Pengumuman UN SMA 15 Mei, Panitia Provinsi Terima Hasil Ujian

  • Whatsapp

Hasil ujian nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat 2015 diserahkan Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud ke Provinsi se Indonesia, Jumat (8/5). Sementara hasil UN dijadwalkan akan diumumkan pada 15 Mei 2015 ini.

Read More

Pengumuman UN SMA 15 Mei

“Saat ini tim panitia UN provinsi Sumut beserta Kepala Dinas Pendidikan Sumut sedang berada di Jakarta untuk menerima hasil UN SMA dan sederajat,” kata Koordinator UN Sumut August Sinaga di kantro Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdiksu) Jalan T Cik Ditiro Medan.

Dijelaskan August, hasil UN SMA dan sederajatnya dari Puspendik berupa daftar kolektif hasil UN itu selanjutnya dikirim ke kabupaten dan kota mulai Senin (11/5).

Penyerahan daftar kolektif hasil UN dari Puspendik ke panitia provinsi, kata August merupakan hal yang baru. Sebab hasil UN tersebut akan diserahkan lagi ke masing-masing sekolah penyelengara UN untuk menscoring (menilai) hasil ujian secara keseluruhan dengan penggabungan hasil ujian akhir sekolah.

Menurut August, hal itu seiring dengan kebijakan Kemendikbud yang menetapkan mulai tahun ajaran 2015, hasil atau kelulusan UN 100 persen ditentukan masing-masing sekolah.

“Jadi pemanfaatan daftar kolektif hasil UN tersebut sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing sekolah. Itu dilakukan karena sekolah yang memiliki kewenangan untuk menentukan kelulusan para peserta didiknya melalui hasil rapat dewan komite sekolah,” ungkap August.

Berdasarkan prosedur operasional sekolah (POS) UN 2015, pengolahan hasil UN SMA ditetapkan pada 18 April-15 Mei. Sedangkan pengumuman dijadwalkan 18 Mei mendatang.

UN Susulan

Pelaksanaan UN susulan tingkat SMP dan sederajat akan digelar pada Senin-Rabu (11-13/5) dan Jumat (15/5) yang juga digelar serentak se Indonesia.

August mengaku pihaknya belum mendapat data berapa peserta UN susulan, karena dinas pendidikan kabupaten dan kota belum memberikan laporan mengenai jumlah peserta UN yang tidak ikut utama.

“Kita tidak tau dari 272.198 peserta UN di 3.420 sekolah itu, berapa yang tidak hadir saat UN utama. Namun untuk naskah soal UN susulan sudah dikirm ke kabupaten dan kota bersamaan denga naskah soal UN utama beserta lembar jawabannya,” ungkap August.

Untuk diketahui peserta UN SMP sederjat di Sumut diikuti 272.198 peserta. Dari jumlah tersebut terdiri jenjang SMP diikuti 210.655 siswa, SMP Terbuka 1.093, SMPLB 77 siswa, paket B/Wustha 3.063 orang dan MTs sebanyak 57.310 siswa dari 938 sekolah. Sedangkan pengumuman dijadwalkan 10 Juni 2015.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *