Sumut Raih 2 Emas di OSN SMA di Yogyakarta

  • Whatsapp

Dari ajang kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2015 di Yogyakarta 18-24 Mei 2015 lalu, Provinsi Sumatera Utara hanya berhasil meraih 2 medali emas masing-masing, Seto Julianto, siswa SMA Swasta Methodist 3 Medan bidang studi kebumian dan Syanindita Chintya P, siswa SMAN 1 Matauli Pandang, Tapanuli Tengah untuk bidang studi ekonomi.

Sumut Raih 2 Emas di OSN SMA di Yogyakarta

Read More

Kadisdiksu Drs Masri MSi melalui Kabid Dikmenti August Sinaga, STP, SPd, MAP, Senin (25/5) menjelaskan, siswa SMA asal Sumut juga mendapatkan medali perak diantaranya, Bella Godiva, siswa SMA Swasta Sutomo I Medan bidang studi fisika, Jesslyn Jane, siswa SMA Swasta Sutomo I Medan bidang studi kebumian.

Sementara untuk medali perunggu antara lain, Andrea Laurentius, siswa SMA Swasta Sutomo I Medan bidang studi biologi, Sherley Angeline, siswa SMA Swasta Sutomo I Medan bidang studi geografi, Jofandy Leonata P, siswa SMA Swasta Sutomo I Medan bidang studi astronomi. Iman Hafandy, dan Irna Dewi Arsika, keduanya siswa SMA Swasta Darul Mursyid Tapsel untuk bidang studi ekonomi.      

Ke-9 nama siswa SMA berprestasi di tingkat nasional ini telah mengharumkan nama Sumatera Utara, sedangkan peserta yang menjadi duta provinsi tahun ini berjumlah 29 orang merupakan juara pertama di setiap bidang studi pada hasil seleksi OSN Tingkat Provinsi Sumut baru-baru ini.

Sementara itu, Kabid Dikdas dan PK Dra Erni Mulatsih MPd mengatakan, untuk tingkat SMP, SD dan SLB di kegiatan OSN yang digelar terpisah di dua lokasi yakni OSN SD dan SLB di Yogyakarta dan OSN SMP di Palu, Sulawesi Tengah, siswa Sumut tidak mendapat medali emas dan hanya mampu memperoleh 7 perak dan 4 perunggu dan 1 siswa meraih juara harapan I tingkat nasional.

Berikut nama siswa SD bidang studi IPA diraih Alvinsen (Medan) medali perak dan Gregorius Simanjuntak (Dairi) bidang studi Matematika juga medali perak. Medali perunggu diraih, Nuel D Butar-butar (Tobasa) bidang studi IPA dan Kevin S Zebua (Labuhan Batu) bidang studi Matematika.

Medali perak juga diperoleh Muhaymin, siswa SLB Medan bidang studi IT SLB Dikdas dan Rindu, siswa SLB Yapentra bidang studi Matematika SLB serta Dirja, siswa SLB Karya Murni A mendapat juara harapan I bidang studi IPA SLB.

Selanjutnya untuk tingkat SMP direbut Christina berhasil mendapatkan medali perak bidang studi IPA, MAurits Arif Fathoni Lubis bidang studi IPS dan Akeyla Pradia Naufal bidang studi Matematika, ketiga siswa tersebut berasal dari kota Medan. Brenna Varian dan Catherine Charles, keduanya siswa asal Medan mendapatkan medali perunggu untuk bidang studi Matematika.

Kegiatan OSN Tingkat Nasional 2015 diadakan di Yogyakarta Expo Center (YEC) dibuka Mendikbud Anies Baswedan dan penutupan sekaligus penyerahan hadiah kepada para pemenang dilakukan di Sportarium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *