IBX5A49C9BC313D6 Inalum Sumbang Alat Usaha Kembangkan UKM - Cerita Medan

Inalum Sumbang Alat Usaha Kembangkan UKM

Dalam rangka membentuk dan mempersiapkan Usaha Kecil Mikro (UKM) yang kreatif dan mandiri di sekitar perusahaan, PT Inalum (Persero) berinisiatif memberikan pelatihan peningkatan skill komunitas dalam menjalankan sebuah Usaha Mikro Kecil secara berkesinambungan.

Hal itu dilakukan PT Inalum sejak Januari sampai Februari 2015 lalu. Adapun pelatihan yang diberikan adalah peningkatan skil dalam bidang pengemasan produk makanan, dan keterampilan reparasi perahu. Kedua jenis pelatihan ini sangat potensial untuk dilaksanakan di daerah sekitar perusahaan.

Setelah dilakukan pelatihan, studi banding, dan monitoring selama tiga bulan, PT Inalum memberikan bantuan alat usaha kepada para pelaku UKM tersebut. Penyerahan bantuan dilaksanakan secara simbolis akhir April lalu di Tanjunggading. Bantuan diserahkan langsung kepada para pelaku UKM produksi makanan ringan dan UKM yang bergerak di bidang reparasi dan produksi sampan.

Inalum Sumbang Alat Usaha Kembangkan UKM

Pada acara serah terima bantuan tersebut hadir Erwin Sianipar selaku kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan  dan UKM  Kabupaten Batubara. Perwakilan Pemerintah Desa dari masing-masing daerah jugah hadir.

Adapun penerima bantuan antara lain Irwansyah dengan usaha reparasi dan pembuat sampan menerima gergaji mesin dan genset. Suryati     pengusaha kue menerima bantuan steling, cetakan kue, dan alat masak. Asniah pengusaha kue tart dan kue kering menerima bantuan mixer. Susilawati pengusaha jagung goreng menerima bantuan triplek dan kayu jemur jagung dan peralatan masak. Fatimah pengusaha keripik bawang menerima mesin adonan dan mesin cetak.

Zulkifli Zein pengusaha bengkel motor dan mesin perahu menerima mesin las, bor listrik dan steling sparepart juga gerinda. Amri pengusaha reparasi dan pembuat sampan menerima gergaji mesin genset. Erni pengusaha bolu kukus menerima bantuan kompor gas dan mixer. Azri pengusaha warung nelayan dibantua  steling makanan, blender, dan peralatan masak.

Supriana pengusaha    keripik singkong mendapat bantuan   mesin potong singkong, kompor gas, dan peralatan masak. Ramli pengusaha bengkel sampan mendapat mesin las, bor listrik dan gerinda.

Deputy General Manager Umum & CSR PT Inalum Djoko Laksono dalam sambutannya  melalui Arfan Iqbal Harahap (Manager Pemberdayaan Masyarakat) didampingi Thaufan Dinar (Officer CSR & UKM)  menyampaikan, bantuan alat usaha ini merupakan bentuk kesinambungan dari program pelatihan keterampilan.

“Berdasarkan hasil pemantauan manfaat program tersebut kami melihat adanya perkembangan dari usaha, mulai dari tempat usaha sampai dengan peningkatan penghasilan. Dan dengan bantuan alat usaha ini kami juga menghapkan agar usaha – usaha tersebut terus berkembang,” kata Arfan.

Sedangkan Kadisperindagkop dan UKM Batubara, Erwin Sianipar mendukung penuh program PT Inalum ini. “Kami sangat berterima kasih kepada PT Inalum karena dengan bantuan alat usaha ini selain membantu peningkatan usaha para pelaku UMKM juga telah membantu pemerintah dalam program peningkatan UMKM di Batubara,” katanya.

Salah satu penerima bantuan, Zulkifli Zein berharap PT Inalum terus membuat program yang pro rakyat kecil.

“Terima kasih PT Inalum karena sudah mau peduli sama kami masyarakat kecil, khususnya untuk meningkatkan penghasilan kami sehari-hari. Semoga PT Inalum lebih berkembang dan lebih maju agar dapat lebih banyak membantu masyarakat yang ada di sekitar PT Inalum,” harap Zulkifli.***(CM/PR)

KOMENTAR

BACA JUGA