USAID PRIORITAS Beri Perubahan Positif Peningkatan Mutu Pendidikan

  • Whatsapp

Kemitraan antara USAID PRIORITAS dan pemerintah Kabupaten Langkat untuk peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Langkat telah memasuki tahun kedua. Dalam rentang waktu kemitraan tersebut (Oktober 2013 – Maret 2015), program-program pendidikan yang diperkenalkan USAID PRIORITAS telah memberikan perubahan positif pada lebih dari 3400 siswa dan 360 guru di Kabupaten Langkat. Perubahan positif tersebut tampak pada sistem pembelajaran, keterampilan guru dalam mengajar, sistem manajemen sekolah, lingkungan sekolah yang lebih asri, rasa percaya diri siswa untuk mempresentasikan karyanya, serta keterlibatan komite sekolah untuk mendukung seluruh kegiatan belajar dan mengajar.

USAID PRIORITAS Beri Perubahan Positif Peningkatan Mutu Pendidikan

Read More

USAID PRIORITAS Bawa Perubahan Pada Lebih dari 3400 Siswa dan 360 Guru di Langkat.

Rangkaian keberhasilan pengembangan pendidikan tersebut ditampilkan dalam Loka Karya Keberhasilan Program USAID PRIORITAS di Kabupaten Langkat pada Rabu, 18 Maret 2015. Acara yang diadakan di Gedung PKK Kabupaten Langkat ini dihadiri sekolah-sekolah mitra USAID PRIORITAS. Peserta pameran terdiri dari 24 sekolah (16 Sekolah Dasar/MI dan 8 Sekolah Menengah Pertama/MI). Berbagai hasil karya siswa contoh hasil pengajaran (praktik yang baik) dipamerkan untuk menunjukkan keberhasilan. Pun berbagai demonstrasi pendidikan yang ada di stand pameran dan di atas panggung acara. Siswa-siswi dari MIN Perdamaian misalnya, tampil kreatif di stand dengan wayang penambahan dan pengurangan nilai positif dan negatif serta berbagai demonstrasi menarik di atas panggung. Ada lagi SMPN 1 Tanjung Pura yang tampil di atas panggung mendemonstrasikan pembelajaran tentang pencemaran lingkungan karena asap rokok dan dampaknya bagi kesehatan manusia.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Langkat H. Sulistianto, Msi, Kasi Kurikulum SMP Dirjen Pendidikan Dasar Dr. Djuandanilsyah, Kabag Kebudayaan, Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Biro Bina Masyarakat Sekda Provinsi Sumatera Utara Dra. Rosmawaty Nadeak, MPd, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dra. Erni Multasih, MPd, Kepala Kantor Kementrian Agama Langkat Sujarno, SSos, Msi, tim USAID PRIORITAS dari Jakarta, perwakilan dari Kemendikbud Jakarta, dan Koordinator USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan.

Agus Marwan, Propincial Coordinator USAID PRIORITAS Sumut mengatakan dalam sambutannya bahwa ia berharap Pemkab Langkat tetap bisa berkomitmen melakukan program pembelajaran seperti yang dikembangkan USAID PRIORITAS. “Harapan saya, implentasi PPG sebagai peraturan bupati akan ada sebagai bentuk dukungan dari pemerintah. Saya berharap akan ada alokasi dana untuk perluasan program USAID PRIORITAS ini sehingga tidak hanya 24 sekolah yang terjangakau,” kata Agus Marwan.

Wakil Bupati Langkat, H. Sulisyanto juga dalam sambutannya menyampaikan harapan-harapan dari Bupati Langkat H. Ngongesa Sitepu, SH. Ia mengatakan bahwa zaman telah berubah, pun teknologi telah membawa perubahan. Termasuk metode pembelajaran. Pendidikan tidak lagi berpusat kepada guru tetapi berpusat kepada siswa. Program USAID PRIORITAS dirancang untuk melatih para guru agar bisa mengimplementasikan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dan Creative Teaching Learning (CTL). Selain itu USAID PRIORITAS juga mendampingi kepala sekolah, guru, dan komite untuk mengimpelentasikan Manajeman Berbasis Sekolah untuk layanan pendidikan yang bermutu. Pemerintah Kabupaten Langkat melihat bahwa guru-guru yang dilatih telah menunjukkan keterampilan yang sangat mengesankan. Begitupun siswanya.

“Keberhasilan ini harus segera dimanfaatkan dan disebarluaskan di Langkat sehingga seluruh siswa mendapat manfaat. Saya minta kepada dinas pendidikan agar siap menyebarluaskan program ini ke banyak sekolah di Langkat. Saya mengucapkan terima kasih kepada USAID dan selamat kepada seluruh mitra USAID dan saya minta untuk terus melanjutkan dan meneruskan pelaksanaan program ini,” kata Sulisyanto mengutip pidato Bupati Kabupaten Langkat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *