5 Siswa SMK Duta Sumut Bersaing OSTN di Yogyakarta

  • Whatsapp

Lima pelajar tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipercaya sebagai duta provinsi Sumatera Utara untuk bersaing di Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) di Jogyakarta.

“Kelima pelajar duta Sumut itu merupakan hasil seleksi yang digelar mulai tingkat kabupaten dan kota hingga provinsi,” ujar Kadisdiksu Drs Masri MSi melalui Kabid Dikmenti August Sinaga, tadi.

Read More

Dijelaskan August didampingi Mariono, pada OSTN SMK tingkat provinsi yang dilaksanakan minggu pertama Mei lalu diikuti 165 peserta dari 33 kabupaten dan kota dengan memperlombakan 5 mata lomba yaitu Matematika Teknologi, Matematika Non Teknologi, Biologi, Kimia dan Fisika.

Kelima duta Sumut itu merupakan juara pertama untuk setiap mata lomba pada tingkat provinsi, yakni Desi Rendina Tambunan dari SMK Teladan Pematangsiantar dengan mata lomba matematika non teknik), Dian Yehezkiel TS Situmorang dari SMK ST Nahanson Parapat, Taput (matematika teknologi), Rahmat Saleh dari SMKN 2 Tebingtinggi (fisika), Sisi Alfulailah juga dari SMKN 2 Tebingtinggi (bilogi) dan Eka Mikha Manik dari SMKN 1 Air Putih, Batubara (kimia).

Dalam perlobaan itu terbagi dua tahap lomba yang harus dilalui para peserta, yakni melakukan tes tertulis bersama dan tes praktik dari masing-masing lomba.

Menurut August, kegiatan tersebut merupakan program tahunan untuk melahirkan pelajar-pelajar yang memiliki kemampuan. Sebab peserta yang terbaik diikutkan atau menjadi duta OSN mulai tingkat kabupaten dan kota, provinsi hingga nasional.

Pada ajang tingkat nasional ini August mengatakan meskipun tidak menargetkan sebagai juara lima besar, namun dia berharap agar para duta Sumut itu dapat membawa prestasi atau kejuaraan pada masing-masing bidang lomba.

Pada OSTN 2015 tingkat provinsi, kata August selain menetapkan juara pertama sebagai duta Sumut, juga pemenang juara kedua dan ketiga pada tiap bidang studi mata lomba.

5 Siswa SMK Duta Sumut Bersaing OSTN di Yogyakarta

Pada mata lomba metematika non teknik juara 2 diraih Fidelis Fediyanus Zai dari SMKN1 Lolofitu Moi Nias Barat dan Irna Sari Hasibuan dari SMKN1 Lubuk Barumun, Padang Lawas.

Sedangkan mata lomba matematika teknologi dimenangkan M. Edo Lubis dari SMKN Binaan Provsu, Medan dan Zulharmin dari SMKN 2 Tebingtinggi.

Untuk bidang mata lomba fisika diraih Ukir Judirman Harefa dari SMKN 1Gunung Sitoli dan Ahmad Rinaldy dari SMK Tritect inf Medan. Pada mata lomba biologi dimenangkan Fuji Harto dari SMK Kesehatan Wirahusada dan Zainuddin BB dari SMK Negeri Binaan Provsu dan untuk bidang studi kimia diraih Rohman Sahid dari SMKN1 Pulau Rakyat, Asahan dan Halimatuksadiah dari SMKN 2 Tebingtinggi.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *