Medanvidgram : Komunitas Video di Instagram

  • Whatsapp

Apa itu Medanvidgram? Kepanjangan dari Medanvidgram itu sendiri adalah Medan video instagram, sebuah komunitas video diinstagram yang berisikan kumpulan-kumpulan video pendek dari anak-anak muda medan dan bebas untuk siapa saja. 

Medanvidgram : Komunitas Video di Instagram

Read More

Video-video diinstagramnya @medanvidgram juga beragam-ragam, bukan hanya comedy, namun juga ada video stopmotion, timelapse, magic, bahkan ada juga tentang makanan dan setiap harinya Medanvidgram akan mengupload 2 video terpilih pada pukul 19.00 WIB, dimana salah satu videonya adalah hasil kreasi admin Medanvidgram sendiri dan video satunya lagi adalah video terpilih yang menggunakan hashtag #medanvidgram pada caption yang mereka buat divideonya. Medanvidgram ini berada dibawah naungan atau juga bisa dikatakan sebagai cabang pertama dari @indovidgram yang menjadi pusat komunitas video instagram untuk seluruh kota di Indonesia. Indovidgram ini berpusat di kota Jakarta.

Sejarah Medanvidgram

Nahhh, pertama kali medanvidgram berdiri/dibuat accountnya itu tanggal 26 April 2014, sepulangnya TIM/admin MEDANVIDGRAM dari liburan hahaha, tapi video pertama kali yang Medanvidgram upload/repost itu ditanggal 28 April 2014.

Semua berawal dari Evan Sinuhaji (yang juga merupakan admin medanvidgram) yang senang mengecheck video-video di akun instagramnya @marloernesto (Salah satu founder Indovidgram). Kemudian kebiasaan Evan ini menyebar ke teman-teman dekat lainnya (admin-admin medanvidgram lainnya), yang membuat mereka untuk memutuskan ikut andil dalam membuat video-video di akun instagram mereka masing-masing, yang dimulai dari @evansinuhaji, @tengkuadriian dan seterusnya, namun medanvidgram masih belum terbentuk. Tidak lama dari kebiasaan yang mereka lakukan, kemudian muncul @indovidgram yang merupakan pusat komunitas video di instagram yang berdomisili di Jakarta. Dan setelah itu, @tengkuadriian (salah satu admin medanvidgram)  mengajak teman-teman (admin-admin) yang lain untuk meminta izin agar dapat membuat cabang indovidgram di medan dengan nama medanvidgram melalui email. Medanvidgram pun dapat respon yang positif dari Indovidgram dan diberikan izin. Tapi tidak semudah itu,  karena keaktifan akun instagramnya medanvidgram harus ditinjau terlebih dahulu oleh Indovidgram agar dapat dipromosikan oleh mereka (Founder Indovidgram) di instagramnya Indovidgram dan agar dapat diresmikan oleh mereka. Dan secara resmi medanvidgram berdiri tanggal 28 April 2014. Sampai sekarang, akun instagramnya medanvidgram mulai berkembang dan mempunyai kurang lebih 21 ribu followers dan akan bertambah seterusnya. Dan sampai saat ini, Indovidgram mempunyai 18 cabang kota di seluruh Indonesia, yaitu Bali, Manado, Pekanbaru, Banjarmasin, Bogor, Makassar, Jambi, Palembang, Palangkaraya, Semarang, Yogyakarta, Lombok, Lampung, Borneo, Sidoarjo, Malang, Pontianak. Dan 2 cabang diluar negeri, yaitu Jepang dan Bangkok (Orang Indonesia yang tinggal di Jepang dan Bangkok).

Bagaimana cara untuk berpartisipasi dalam medanvidgram?

GAMPANG!! Tapi yang utama, jangan lupa follow @medanvidgram dulu yahh hahaha Caranya gampang kok, kalian tinggal buat hashtag #medanvidgram dan #ivgcommunity dan jugak mention ke @medanvidgram dicaption video kamu. Yang pasti jangan ada mengandung SARA, perkataan kotor, adegan berbahaya yang tidak boleh ditiru, kalau bisa sih lebih nunjukkin ke khas-an Medan, menarik dan kreatif, tidak harus lucu atau komedi kok, boleh tentang music, art, food (makanan), stopmotion.

   

Tujuan didirikan medanvidgram

Tujuan mendirikan medanvidgram ini bukan hanya sekedar ikut ikutan ngetrend di dunia perinstagraman. Karena di Medan sendiri banyak video diinstagram atau disosial media lainnya yang belum mempunyai konsep. Nahhh, disini Medanvidgram mau ngebuka pemikiran atau ide kreatif para pengguna instagram ataupun social media dimedan untuk lebih mengembangkan lagi kekreatifitasan mereka dalam berakting, video editing dll, yang semoga bisa menjadi inspirasi anak-anak medan yang mempunyai hobi dalam dunia pervideoan/perfilman. Tujuan lainnya pun juga untuk menghibur para pengguna instagram baik yang ada diMedan ataupun diluar kota Medan.

Manfaat akun medanvidgram untuk follower

Sejauh ini, survey yang telah dilakukan kepada follower-follower Medanvidgram untuk menanyakan manfaat adanya medanvidgram ini, sudah mempunyai dan menuju manfaat yang banyak. Kebanyakan dari mereka mengatakan kalau isi yang ada di akun instagramnya medanvidgram bisa menginspirasi dalam hal video editing, berakting, dll. Selain itu juga sering melakukan kompetisi-kompetisi video yang berhadiahkan tiket acara/event yang bekerja sama dengan Medanvidgram. Dan yang paling penting adalah bisa menghibur mereka di dunia perinstagraman khususnya untuk pengguna instagram yang ada dimedan.

Visi misi medanvidgram

Visi :  Menjadi komunitas yang besar dan bisa bermanfaat kepada banyak orang, juga menghibur orang lain di dunia perinstagraman.

Misi : Menginspirasi banyak orang di dunia perinstagraman dibidang akting, video editing, dll dengan memberikan isi konten yang beragam-ragam, seperti contohnya video-video yang berkonsep komedi, stopmotion, makanan, dll.

Struktur keanggotaan medanvidgram

Sebelumnya, didalam medanvidgram itu ada 2 kategori, yaitu creator dan watcher. Dan para medanvidgramers bebas mengklaim dirinya sendiri sebagai apa mereka. 

Apa itu creator dan watcher?

Creator itu pembuat video, yang berperan didalam pembuatan video baik itu pengkonsepan dan pengeditan video atau bisa juga berperan sebagai aktornya, sedangkan

Watcher itu penonton video, ya juga bisa dibilang hanya sebagai penikmat video. Namun mereka jugak bisa ikut andil didalam video si creator dan enggak jarang loh watcher bertransformasi menjadi creator juga.

Medanvidgram : Komunitas Video di Instagram

Namun struktur untuk kepengurusannya itu ada 2, yaitu:

– Tim/admin Internal Medanvidgram

Kalau Tim/admin MEDANVIDGRAM sih ada 12, dan terbagi juga jadi 2 kategori tadi juga, yaitu creator dan watcher, ada 7 creator dan 5 watcher di TIM/admin MEDANVIDGRAM, masuk ke creator dulu ya, yang pertama ada:

@evansinuhaji:

Evan Sinuhaji:Admin di hari Senin sekaligus founder utama medanvidgram. “Aku termasuk creator, kategori video aku biasanya comedy, agak bengak bengak gimana gitu comedynya, aku lebih sering ngerepost/ngeregram/ngeupload video video yang parody/comedy dari para creator yang memakai hashtag #medanvidgram divideonya, pesan aku cuman satu buat para creator-creator video yang ada dimedan, diatas langit ada langit lagi, jadi jangan pernah berhenti buat berkarya hahaha”

Terus yang kedua ada, @syhputra:

M. Angga Syahputra: Admin di hari Selasa sekaligus pencetus design baju medanvidgram. “Aku termasuk creator. Kategori video aku tuh seringnya menjurus ke seni-seni gitu, kayak stopmotion dan timelapse. Gak tau stopmotion dan timelapse? Search lah diinternet~ Kalau aku seringnya ngerepost video stopmotion dan timelapse dari creator lainnya yang sama kayak aku gitulah alirannya, buat saling berbagi ilmu juga kan dalam berkarya, karena ya hidup ini akan lebih indah dengan adanya seni dan kekreatifitasan yang bisa Medanvidgram share ke sesama. Betul gak?”

Selanjutnya yang ketiga ada, @tasyandv:

Tasya Nadhifah: Admin di hari Rabu sekaligus followers terbanyak diantara admin-admin yang lain. “Aku sama kayak yang lain, termasuk dalam creator. Video aku itu biasanya based on facts about daily life gitu, maksudnya itu kayak tipikal video yang makna dan isi nya itu sering Medanvidgram jumpain di kehidupan sehari-hari. Terkadang aku juga suka buat video stopmotion sih. Kalau untuk ngerepost video orang lain dimedanvidgram, biasanya aku milihnya random,jadi ga terlalu spesifik gitu.

Next, ada @rockyourbaby:

Fadzri Ahdi Anshori: Koordinator utama (ketua) medanvidgram sekaligus admin dihari Kamis. “Sebagai admin yang paling ganteng diantara admin cowok lainnya ya jelas lah aku termasuk creator. Walaupun nama instagram ku agak melenceng dari nama asliku, ya tetep aja ganteng dan lucu sama halnya kayak video-video ku diinstagram hahaha. Tapi aku sekarang lagi ga dimedan nih, aku lagi ada di Malang karena aku kuliahnya di Universitas Brawijaya, walaupun lagi berhijrah, tetep gak berhenti buat video buat ngehibur followers followers aku dan medanvidgram. Dan yang pasti lebih menghibur lah daripada video-videonya @Tengkuadriian;p. Aku biasanya ngerepost video-video comedy di medanvidgram, tapi udah gaada lagi yang lucu di dunia, tinggal aku satu-satunya #becandaanajaguys hahaha.”

Terus yang kelima ada @tengkuadriian:

Tengku Adrian: Admin di hari jumat. “Halo, aku terkategori didalam creator, lebih sering jadi featuring sih sama admin yang lain karena keterbatasan alat dan gadget. Kalaupun sendiri biasanya buat video magic walaupun lagi coba-coba aja, tapi aku lebih sering buat video comedy dan yang pasti lebih lucu daripada @rockyourbaby ;p Biasanya aku ngerepost video-video magic (sulap-sulap gitu) atau comedy. Keren seru gimana gitu kalau udah liat video-video sulap sama comedy. Kayak contohnya @finalcutking sama @bietheska yang video-videonya itu super duper awesome. Man! Life is about your creativity. Jangan jadiin keterbatasan kamu untuk berkreatifitas”

Dan yang ke enam ada @mulenos:

Marlissa Maulana: Admin dihari sabtu sekaligus satu-satunya orang aceh di TIM/admin medanvidgram. “Peu Haba? Aku termasuk creator. Fyi, akulah orang yang membuat account dan email medanvidgram. Kalau untuk video, biasanya aku buat video parody/comedy, dan video aku yang paling sering dijudge dimedanvidgram #AkuRapopo. Karena menurut aku gak bakal ada pelangi, tanpa adanya hujan dan matahari, maka tidak mungkin juga kesuksesan terjadi tanpa adanya kegagalan dan keberhasilan, buktinya aku satu-satunya admin yang videonya di featured di @indovidgram lo hihi. Kalau lagi jadwalnya aku untuk ngerepost dimedanvidgram, biasanya ngerepost video comedy sama timelapse gitu.”

Yang terakhir ada @nopiSTR:

Tria Novi Khairani: Admin dihari Minggu. “HORAS!! Aku termasuk creator. Dan aku satu-satunya admin yang buat video tentang makanan gitu. Sebelumnya lebih sering buat video girly sama comedy, tapi kayaknya lebih seru di video video yang berhubungan sama makanan, karena bisa saling sharing ke sesama MEDANVIDGRAMERS, dan jugak ngeasah kemampuan aku untuk membuat makanan. Udah kayak hobi sih, sering juga ngebuat makanan sendiri. Untuk jadwalnya aku ngerepost, lebih sering masukin video-video yang berhubungan dengan makanan gitu, tapi untuk di medan, masih sedikit yang ngebuat video-video makanan, mana nihh anak medan yang jago buat makanan? Yuk buat video tentang masakan/makanan diinstagram kamu, terus tambahin hashtag #medanvidfood dan mention ke aku dicaption video kamu yaa, karena semua cewek minimalnya harus bisa memasak looo buat calon suaminya nanti 😀 Gak mesti cewek kok, buat yang cowok jago masak, yukk saling sharing di @medanvidgram.” 

Sekarang kita masuk ke watchernya TIM/admin MEDANVIDGRAM, mereka adalah: 

Ada @adlitamaa (Adli tama) @mhdfurqan (Muhammad Furqan) @francoisafrico (Francois Fredly) @arifpasaribu (Putra Ahmad Syarif) dan @qmalzzz (Muadz Qemal). Nah,sosok mereka lah yang sangat menolong dalam beberapa hal, Kayak waktu pas gathering #MVGInstameet kemaren bareng @indovidgram, mereka juga bukan hanya sekedar watcher, tapi jugak ikut ambil andil dalam pembuatan video, penggagas ide dan sebagai otaknya lulus sensor sebuah video di @medanvidgram.

– Medanvidgram

Untuk kategori ini, merekalah orang-orang yang pernah Medanvidgram repost di akun instagramnya medanvidgram dan mereka yang pernah buat video dan di upload ke akun instagramnya mereka sendiri dengan menggunakan hashtag #medanvidgram.

Harapan medanvidgram kedepan

Getting bigger, MEDANVIDGRAM!! Medanvidgram juga bisa diajak kerjasama buat ngepromosiin acara, baik komunitas ataupun non-komunitas kamu. Kalau bisa nyambung..kenapa enggak? Dan yang terpenting buat creator/watcher MEDANVIDGRAMERS, DON’T EVER STOP MAKING VIDEOS.

Project atau event atau prestasi yang sudah dicapai 

Kalau untuk project kedepannya, masih dirahasiakan, yang penting pantengin terus instagramnya @MEDANVIDGRAM. Kamu sering nonton the comment di net tv?. Ada juga beberapa video yang ada di instagramnya medanvidgram di featured diacara itu. Selain itu Medanvidgram pernah nyempil di detik hot dan Koran sindo yang headline beritanya tentang Indovidgram, dimana medan menjadi salah satu cabangnya Indovidgram. Medanvidgram juga pernah di featured di Youtube Channelnya Chandraliow/Tim2One, Vendryana/moinblog (Founder-founder Indovidgram) dan di blognya Aulion (Salah satu founder Indovidgram) yaitu www.aulion.com. Medanvidgram juga pernah di featured di majalah digital pertama di Medan yaitu Digimagazine di edisinya yang ke 5 mengenai komunitas yang ada dimedan, dan baru-baru ini Medanvidgram di featured di Koran Tribun Medan tanggal 18 Desember 2015. Dan Medanvidgram juga pernah di undang ke salah satu radio di Medan yaitu Kiss Fm untuk mengenalkan komunitas medanvidgram dan juga pernah talkshow di acara Telkomsel 4G LTE Carnival di Centre Point. Sampai sekarang ini followers medanvidgram sudah mencapai 27.400 followers dan akan bertambah seterusnya. 

Salah satu admin medanvidgram (tengkuadriian) jugak pernah jadi pemenang foto terbaik di kuisnya #bukberindovidgram yang diadain oleh @INDOVIDGRAM bersama salah satu provider nasional. Foundernya medanvidgram (@rockyourbaby/Fadzri Ahdi Anshori) juga pernah memenangi kompetisi video yang diadain di event Mbience dengan like terbanyak dan mendapatkan hadiah Polaroid.

Dan @MEDANVIDGRAM adalah salah satu kota pertama yang udah diresmikan langsung oleh @INDOVIDGRAM dan kota pertama yang meet up bareng 5 admin @INDOVIDGRAM (@benakribo @vendryana @marloernesto @chandraliow dan @aulion) dan juga 120 orang MEDANVIDGRAMERS lainnya looo!! So proud!!

Medanvidgram juga pernah bekerja sama menjadi media partnernya event:

– Radio USUKom

– Independence party 14 Bigbroentertainment

– Mbience

– World Wide InstaMeet Medan

– Spooky Run Away Bigbroentertainment

– UFO 4 Sma Harapan 1 Medan

– FOS 6 Sanggar seni Sma Negeri 1 Medan

– Masquerade Halloween Party

– Penganugerahan HIPMI Sumut 

– Turun Tangan Film Festival

– POP MIE INSTAHITS BASKETBALL

– MAMI II

– Soud On Stage 3

– Usu Carnaval

– @t4gmedan

Sekian informasi mengenai Komunitas Video di Instagram Kota Medan ini, semoga menjadi informasi yang berguna bagi kamu pembaca setia Ceritamedan.com dimanapun berada yah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *