IBX5A49C9BC313D6 PT Inalum Ajak Siswa Daur Ulang Sampah - Cerita Medan

PT Inalum Ajak Siswa Daur Ulang Sampah

Penanganan sampah menjadi benda yang memiliki nilai ekonomis saat ini sudah menjadi tren. Masyarakat dituntut menjadi lebih kreatif dalam penanganan sampah agar dapat menjadi salah satu sumber pendapatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional 22 April 2015 lalu dan menyambut Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei 2015, PT Inalum (Persero) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara melaksanakan Program Lomba Karya Inovasi Produk Daur Ulang Sampah Tingkat SMP/ Sederajat & SMA/ Sederajat di Kabupaten Batubara.

PT Inalum Ajak Siswa Daur Ulang Sampah
PRESENTASE: Sejumlah siswa mempresentasekan karya inovatifnya.

Kegiatan yang tujuannya untuk meningkatkan kreativitas siswa-siswi khususnya dalam pemanfaatan daur ulang sampah ini dimulai dengan kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh sekolah-sekolah tingkat SMP/ Sederajat dan SMA/ Sederajat yang dilaksanakan di SMA Mitra Inalum – Tanjung Gading pada awal April 2015 lalu.

Tahap berikutnya adalah Seleksi Administrasi. Sekolah yang mendaftarkan makalahnya ada sebanyak 20 sekolah, baik tingkat SMP/ Sederajat maupun SMA/ Sederajat. Kemudian tahap selanjutnya adalah Penilaian dan Presentase Makalah yang akan dilaksanakan mulai 24 April 2015 di SMA Mitra Inalum – Tanjung Gading.

Adapun sekolah peserta pada kegiatan diikuti enam sekolah tingkat SMP/ Sederajat dan enam SMA/ Sederajat. Sedangkan pengumuman pemenang Lomba Karya Inovasi Produk Daur Ulang Sampah tersebut akan dilaksanakan setelah dewan juri melakukan rapat.

Tim Penilai dari Program ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Dinas Tarukim Kabupaten Batubara, Akademisi dan Pemerhati Lingkungan dari Universitas Negeri Medan (Unimed) serta PT Inalum (Persero).

“Sebagai tindak lanjut dari Program tersebut, PT Inalum (Persero) akan mendorong para finalis dengan cara memberikan bantuan dana ataupun sebagainya guna pengembangan karya inovasi yang telah mereka laksanakan. Sehingga dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari,” kata Manajer Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum, Arfan Iqbal Harahap didampingi Comdev Officer M.Iqbal.

Adapun finalis Lomba yang mempresentasikan inovasinya untuk Tingkat SMA Sederajat adalah, Pemanfatan Sampah Kertas & Kulit Telur di Indrapura, Batubara menjadi karya kreatifitas seni bernilai ekonomis oleh SMK-S Tengku Amir Hamzah – Indrapura. Pemanfatan Kulit Pisang Sebagai Bahan Baku Alternatif pada Baterai Kering oleh SMK-S Budhi Darma – Indrapura.         

Habis Manis, Sampah Ditelan (Pupuk Organik) oleh SMA Yayasan Mitra Inalum   . Pemanfatan Limbah Sekam Padi sebagai Pengganti Media Air pada Transportasi Penggangkutan Ikan Krapu Hidup oleh SMKN 1 Talawi.

Pemanfatan Limbah Cangkang Kerang Sebagai Pengganti Pupuk Dolomit oleh SMKN 1 Air Putih. Pengolahan Limbah Organik Perikanan menjadi Pupuk Organik di Batubaraoleh SMKN 1 Talawi.

Sedangkan tingkat SMP finalis antara lain Pemanfaatan Pengelolaan botol air mineral dan kantong plastik menjadi kerajinan tangan bunga bale khas Batubara oleh SMPN 4 Sei Suka. Pemanfaatan Daun Ketapang sebagai Bahan Pembuatan Tinta oleh SMPN 1 Air Putih. Batang Pisang Sebagai Alternatif Pengganti Bahan Baku Baterai Bekas oleh SMPN 1 Sei Suka. Kerajinan Tangan dari Limbah Cangkang Kerang oleh SMPN 4 Tanjung Tiram. Limbah Kulit Kerang Sebagai Bahan Bakar Alternatif Sederhana oleh SMPN 1 Sei Suka. Dan Pemanfatan Limbah Kulit Jangung Menjadi Bross olehSMPN2 Tanjung Tiram.***(CM/PR)

KOMENTAR

BACA JUGA