batubara dan aksesorisnya.

Selain memamerkan produknya, para pelaku UKM selama acara ini juga berkesempatan untuk mengikuti seminar tentang kewirausahaan dan motivasi bisnis dari pembicara dan praktisi yang berpengalaman, untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman.

Yang menarik, stand UKM binaan PT Inalum dikunjungi banyak orang sampai dari kalangan artis seperti Umar Lubis (Bintang Film dan Sinetron) dan Mustofa (vokalis grup musik Islam Debu).

Suandi, pelaku usaha bengkel kerajinan besi mengucap terima kasih banyak kepada PT Inalum yang telah membina usaha kecil di sekitarnya secara berkesinambungan. “Mulai bantuan pelatihan, modal, pemasaran serta pengembangan sebagaimana yang kami ikuti dalam 3 hari ini. Kegiatan ini telah memotivasi saya untuk mengembangkan usaha saya,” katanya.***(CM/PR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *