Kembangkan Global Mindset Lewat AIESEC USU

  • Whatsapp

Hidup di zaman yang serba terhubung seperti saat ini membutuhkan keahlian serta kemampuan tertentu untuk dapat bertahan. Kemampuan berpikir secara mendunia atau global mindset, misalnya, merupakan salah satu kemampuan utama yang harus dimiliki saat ini, khususnya bagi mereka yang ingin berkiprah di kancah internasional. Namun global mindset sendiri bukanlah kemampuan yang serta merta diperoleh hanya dengan membaca buku atau berdiskusi. Seseorang perlu mencemplungkan diri atau mengalami secara langsung untuk dapat mengenal dan menginternalisasikan nilai-nilai global mindset ke dalam dirinya.

Kembangkan Global Mindset Lewat AIESEC USU

Read More

AIESEC (Association for the International Exchange of Students in Economics and Commerce) merupakan organisasi internasional dibidang pemberdayaan pemuda yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan global mindset melalui program exchange atau pengiriman pemuda ke luar negeri. Organisasi yang berdiri sejak tahun 1948 ini telah tersebar di 126 negara dan beroperasi di 2400 universitas. Di Indonesia sendiri, Universitas Indonesia (UI) merupakan universitas pertama yang mendirikan AIESEC. Kemudian disusul universitas lainnya, termasuk Universitas Sumatera Utara (USU) pada tahun 2013 lalu.

Selama dua tahun berdiri, AIESEC USU telah berhasil mengirimkan sebanyak 18 pemuda Sumatera Utara (Sumut) ke berbagai negara dan akan memberangkatkan 19 pemuda lagi pada musim panas (summer) mendatang, yakni sekitar bulan Juni-Agustus. Adapun negara-negara yang pernah dituju pemuda-pemudi exchange AIESEC USU diantaranya ialah Polandia, Rusia, Kamboja, Mesir, India, Slovenia, Taiwan, Thailand, Filipina, Cina dan Sri Lanka.

Melalui program exchange AIESEC USU, pemuda-pemudi berkesempatan untuk tinggal di luar negeri selama empat hingga delapan minggu untuk melakukan kegiatan relawan baik dibidang lingkungan, pendidikan, kesehatan, anak, wisata, dan wirausaha. Selama melakukan kegiatan tersebut, pemuda exchange berkesempatan untuk bekerja sama dengan pemuda-pemuda exchange lainnya yang juga datang dari berbagai negara. 

Selain program exchange, AIESEC juga menawarkan program profesional magang yang memungkinkan pemuda-pemudi untuk bekerja di luar negeri. Selain itu ada pula program untuk mendatangkan pemuda dari luar negeri untuk melakukan exchange di Indonesia. Namun, untuk AIESEC USU sendiri yang baru berdiri, kedua program tersebut belum dapat dilaksanakan. Butuh persiapan yang benar-benar matang, sehingga untuk saat ini AIESEC USU hanya fokus dahulu dibidang pemberangkatan.***(CM/Limelight Publisher)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *