Berikut Tips Untuk Anak Medan : Kiat Menjaga Hati

  • Whatsapp

Hati memiliki peran melawan infeksi yang menyerang tubuh, memproses makanan dari usus, memproduksi getah empedu untuk mencerna makanan, penyimpan zat besi dan vitamin, mengontrol kadar lemak, glukosa, serta asam amino di dalam darah, dan membuang zat-zat racun di dalam tubuh. Sebegitu besarnya peran hati dalam tubuh kita, kebayang dong gimana kacaunya kalau si hati mengalami peradangan, alias enggak berfungsi sebagaimana mestinya.

Kiat Menjaga Hati

Berikut ini tipsnya

• Lakukan Olahraga sederhana yang mudah secara rutin, minimal seminggu 2 kali. Dengan olahraga, pori-pori akan terbuka, sirkulasi darah meningkat, lemak terbakar, dan membuat pikiran menjadi tenang. Special untuk hati, lakukanlah renang dan jogging.

• Minum air perasan jeruk lemon. Air lemon mengandung Asam sitrat yang membantu tubuh mengeluarkan racun melalui  usus dan urin. Lemon juga dapat merangsang hati untuk memproduksi empedu, guna mengeluarkan racun. Lemon, jeruk nipis dan jeruk mengandung limonene, sejenis minyak yang menetralisir senyawa kanker dalam liver.

• Mengonsumsi sayuran hijau memang terlihat sepele. Namun, sebuah studi di Harvard mengatakan, laki-laki yang mengonsumsi  1 ½ porsi sayuran perhari, lebih kecil mengalami masalah jantung, dari pada yang mengonsumsi sayuran 1 porsi seminggu.

• Mengonsumsi vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, kalium, sodium, besi, seng, selenium, tembaga, dan mangan dapat membantu proses detoksifikasi hati.

• Ada baiknya, hentikan kebiasaan merokok, menjauhi asap atau polusi, serta zat-zat racun lainnya. Karena zat yang mengandung racun tersebut, akan masuk ke pembuluh darah kecil dalam paru paru, dan di bawa ke organ hati. Kemudian mengalami detoksifikasi dan dihilangkan di empedu. Namun jika suatu kali nanti hati mengalami kerusakan akibat lelah mendetoksifikasi racun, maka apa jadinya tubuh kita?

• Batasi diri dari mengonsumsi alkohol. Minuman yang mengandung alkohol dapat berpengaruh sangat buruk pada metabolisme organ hati. Membatasi diri mengonsumsi alcohol akan sangat membantu hati, karena alkohol membuat kinerja hati akan keras dalam menyaring dan mengeluarkan racun, yang kemudian kan mempercepat lemahnya hati.

• Konsumsi bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang mengaktifkan enzim-enzim hati untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh. Kandungan allicin dan seleniumnya, dapat mencegah kerusakan pada hati dan membantu proses detoksifikasi, membunuh virus, bakteri dan jamur. Bawang putih juga kaya akan antioksidan yang dapat menjaga fungsi hati, sekaligus menghindarkan diri dari serangan kanker atau tumor.

Demikian***(CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *