Museum Negeri Medan – Koleksi Sejarah Budaya SUMUT

  • Whatsapp

Museum Negeri Medan atau lebih dikenal dengan nama Museum Negeri Propinsi Sumatera Utara dan juga dikenal dengan nama Gedung Arca diresmikan pada tanggal 19 April 1982. Lokasinya berada di Jalan H. M. Joni no. 15 Medan dan berada di atas lokasi yang luasnya 10.468 meter persegi. 

Museum Negeri Medan
Gambar : beritadaerah.co.id

Museum ini memiliki dua bangunan induk yang memiliki ruang-ruang lagi yang dikelompokkan menjadi ruang pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang Kepala Museum, ruang ceramah / audiovisual, ruang tata usaha, ruang seksi bimbingan, ruang perpustakaan, ruang mikro film, ruang komputer dan juga gudang. Bagian bangunan infuk didesain menyerupai rumah tradisional daerah Sumatera Utara, dengan bagian atap depan diberi ornamen berbagai etnis di Sumatera Utara seperti Melayu, Batak Toba, Karo, Simalungun, Mandailing dan Pakpak serta Nias. 

Read More

Melihat Isi Museum Negeri Medan

Apa saja koleksi Museum Negeri Propinsi Sumatera Utara ini? Museum ini sendiri termasuk kategori museum umum yang memiliki koleksi berbagai benda peninggalan sejarah dan budaya yang berasal dari Sumatera Utara. Berikut klasifikasi koleksi museum negeri yang bertempat di Medan ini:

1. Koleksi masa prasejarah

Ya, di Museum Negeri Medan ini terdapat koleksi masa prasejarah seperti replika hewan dari Sumatera, replika fosil manusia purba, diorama kehidupan prasejarah dan juga perkakas masa prasejarah.

2. Koleksi budaya Sumatera Utara kuno

Koleksi tersebut meliputi temuan budaya yang berasal dari zaman megalitikum, seperti misalnya peti mati dari batu / sarkofagus, benda-benda religi seperti kayu, patung batu, tongkat perdukunan, wadah obat yang terbuat dari gading dan juga koleksi naskah Batak kuno yang tertulis di atas kulit kayu bernama Pustaha Laklak.

3. Koleksi Kerajaan Hindu-Buddha

Ada ruangan yang menampilkan koleksi dari Kerajaan Hindu-Buddha di Sumatera Utara, berupa arca batu, pecahan keramik, perunggu dan juga mata uang kuno. Terdapat pula replika candi induk dari Candi Bahal I.

4. Koleksi Kerajaan Islam

Anda akan bisa melihat beragam artefak peninggalan Kerajaan Islam di Sumut, seperti batu nisan dari makam Islam yang ditemukan di daerah Barus, Sumut. Ada pula nisan Islam yang bercorak Batak, naskah Islam Tua, beberapa Al Qur’an dan replika Masjid Azizi.

5. Koleksi Kolonialisme

Di bagian ini terdapat koleksi seperti komoditas perdagangan kolonial, alat-alat dan juga mata uang perkebunan, foto-foto bersejarah, model figur kolonial serta replika kehidupan kota Medan di zaman kolonialisme.

6. Perjuangan Rakyat Sumatera Utara

Di ruangan museum negeri ini terdapat pula sejarah perjuangan rakyat Sumatera Utara dengan beragam koleksi benda seperti senjata tradisional dan modern, obat-obatan tradisional dan peralatan komunikasi serta lukisan dan poster propaganda.

7. Gubernur dan Pahlawan Sumatera Utara

Ya, tentu saja ada ruangan yang menampilkan foto dan lukisan mantan gubernur dan juga para pahlawan di Sumatera Utara.

Tertarik untuk mengunjungi Museum Negeri Medan ini? Berkunjunglah pada hari Selasa – Kamis, jam 8 hingga 4 sore, Jumat – Minggu pada jam 8 pagi hingga 3.30 sore.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *