Besok, Kelulusan SMA Sederajat Diumumkan

  • Whatsapp

Pengumuman nilai hasil Ujian Nasional (UN) SMA/SMK secara nasional termasuk di Sumut rencananya digelar serentak, Jumat (15/5), yang sekaligus juga bersamaan dengan pengumuman kelulusan siswa oleh masing-masing sekolah.

Kelulusan SMA Sederajat Diumumkan

Read More

“Jika tidak ada perubahan, Sesuai Prosedur Operasional Standar maka Jumat (15/5) kelulusan SMA sederajat diumumkan,” kata Koordinator Ujian Nasional (UN) Sumut August Sinaga, Kamis (14/5). 

Dia mengatakan,  pengumuman kelulusan UN SMA pada 15 Mei 2015. Sementara SMP tanggal 10 Juni 2015.

“Semoga sesuai jadwal. Kami hanya mengikuti arahan dan petunjuk dari Kemendiknas RI, kalau ada perubahan bisa tanggal 18 Mei,” ujarnya.

Dia mengimbau para pelajar yang akan menyambut kelulusan menghindari pesta pora dalam bentuk apapun.“Kami sudah koordinasikan ke pihak sekolah agar  menghindari pesta yang tidak baik,” tegasnya.

August juga menyebutkan, hasil UN SMA 2015 sudah diterima dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, pada Jumat (8/5). Hasil UN juga sampai ke masing-masing sekolah.

“Hasil UN SMA sederajat dari Puspendik berupa daftar kolektif, selanjutnya dikirim ke kab/kota mulai Senin (11/5) lalu,” ungkapnya.

Penyerahan daftar kolektif hasil UN dari Puspendik ke panitia provinsi, kata August merupakan hal yang baru. Kemudian, hasil UN tersebut diserahkan lagi ke masing-masing sekolah untuk  melakukan penggabungan dengan hasil ujian akhir sekolah. 

Sesuai kebijakan Kemendikbud, mulai  tahun ajaran 2015, kelulusan UN 100 persen ditentukan masing-masing sekolah.

“Sekolah memiliki kewenangan penuh menentukan kelulusan para peserta didiknya melalui hasil rapat dewan komite sekolah,” kata August.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *