Tips Membersihkan dan Perawatan Lemari Es (Kulkas) Yang Benar

  • Whatsapp

Banyaknya pekerjaan rumah tangga, membuat lemari es atau kulkas jarang memperoleh perlakuan ekstra dibanding perabotan rumah tangga lain. Banyaknya isi lemari es mungkin penyebab seseorang malas membersihkannya karena takut kerepotan untuk mengeluarkan dan memasukkan kembali barang-barang tersebut.

Tips Membersihkan dan Perawatan Lemari Es
Gambar : Tips Membersihkan dan Perawatan Lemari Es
Foto tribunnews.com

Cara Membersihkan Lemari Es

  1. Keluarkan semua makanan dan buang makanan yang sudah berjamur, berlendir, atau kadaluarsa.
  2. Keluarkan semua bagian yang bisa dilepaskan seperti bagian rak dan laci. Bersihkan menggunakan spons lembut dan sabun pencuci piring yang dicampur dengan air hangat. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih.
  3. Lakukan hal yang sama untuk bagian dalam lemari es, tapi jangan sampai terlalu berbusa. Bilas bagian dalam dengan lap basah yang sudah diperas, kemudian keringkan dengan lap bersih. Jika ada sisa makanan yang menimbulkan aroma tak sedap di dalam lemari es, bersihkan dengan air hangat yang sudah dicampur dengan baking soda.
  4. Setelah bersih, letakan makanan sesuai pada tempatnya. Sayuran diletakkan di dalam laci. Meski suhunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan sayuran, tapi sebaiknya masukan sayuran tersebut ke dalam plastik, lalu taruh dalam lemari es agar kesegarannya terjaga lebih lama. Daging segar pun sebaiknya dibungkus terlebih dahulu agar tidak mudah basi. Untuk keju, yogurt, dan produk susu, taruh di daerah yang sama. Begitu juga dengan buah-buahan, taruh semua dalam kompartemen yang sama.
  5. Ulangi langkah-langkah di atas setiap bulan sekali.

Cara Perawatan Lemari Es

Jadwal bersih-bersih lemari es secara bertahap mencegah lemari es kamu menjadi terlalu kotor karena selalu dibersihkan sedikit demi sedikit. Sebagai panduan, berikut ini jadwal perawatan lemari es yang bisa kamu ikuti:

Jadwal harian: Pada saat kamu menyiapkan makan malam, sempatkan memeriksa apakah ada tumpahan di dalam lemari es. Semakin cepat tumpahan diatasi, semakin mudah pula untuk dihilangkan. Gunakan produk pembersih anti bakteri, baik berbentuk tisu basah maupun semprotan, untuk mengelap gagang pintu lemari es yang rentan menjadi tempat penumpukan kuman.

Jadwal mingguan: Sebelum berbelanja mingguan, pilah-pilah isi lemari es kamu. Makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsanya harus langsung dibuang. Kalau ada makanan yang belum basi tetapi kemungkinan besar tidak akan dimakan lagi, maka pertimbangkan memberikannya kepada tetangga daripada langsung membuangnya.

Jadwal bulanan: Untuk kegiatan membersihkan yang lebih menyeluruh, keluarkan seluruh isi lemari es, termasuk rak dan laci, lalu seka semua bagiannya. Kamu dapat mencicil kegiatan ini menjadi beberapa tahap dalam kurun waktu satu bulan.

Tips Menjaga Kebersihan Lemari es

Hindari resiko kontaminasi makanan dengan cara menyimpan daging dan ikan mentah di rak lemari es paling bawah supaya tidak ada cairan yang menetes ke makanan di bawahnya.

Pisahkan masakan matang dan bahan makanan yang masih mentah.

Jangan biarkan makanan berjamur di lemari es karena bisa mencemari seluruh isi lemari es dan menyebarkan bakteri ke makanan lain.

Langsung simpan bahan makanan berlebih yang tidak dipakai untuk memasak. Sisa bahan makanan kalengan harus dipindahkan ke wadah plastik dan ditutup rapat sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

Bersihkan tumpahan apa pun secepat mungkin sebelum mengering.

Demikian artikel tentang Bagaimana Membersihkan Lemari Es dengan benar, semoga menjadi informasi yang bermanfaat baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *