Cara Membuat Liburanmu Lebih Menyenangkan

  • Whatsapp

Liburan memang menyenangkan, tapi ada kalanya liburanmu yang asyik harus terusik karena beberapa hal yang tidak seharusnya terjadi. Agar liburan yang kamu jalani lebih menyenangkan dan berkesan.

Cara Membuat Liburanmu Lebih Menyenangkan
Cara Membuat Liburanmu Lebih Menyenangkan
Gambar: ayobuka.com

Membuat persiapan fisik yang matang. Sebelum melakukan perjalanan jauh yang menyenangkan, tentu kamu harus menyiapkan stamina tubuh yang fit. Eenggak mau dong, kalau lagi asyik jalan sana jalan sini, lompat sana lompat sini, eh si badan malah kelelahan. Apa lagi kalau sampai kamu jatuh sakit, enggak banget kan? Ingat, liburan adalah sesuatu yang ingin kamu jalani dengan hal-hal menyenangkan dan tanpa hambatan. Jadi, jangan buang waktumu hanya dengan berbaring di tempat tidur saat kamu liburan. Sebab selama liburan nanti, banyak hal unik yang dapat kamu peroleh, misalnya, berjalan kaki melihat suasana dan pemandangan di tempat wisata, atau seru-seruan lompat-lompatan dan kejar-kejaran bareng teman-teman, ini tentu menghabiskan tenaga, bukan?. Jadi, jaga tubuhmu untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan.

Pilih teman. Kenali dulu teman yang akan kamu ajak liburan memang punya kepribadian yang menyenangkan, alias enak diajak jalan. Asyik diajak kemana saja, bisa dipercaya, dan punya tingkah yang enggak ngebetein. Kenapa? Tentu Kamu enggak mau liburan yang aslinya asyik, berubah jadi bumerang, cuma karena tingkah si kawan yang menyebelkan. Dan kenapa kita bilang harus dipercaya, karena tentunya kamu bakal menitipkan barang-barang ke dia, minimal tas yang berisi barang penting. Kalau tiba-tiba hilang? Enggak enak kan jadinya.

Browsing dan cari tahu dulu lokasi yang akan kamu pilih. Kamu juga kudu tahu banyak info tentang tempat yang akan kamu pilih. Ini bisa jadi referensi untuk aktivitas apa saja, atau kemana saja titik lokasi yang akan kamu jelajahi di tempat tersebut. Kamu juga harus tahu keadaan di lokasi tersebut. Apakah ada jaringan seluler, listrik, air yang bersih, cuacanya seperti apa, dan lain sebagainya. Untuk lebih memantapkan pilihan, kamu bisa coba diskusikan hal ini dengan teman-teman atau keluarga yang akan kamu ajak liburan.

Rencanakan jadwal dengan matang. Rencanakan berapa lama kamu akan berada di tempat tersebut, kemana saja kamu akan pergi, berapa baju selama berlibur, dan apa yang penting kamu bawa saat berlibur. Ingat, jangan membawa barang yang tidak terlalu penting. Contohnya laptop, buku, komplit make up, dan barang lainnya. Karena hanya akan membuat tas kamu menggelembung. Kamu tidak perlu membaca buku selama perjalanan menuju lokasi. Lihatlah pemandangan-pemandangan unik di luar jendela, yang tentu akan memberi pengalaman dan pembelajaran baru di hidupnya kamu. Jika pun kamu ingin membaca, manfaatkan gadget-mu. Untuk make up, kamu hanya perlu membawa bedak dan lipstik atau lipgloss saja, agar penampilan tetap segar, cantik, dan menarik.

Gadget. Ini adalah bawaan wajib. Persiapkan kamera yang bagus untuk berselfi ria, lagu-lagu yang asyik untuk menemani perjalanan, dan pulsa yang cukup selama berlibur.  Untuk itu, kamu hanya perlu mambawa satu gadget saja, yaitu smartphone.  Dengan smartphone, perjalanan kamu akan semakin menarik. Kamu tidak perlu membawa peta, mp3, buku, game, sebab smartphone kamu sudah menyediakan aplikasinya. Yang pasti, power bank harus standby menghadapi kelemahan daya alias habis baterai, sewaktu-waktu nanti.

Uang tunai. Bawalah uang recehan, ribuan, puluhan. Jangan sampai kamu hanya membawa uang ratusan, apalagi hanya kartu ATM. Ini adalah antisipasi untuk melakukan pembayaran secara cepat. Belum tentu tempat pembayaran itu memiliki kembalian yang cukup untuk menukar uang kamu yang nominalnya besar. Dan jangan berharap ATM akan tersedia di tempat liburan kamu, kecuali jika kamu sudah memastikan keberadaannya.

Obat-obatan. Kamu tidak akan tahu kondisi tubuh kamu saat di liburan nanti, walau saat ini kamu sudah mempersiapkan diri dengan makan-makanan yang bergizi. Ada baiknya bawa peralatan P3K, obat pusing atau obat masuk angin. Karena bisa saja iklim di sana mempengaruhi mood kamu hanya karena tiba-tiba pusing, masuk angin, atau jika kamu mengalami cidera.

Lupakan aktifitas selain liburan. Selama berlibur, usahakan jangan membagi pikiran kamu untuk hal-hal selain, kecuali kalau ada hal yang urgen. Lupakan sejenak rutinitas lain. Fokus saja pada liburanmu. Biarkan pikiran kamu yang lelah selama hari-hari sibuk sebelumnya dapat terobati dengan baik. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *