Saksikan Festival Film Eropa 2015

  • Whatsapp

Pusat Kebudayaan Eropa di Indonesia bekerjasama dengan Alliance Française de Medan (Yayasan Kerjasama Indonesia Perancis di Sumatera atau AF Medan) dan juga Perwakilan Diplomatik lainnya menggelar Europe on Screen 2015.        

Festival Film Eropa 2015
Festival Film Eropa 2015

Europe on Screen adalah sebuah Festival Film Eropa di Indonesia. Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan film-film yang diproduksi oleh berbagai negara Eropa di Indonesia. Sebagai usaha bersama antara para diplomat dan atase kebudayaan negara-negara Eropa di Indonesia, European Film Festival diadakan pertama kalinya di Indonesia pada tahun 1990, diikuti oleh kali keduanya di tahun 1999. Mulai tahun 2003, European Film Festival di Indonesia diadakan secara berkala setiap tahunnya dengan nama “Europe on Screen”.

Read More

Sama seperti tahun lalu, Europe on Screen 2015 akan memutar film-film Eropa yang memiliki nilai hiburan tinggi. Hal ini dilakukan untuk menghapus prasangka bahwa film-film Eropa adalah film yang sulit dinikmati penonton awam. Namun, tentu saja setiap film yang diputar nanti akan memiliki nuansa budaya Eropa, sehingga ciri khasnya tetap terjaga. Selain itu, panitia juga akan memilih film-film yang relatif baru, yang diproduksi tidak lebih dari 3 tahun yang lalu. 

Sama seperti tahun lalu, pemutaran film dalam rangkaian Europe on Screen 2015 tidak hanya akan diadakan di Jakarta, tetapi juga di beberapa kota di luar Jakarta. Bekerja sama dengan Institut Français-Indonesia dan Rumah Ide Makassar, pemutaran film juga akan diadakan di Bandung, Denpasar, Makassar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta selama periode festival. Rencananya ada sekitar 16 film Eropa yang akan diputar di Medan dalam rangkaian Europe on Screen 2015. Dengan keberhasilannya pada tahun lalu, Af Medan mendapat kesempatan untuk memutar film lebih banyak dari tahun lalu.

Program Festival Film Eropa 2015 di Medan

XTRA

Program yang memutar film-film dengan nilai lebih; seperti film box office, film nominasi Oscar atau Festival Film Cannes, film yang dibintangi oleh aktor terkenal atau disutradari oleh sutradara besar Eropa, atau film-film dengan nilai produksi yang tinggi.

DISCOVERY

Program ini menyuguhkan kompilasi film yang lebih unik. Aktor dan sutradaranya mungkin tidak terlalu dikenal di Indonesia, namun film-filmnya mengandung kisah menarik dan digambarkan dengan cara yang unik sehingga menyentuh emosi para penonton.

DOCU

Program ini menawarkan kumpulan dokumenter yang mengangkat profil tokoh inspiratif Eropa atau membahas sebuah isu penting lewat tutur cerita.

CHILDREN

Program ini merupakan bagian dari program tambahan. Untuk Kota Medan sendiri akan menyuguhkan 2 film menarik yang layak ditonton oleh keluarga.

Selain itu ada juga pemutaran film pendek Europe on Screen 2015. Film pendek yang ditayankan merupakan parafinalis kompetisi film pendek Europe on Screen 2015. Para pemenang akan diumumkan pada acara Malam Penutupan Europe on Screen di Jakarta.

Berikut ini adalah jadwal, lokasi serta program acara Europe on Screen 2015 untuk kota Medan :

Program Acara Europe on Screen 2015 Medan

Demikian artikel mengenai Festival Film Eropa 2015, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat ya.


Alliance française  Medan  (AF Medan) merupakan lembaga untuk belajar bahasa Prancis di Medan. AF Medan menyediakan kelas bahasa Prancis dan bertujuan untuk menyebarkan budaya Prancis di Medan, mengorganisir kegiatan-kegiatan berkualitas seperti konser, pameran, pemutaran film dan sebagainya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *