Fadila Aulia, Jadikan Hobi Fotografi Bukan Ajang Gengsi

  • Whatsapp

Fotografi sudah menjadi gaya hidup di kalangan anak muda saat ini. Ada yang menjadikan fotografi hanya sebagai hobi, ajang gengsi, bahkan profesi. Profesi sebagai fotografer saat ini sudah semakin marak di kota Medan, dan saingan antar sesama fotografer pun semakin tinggi. Namun, seorang mahasiswa mampu membuktikan dirinya lebih baik diantara fotografer muda lain di Kota Medan.

Muhammad Fadila Aulia, yang akrab disapa Dila, lahir di Rantau Prapat, 31 Januari 1993. Dila memulai hobi fotografinya sejak kelas 6 SD. Tahun 2012 ia hijrah ke Medan untuk kuliah di FISIP USU jurusan Ilmu Komunikasi, dan sejak saat itu mengembangkan hobi fotografinya menjadi profesi yang menghasilkan. Karena bakat dan kegigihannya, Dila langsung mampu bersaing dengan fotografer-fotografer muda di Medan. 

Read More

“Saingan fotografer banyak, jadi supaya bisa stand out diantara yang lain harus punya ciri khas foto tersendiri,” kata Fadila saat ditanya tentang rahasia keberhasilannya menjadi fotografer di Kota Medan.

Kelebihan Dila dibandingkan dengan fotografer muda lainnya adalah, ia tidak hanya handal dalam bidang fotografi namun juga dalam bidang videografi. Mulai dari tahun 2012 Dila dipercayakan sebagai fotografer dan videografer untuk Buku Tahunan beberapa SMA di Kota Medan dan  sudah menjadi fotografer buku tahunan tetap untuk SMA Negeri 1 Medan, SMA Harapan 3 Medan, dan SMA Syafiatul Medan. 

Muhammad Fadila Aulia

Biodata

Nama    : Muhammad Fadilla Aulia 

TTL    : Rantau Prapat, 31 Januari 1993

Alamat    : Jl. Eka Surya No. 15, Perumahan Raisa Residence

Instagram    : auliafadila 

Twitter    : @auliafadila 

Dila mempunyai studio foto sendiri di Zaver Production, dan khusus untuk pengerjaan Buku Tahunan SMA, Dila mengerjakannya bersama tim Zaver Production.

Berkat keahlian dan profesionalitasnya membuat Dila mendapat banyak tawaran job fotodan video. Dila dipercayakan oleh banyak artis-artis lokal Medan sebagai fotografer dan videografer untuk membuat videoclip, diantaranya WINA band, Big Truck, Phatfalla, dan True Raptor Nest.Dila juga dipercayakan untuk membuat video company profile Unfinished Market dan dipercayakan sebagai fotografer tetap untuk produk clothing line Medan yaitu “Domayn”. Diluar job untuk pembuatan buku tahunan SMA, seluruh job lainnya ia kerjakan sendiri (independent). 

Fadila juga mengikuti beberapa kontes fotografi dan meraih juara, diantaranya adalah :

• Sleek Kids Photo Contest meraih harapan 3 (Tahun 2012) 

• Hijab photography contest meraih juara 1 (Tahun 2014) 

• Official photographer Bolt Nation, guest star Slank (Tahun 2014)

• Kitkat photo contest (2015) 

Keseriusannya dalam menjadikan fotografi sebagai profesi membuahkan hasil. Dila sudah bisa membiayai uang kuliahnya sendiri mulai dari semester tiga sampai sekarang. Selain itu ia juga sudah bisa membeli alat-alat kameranya sendiri dari hasil profesinya sebagai fotografer dan videografer. Hal ini sangat patut dicontoh dan menjadi motivasi untuk anak-anak muda bahwa di masa muda inilah saatnya untuk berkarya bahkan bisa berprofesi secara professional. 

“Jika kita serius dalam melakukan hobi yang kita jalani, maka hobi itu akan menguntungkan kita,” tandas Dila.***(CM/Top Publisher)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *