Cara Mengasah Imajinasi Penulis Fiksi

  • Whatsapp

Kamu pernah merasa kehilangan imajinasi saat menulis? Umumnya Penulis pemula merasa imajinasi adalah sesuatu yang sangat sulit didatangkan. Ia juga kerap dimisalkan sebagai binatang buruan.

Cara Mengasah Imajinasi Penulis Fiksi

Read More

Nah, ini nih cara mudah mengasah imajinasi dalam menulis adalah:

1. Mengubah sudut pandang tentang sebuah benda. 

Misalnya kamu memegang sebuah kayu, saya bertanya padamu: ini apa? Maka jawaban apa? Ini kayu? Itu  sih pemikiran sederhana, anak 4 tahun juga tahu.

  • Setujukah kalau  dibilang:
  • Ini sebuah benda yang dapat mematikan
  • Ini batang pohon tanaman ibu yang kupatahkan
  • Ini alat untuk menulis di tanah

Kuncinya adalah cobalah Ubah paradigma umum tentang sesuatu hal dan berfilsafatlah! (Berpikir tentang substansi yang dalam).

Mengaitkan beberapa kejadian dalam 1 tema

Misal: tsunami. Dalam kejadian tsunami itu apa-apa saja yang terkait; air bah, gelombang, gempa dahsyat, sanak-saudara hilang, dll. Atau lebih mudahnya lagi, kita contohkan jarum; tipis, mudah patah, lancip, tajam, menusuk, dll. Buatlah daftar 10 atau 15 kata dan kita harus memasukkan minimal 80% dari kata-kata yang sudah kita tulis.

Menghidupkan musik. 

Menulislah dengan diiringi lagu dan bayangkan seolah kamu tokoh yang ada dalam lagu itu.

Menatap atau meresapi sebuah gambar

Misal: pemandangan di pantai dan bayangkan kamu berada di sana, lalu sebuah bencana tiba-tiba datang lalu apa yang akan kamu lakukan? atau kamu bisa menatap sebuah foto dan tuliskan yang kamu bayangkan dari foto tersebut. Misalnya: senyumnya yang manis membuat hati berdegup kencang saat menatapnya, juga matanya yang lentik serta putih kulitnya adalah bukti betapa cantiknya ia.

Mudah kan? Mari mempraktekaknya…!***(CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *