Nurhadi Pratama Dapatkan Rupiah dari Bisnis Foto Pernikahan

  • Whatsapp

Memulai bisnis sejak tahun 2009 bersama ketiga temannya yang sama-sama memiliki hobi di bidang fotografi, ternyata semakin memantapkan Nurhadi Pratama yang kini memilih untuk bersolo karir di bidang Foto Pernikahan.

Read More

Nurhadi Pratama
Nurhadi Pratama

Berangkat dari modal yang didapatkannya dari hasil memenangkan lomba yang diselenggarakan kampusnya yang bekerja sama dengan sebuah Bank sebesar Rp 16 Juta, maka dia mendirikan Kunci Langit Production pada awal tahun 2014. 

Kunci Langit
Kunci Langit

Usaha yang dijalaninya ini biasanya terdiri dari Dokumentasi Foto & Video untuk berbagai acara, diantaranya Pre-wedd, Wedding, dan Ulang tahun. Maupun perayaan apa saja di berbagai perusahaan. Dari usaha ini, omset yang didapatkannya sendiri, terkadang mencapai Rp 15Juta per bulan.

“Karena sudah mendapatkan modal, maka saya mulai mencoba merintis usaha ini dari awal lagi. Alhamdulillah, setelah hampir setahun, hasilnya sudah tampak. Banyak acara di perusahaan dan pesta pernikahan yang sudah saya tangani di berbagai tempat, hotel misalnya,” tutur Alumni FISIP USU tersebut. 

Kunci Langit sendiri, dijelaskan Tama, selain memang menerima pekerjaan di bidang dokumentasi video semisal di acara-acara kantor, namun lebih menonjolkan kualitas gambar/hasil foto yang mampu bersaing dengan usaha foto lainnya.

“Dokumentasi dalam bidang apapun saya terima. Namun, sebagai seorang yang cukup percaya diri dalam bidang fotografi, maka saya sangat menonjolkan kualitas dari segi hasil fotonya sendiri, walaupun bisnis foto sendiri sudah banyak,” optimisnya.

Sejauh ini, dirasakannya usahanya sudah terbilang lancar. Namun demikian, untuk lebih melancarkan usahanya, sembari kuliah beberapa waktu yang lalu, dia tak mau berpangku tangan dengan hanya menunggu job saja. Selain sering bekerja sama dengan berbagai Wedding Organizer (WO), dia juga sering mengikuti acara yang memiliki beraneka macam booth ataupun bazaar. Selain itu katanya, dia juga semakin giat “berjualan” di instagramnya yang ber-akun di Nurhadi Pratama.

Setelah calon pelanggan melihat-lihat foto bidikan Nurhadi di akun instagramnya, jika ingin memakai jasanya, biasanya langsung dapat menemuinya di Warung Sup Kambing Datuk kawasan Jalan Gagak Hitam Medan. Sebutnya juga, tempat ini dapat juga disebut kantor karena memang saat ini dia belum memiliki tempat usaha sendiri.

“Jika peralatan fotografi dan videonya sudah terbeli semua, suatu saat saya juga akan mencari lokasi baru yang pastinya strategis agar dengan mudah memperoleh pelanggan baru,” lanjut laki-laki yang juga tergabung di Komunitas Medan Street Hunting tersebut. 

Walaupun terus berkecimpung di bisnis fotografi, namun dia juga memiliki pekerjaan yang mampu mendongkrak pendapatan bulanannya. Sekarang, dia juga mengajar sebagai instruktur fotografi di tempat rehabilitasi narkoba yang bernaung di bawah kementrian sosial.

“Selain memang menggeluti bisnis foto, sedari kuliah, saya juga mengajar tentang seluk beluk foto untuk teman-teman yang ada di tempat rehabilitasi narkoba. Sesudah tamat ini, mungkin lebih banyak waktu saya tercurah di sini sembari menangani job foto juga,” tutupnya.***(CM02/@perempuankopi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *