Ada Fitur WhatsApp Call di WhatsApp

  • Whatsapp

WhatsApp adalah penyedia layanan pesan instan dengan jumlah terbesar di dunia, yaitu penggunanya telah mencapai angka lebih dari 650 ribu pengguna untuk saat ini.

Dibandingkan aplikasi layanan pesan instan lainnya, WhatsApp justru memiliki fitur layanan paling minim dibanding aplikasi layanan pesan instan lain, seperti BBM, Line, Skype, dan yang lainnya, yang telah sejak lama menawarkan fitur voice call sebagai daya tarik layanan mereka.

Read More

WhatsApp Call

Whatsapp Call Sebagai Fitur Halo-Halo di Whatsapp

Namun beberapa hari belakangan, layanan aplikasi WhatsApp mulai menghebohkan. Pasalnya, aplikasi WhatsApp versi 561 sudah mulai menjajal kemampuan baru dengan menambahkan fitur barunya. Aplikasi WhatsApp kali ini sudah benar-benar menghadirkan fitur voice call WhatsApp di layanannya.

Namun sayangnya, aplikasi WhatsApp versi 561 tidak akan ditemui pengguna di situs resmi WhatsApp. Situs resmi hanya menghadirkan aplikasi WhatsApp versi 560. Sedangkan aplikasi WhatsApp yang versi 561 justru ditemukan di situs aplikasi pihak ketiga, seperti APK market, dan situs sejenisnya. Ini mungkin terjadi sebab status dari fitur baru tersebut belum final dalam pengggarapannya, dan masih bersifat trial. Dan sepertinya WhatsApp tengah melakukan pengujian terhadap fitur voice berbasis internet tersebut. Itu lah sebabnya bisa jadi pihak aplikasi WhatsApp sengaja tidak meletakkannya di situs resmi milik mereka.

Di samping adanya syarat versi khusus yang harus dipenuhi, tidak semua pengguna WhatsApp bisa merasakan dan menggunakan fitur baru ini. Ini disebabkan karena fitur baru tersebut masih bersifat trial, maka fitur baru ini pun tidak dapat dinikmati oleh semua pengguna di layanan WhatsApp. Pihak layanan WhatsApp sendiri belum menyampaikan pengumumkan kapan fitur voice call di layanan tersebut akan mulai diaktifkan dan beroperasi dengan baik.

Informasi yang Ceritamedan temukan lainnya, setelah kamu menginstal aplikasi WhatsApp versi 561, kamu mungkin tetap tidak akan bisa langsung menjejaki. Tidak semua pengguna secara otomatis dapat menggunakan fitur voice call WhatsApp ini, meski kamu telah menginstal aplikasi WhatsApp versi 561.

Sebagian pengguna di layanan WhatsApp memang langsung bisa menggunakannya, namun jika setelah kamu menginstal aplikasi WhatsApp versi 561 dan kamu tidak menemukan fitur voice call WhatsApp ini atau fitur tersebut tidak muncul di menu layanan, maka berarti kamu harus ditelepon dulu dengan fitur voice call WhatsApp oleh temanmu atau pengguna lainnya yang telah memiliki fitur voice call WhatsApp di menu layanan WhatsApp miliknya.

Saat temanmu atau pengguna lainnya yang telah memiliki fitur voice call WhatsApp di menu layanan WhatsApp milik mereka meneleponmu, tampilannya akan terlihat mirip dengan menu voice call dari layanan pesan instan lainnya, seperti Skype, Line, BBM, dan lain-lain. Namun dengan tulisan ‘WhatsApp Call’ di bagian atasnya.

Setelah kamu ditelepon, seharusnya akan muncul menu tab baru di bagian atas aplikasi WhatsApp tersebut. Menu tab tersebut diisi oleh pilihan calls, chats, dan contacts. Tab ‘calls’ isinya adalah history percakapan WhatsApp call, sedangkan sisanya merupakan tampilan yang sebelumnya sudah ada, yakni tampilan obrolan dan kontak WhatsApp.

Jika setelah fitur tersebut kamu dapatkan dan kamu ingin menelepon pengguna WhatsApp lainnya, kamu cukup pilih salah satu kontak yang ingin dihubungi dari tab ‘contacts’. Kemudian di bagian atas akan ada ikon paperclip untuk meng-attach file, seharusnya disebelahnya akan terdapat ikon telepon bila fitur voice call tersebut sudah aktif. Kamu tinggal tekan ikon telepon, maka WhatsApp pun akan menghubungkan dengan pengguna lain lewat fitur voice call. Namun sebelumnya kamu harus pastikan bahwa pengguna yang ingin kamu telepon juga sudah menggunakan aplikasi WhatsApp versi 561. Karena bila tidak. aplikasi akan menolak penggilan yang kamu lakukan.

Meski sebagian pengguna layanan WhatsApp sudah bisa mencobanya, namun ada juga beberapa pengguna lain yang meski sudah menginstal aplikasi WhatsApp versi 561, tetapi tetap tidak bisa terhubung. Kalaupun terhubung, tapi tak ada suaranya. Mungkin ini terjadi karena fitur voice call ini masih sebatas trial, jadi belum beroperasi sepenuhnya.

Namun setidaknya, hadirnya fitur WhatsApp call di WhatsApp dapat memberikan harapan bagi penggunanya untuk melakukan voice call tanpa perlu berpindah aplikasi. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *