Hasil Scaning LJUN SMP Dikirim ke Puspendik

  • Whatsapp

Proses pemindaian (scaning) lembar jawaban ujian nasional (LJUN) SMP di Sumatera Utara telah rampung dan tepat sesuai target, yaitu 15 hari setelah pelaksanaan UN yang digelar pada 4-7 Mei 2015.

Hasil Scaning LJUN SMP Dikirim ke Puspendik

Read More

“Saat ini kita sedang dalam tahap proses validasi hasil pemindaian untuk paket kesetaraan program paket B/Wustha,” ungkap Koordinator UN Provinsi, August Sinaga di kantor ruang proses hasil evaluasi belajar Disdiksu Jalan Bilal Medan, Kamis (21/5).

Disebutkan August, hari ini direncanakan hasil pemindaian tersebut dijadwalkan akan dikirim ke pusat untuk dinilai oleh Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang (Puspendik) Depdikbud. “Hasil scanning tersebut nantinya kita serahkan ke pusat dalam bentuk soft copy. Pengiriman ini lebih cepat dari batas akhir yang ditetapkan dalam prosedur operasional standar (POS) UN 2015 pada 25 Mei mendatang,” ungkap August.

Proses pemindaian LJUN SMP kata August, berbeda dengan pemindaian LJUN SMA/SMK yang dilakukan perguruan tinggi negeri yang telah ditunjuk di masing-masing provinsi. Di Sumut pemindaian dilakukan di USU dan Unimed.

Sedangkan pemindaian LJUN SMP oleh dilakukan dinas pendidikan provinsi dengan melibatkan sekira 40 petugas dengan belasan mesin scaning.

August juga menyebutkan, hasil UN SMP sederajatnya itu akan dikirim Puspendik ke masing-masing provinsi pada 5 Juni. Kemudian pihaknya akan menyerahkan daftar kolektif hasil UN itu ke kabupaten dan kota direncanakan pada Senin (8/6). Sedangkan pengumuman dijadwalkan Rabu (10/6) sesuai POS di masing-masing tingkat satuan pendidikan.

Dijelaskan August, penyerahan daftar kolektif hasil UN dari Puspendik ke panitia provinsi merupakan hal yang baru. Sebab hasil UN tersebut akan diserahkan lagi ke masing-masing sekolah penyelengara UN untuk menscoring (menilai) hasil ujian secara keseluruhan dengan penggabungan hasil ujian akhir sekolah.

“Hal itu seiring dengan kebijakan Kemendikbud yang menetapkan mulai tahun ajaran 2015, hasil atau kelulusan UN 100 persen ditentukan masing-masing sekolah melalui hasil rapat dewan komite sekolah,” ungkap August.

Peserta UN SMP/MTs, SMPLB dan pendidikan kesetaraan program paket B/Wustha di Sumut diikuti 272.198 peserta dari 3.420 sekolah. Dari jumlah tersebut terdiri jenjang SMP diikuti 210.655 siswa, SMP Terbuka 1.093, SMPLB 77 siswa, paket B/Wustha 3.063 orang dan MTs sebanyak 57.310 siswa dari 938 sekolah.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *