STIKOM Medan Ciptakan Pembelajaran Sesuai Kebutuham MEA

  • Whatsapp

Pembelajaran Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Medan disesuaikan dengan kebutuhan pasar industri masyarakat ekonomi asesan (MEA) 2015. Salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menciptakan Sumber Daya manusia (SDM) yang professional, memiliki pengetahuan analisis mekanisme kerja komputer dan menguasai, dapat merekayasa serta mampu bersaing di era globalisasi yang semakin kompetitif.

STIKOM Medan Ciptakan Pembelajaran Sesuai Kebutuham MEA
Mahasiswa menerima pembekalan dari Ketua STIKOM Medan Wanra Tarigan, ST., M.Kom belum lama ini.

Menurut Ketua STIKOM Medan Wanra Tarigan SKom MKom, STIKOM Medan memiliki tiga program studi (prodi) yaitu sistem informasi, teknik informatika dan sistem komputer, berdiri pada 2008 sesuai dengan izin yang diberikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 33/D/0/2008 serta terakreditasi BAN-PT dengan nomor 029/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010.

Read More

“Prospek lulusan STIKOM Medan mampu bekerja dalam melaksanakan tugasnya dan dapat mengembangkan diri dalam informatika seperti information system design, system analyst, system engineer, aplication programmer, data base specialist, data base adminitrasi, web developer, dan sofware engineer. Lapangan pekerjaan instansi pemerintah/swasta, lembaga keuangan dan perbankan, perusahaan, programmer mandiri, dan lainnya,” katanya didampingi Pembina Yayasan dr Anna Mari Ulina dan Ketua Yayasan Drs Tenang Malem Tarigan MSi Ak kepada Ceritamedan.com.

Dijelaskannya, lama pendidikan untuk program S1 (strata satu) selama empat tahun atau delapan semester dengan jumlah sistem kredit semester (SKS) 143. STIKOM menerapkan SKS dalam mempercepat proses penyelesaian study. “Penerapan kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) di STIKOM di sesuaikan dengan kebutuhan pasar industri masyarakat ekonomi asean (MEA),” ujarnya.

Dijelaskannya, strategi dan metode pembelajaran STIKOM Medan menggunakan metode ceramah, diskusi, demonstransi secara terjadwal dan terstuktur, media pembelajaran menggunakan fasilitas yang termodern, antara lain : E-learning, LCD, video teleconverence.

Disebutkannya, dilengkapi fasilitas yang modern dan nyaman seperti perpustakaan serta laboratorium (up to date), mahasiswa akan di beri kenyamanan untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar. Selain itu adanya kegiatan organisasi kemahasiswaan akan mampu membuat mahasiswa belajar berorganisasi dalam menghadapi dunia kerja nantinya. “Dosen pengajar professional dan telah berpengalaman baik dalam maupun luar negeri. Dosennya berasal dari USU, UGM Yogyakarta, ITB, UI, Polmed, Claveland State Univercity Ohio  Amerika Serikat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, STIKOM Medan juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, baik beasiswa dari pemerintah, yayasan maupun dari stakeholder. “Dalam rangka hari pendidikan nasional STIKOM Medan mengajak “Ayo Kuliah”. Pada kesempatan hari pendidikan nasional STIKOM memberikan potongan uang kuliah sebesar 30% bagi mahasiswa yang mendaftar selama bulan Mei ini,” katanya.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *