Rio Riezky, Solois Medan Yang Juga Calon Arsitek Masa Depan

  • Whatsapp

Bagi pecinta seni di kalangan anak muda Medan, terlebih bagi para pecinta music indie, Nama Rio Riezky pasti sudah tidak asing lagi. Solois muda yang kerap berteman gitar akustik tersebut, sejauh ini telah menyicipi banyak panggung musik lokal di Kota Medan sendiri, dengan bermodalkan lagu-lagu ciptaannya, yang bila diresapi makna per liriknya, terdengar begitu menyentuh hati para penggemar, yang tentunya didominasi para perempuan.

Rio Riezky, Solois Medan Yang Juga Calon Arsitek Masa Depan
Rio Riezky Solois Medan

Hal itu terlihat, begitu banyaknya yang menyukai penampilannya ketika beberapa waktu lalu, bersama Phil Yoon, Keenan Nasution, Teza Sumendra, dan berbagai penyanyi bertaraf mancanegara lainnya, Rio, pemuda yang selalu terlihat dengan kaca matanya ini, juga tampil di acara musik tahunan yang sangat bergengsi se-Kota Medan, North Sumatera Jazz Festival (NSJF) 2015 bersama El Nino, Kalila Band, Candles and The Moonlight, dan Eru Cakra Mahameru yang juga merupakan perwakilan dari Medan.

Read More

Namun dibalik penampilannya yang mudah membuat para hati perempuan gampang meleleh, siapa sangka bahwa Rio, pemuda berkacamata ini adalah seorang calon arsitek masa depan? 

Arsitektur itu Estetika, Musik itu Hidup

Rio Riezky terlahir sebagai anak ketiga dari tiga bersaudara. Minatnya terhadap Arsitektur telah tumbuh sejak ia duduk di Sekolah Dasar yaitu senang menggambar dan mengagumi arsitektur gedung-gedung bertingkat, maupun pemandangan sebuah kota.

Sangking cintanya dengan seni arsitektur tersebut, diceritakannya, setamat SMA Rio pernah berniat untuk mengenyam pendidikan Arsitektur di Kota Kembang, Bandung, tepatnya di Universitas Parahyangan.

Namun akhirnya pria yang mengagumi arsitek Norman Foster ini menjatuhkan pilihannya di Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, lantaran katanya, karena tidak diizinkan orangtuanya melanjutkan pendidikan di luar kota.

“Saya pernah berkeinginan untuk belajar diluar Kota, tepatnya di Bandung. Namun karena orang tua tak mengizinka, akhirnya saya mengambil jurusan Arsitek di USU,” kata Rio.

Kini, sembari terus menekuni dunia musik, Rio Riezky terdaftar sebagai Mahasiswa Jurusan Arsitektur stambuk 2011. Saat ini dikatakannya, dia sedang dalam usaha menyelesaikan tugas akhirnya.

“Arsitektur itu Estetika, Musik itu Hidup.” adalah kutipan dari Rio Riezky yang ternyata sangat piawai dalam menciptakan lagu tersebut. Makanya dia ingin menjalani Passion-nya tersebut secara seimbang.

Besar harapan Rio Riezky untuk merilis album berisi lagu-lagu ciptaannya yang sekarang sedang dalam proses penggarapan. Solois yang terinspirasi dan penyanyi John Mayer dan Ed Sheeran ini juga bermimpi untuk melakukan tour keliling Indonesia untuk menyuarakan karyanya, yang akan terbantu dengan telah diluncurkannya Nada Sambung Pribadi (NSP) Telkomsel satu single ciptaannya – Merelakanmu.

Sungguh merupakan inspirasi bagi anak-anak muda yang menyimpan berbagai potensi. Rio Riezky mampu membuktikan bahwa ia dapat menjalani dua bidang berbeda antara pendidikan Arsitektur yang berakar dari ilmu pasti dan dunia musik yang membutuhkan buah pikir kreatif.

Awal Mula Karirnya di Dunia Musik

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), tidak sedikit prestasi yang didapatkannya dari kesenangannya tersebut. Berawal menjadi juara I MTQ ketika kelas 6 SD, vokalnya yang khas membawanya kepada berbagai pencapaian. Tentu saja hal itu teriring sejalan bersamaan dengan keluarganya yang sejak dulu memang sangat menekankan kepadanya tentang berbagai pencapaian. Keluarganya juga menurut Rio, yang sejak dulu memang sangat menekankan edukasi sebagai hal utama di hidupnya. Namun bagi Rio, selain tetap menempuh edukasi, prestasi di Dunia musikpun tetap ingin diraihnya.

Saat Sekolah Menengah Pertama (SMP) katanya, Rio Riezky telah mengenal alat musik gitar dan senang memainkannya. Selanjutnya, di tahun 2010, Rio Riezky mulai menekuni hobinya bermain musik dan mulai mencoba menjadi seorang song writer. Berbuah manis, awal karier Rio Riezky dimulai di tahun 2013 dengan bermain di berbagai panggung seni, akhirnya orang tuanya pun ikut luluh mendukung passion Rio Riezky di dunia musik. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *