Tips Agar Tidak Boros Baterai Pada iOS 8.2

  • Whatsapp

Apple akhirnya resmi merilis iOS versi 8.2, bersamaan dengan perilisan MacBook terbaru. Pembaruan sistem operasi ini membawa satu perubahan besar, yaitu dukungan untuk Apple Watch. Pembaruan sistem operasi yang dapat diunduh over the air disediakan untuk iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6 Plus, namun dikatakan seluruh iPhone generasi pertama dan iPod Touch generasi kelima juga bisa mengunduh pembaruan iOS versi 8.2 ini. Ini menjadi bukti bahwa perusahaan Apple tidak mengabaikan pengguna perangkat iOS versi lama yang mereka buat. 

Tips Agar Tidak Boros Baterai Pada iOS 8.2
Gambar : ykvir.com

Namun sangat disayangkan, untuk saat ini, setelah sistem operasi Apple diperbarui ke sistem operasi iOS versi 8.2 ini, hanya iPhone 5, iPhone 6, hingga iPhone 6 Plus saja yang dapat otomatis terhubung ke Apple Watch. Sementara untuk pengguna iPad, iPod, dan yang lainnya harus bersabar untuk saat ini. 

Read More

Pengguna iPhone yang telah terhubung dengan Apple Watch dapat melakukan pengaturan dan mengubah tampilannya antarmuka jam sesuai pilihan yang ada, mengatur aplikasi-aplikasi di layar utama jam tangan, dan lain sebagainya.

Pengguna juga mendapatkan HomeKit yang merupakan aplikasi pengendali alat-alat rumah tangga untuk perangkat khusus yang mendukung fungsi ini, dan ada juga Health App yang mendapat banyak perbaikan.

Di Health App, kamu dapat menjumpai perbaikan, seperti menambahkan pilihan ukuran suhu tubuh, berat badan, tinggi, jarak serta glukosa darah, meningkatkan stabilitas saat aplikasi digunakan menangani data berukuran besar, menambahkan fitur visualisasi sesi latihan dari aplikasi pihak ketiga, memperbaiki masalah yang membuat pengguna tidak bisa memasang foto pada medical ID, memperbaiki satuan ukur vitamin dan mineral, memperbaiki masalah yang membuat data health tidak dapat diperbarui, memperbaiki masalah grafis yang membuat beberapa data jadi tak terlihat, menambahkan pengaturan privasi yang bisa memadamkan fitur penghitung jumlah langkah, jarak, dan penerbangan.

Selain itu, akan ada peningkatan stabilitas aplikasi Mail dan kinerja VoiceOver dan konektivitas untuk alat bantu dengar di iPhone, serta perbaikan bug, seperti memperbaiki kekeliruan pada maps yang membuat pengguna tidak bisa melakukan navigasi ke tempat-tempat favorit, menangani masalah yang membuat kata terakhir pada opsi quick reply tidak bisa dibetulkan secara otomatis, memperbaiki masalah yang membuat pemutar musik atau playlist tidak tersinkronisasi secara otomatis dari itunes, memperbaiki masalah audiobooks yang tetap ada di dalam perangkat meski sudah dihapus, memperbaiki masalah yang dapat mengganggu suara panggilan yang disalurkan ke speaker mobil saat menggunakan fitur siri eyes free, memperbaiki masalah panggilan menggunakan bluetooth yang membuat tidak ada suara terdengar hingga telepon dijawab, memperbaiki masalah zona waktu yang membuat event pada calendar tampil dalam waktu gmt, menangani masalah yang menghilangkan event tertentu pada pengingat meeting yang diatur berulang, memperbaiki kesalahan pada sertifikat yang membuat pengguna tidak bisa mengatur akun exchange di balik gateway pihak ketiga, memperbaiki masalah yang membuat catatan meeting pada exchange bisa tertimpa catatan lain, dan memperbaiki masalah yang membuat sejumlah event pada calendar tidak bisa otomatis menunjukan tanda ‘sibuk’ setelah menerima undangan.

Memang cukup banyak perbaikan yang dibawa oleh iOS versi 8.2. Namun demikian, banyak pengguna yang mengeluhkan masalah pemakaian baterai yang boros. Bahkan seorang berkicau di Twitter, “DO NOT Download iOS 8.2. Kills ya battery quick,” katanya. 

Meski begitu, terkadang permasalahan tersebut bukan sepenuhnya disebabkan oleh iOS versi terbaru tersebut. Banyaknya aplikasi munkin saja yang menjadi penyebab borosnya pemakaian baterai tersebut.

Tips Agar Tidak Boros Baterai Pada iOS 8.2

Menonaktifkan iCloud Keychain

Kamu bisa menonaktifkan iCloud Keychain untuk menghemat baterai, jika kamu memang tidak menggunakan dan membutuhkannya. Untuk menonaktifkan iCloud Keychain, buka Settings > iCloud > Keychain, geser ke posisi Off.

Membatasi Background App

Penyegaran backgroud aplikasi memberikan pembaruan data, namun sangat boros baterai. Jika kamu tidak menggunakan dan membutuhkannya, sebaiknya kamu membatasinya. Kamu bisa menonaktikan penyegaran backgroud atau memilih aplikasi yang kamu perbolehkan melakukan Penyegaran backgroud. Caranya, buka Settings > General > Background App Refresh, geser ke posisi Off pada Backgroud App Refresh, atau di aplikasi yang tidak dinginkan.

Mengecek Aplikasi Pihak Ketiga

Banyak aplikasi dari pihak ketiga yang terkadang tidak kamu butuhkan, namun adanya aplikasi tersebut jika dibiarkan akan menjadi penyebab borosnya pemakaian baterai. Untuk melihat aplikasi yang mempengaruhi pemakaian baterai, caranya buka Setting > General > Usage > Battery Usage. Hentikan aktivitasnya di background,  atau bisa juga menghapusnya dari iDevice.

Auto Brightness

Sensor pada Auto Brightness memang mampu menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi dimana pengguna berada, namun sensor ini juga menjadi penyebab borosnya penggunaan baterai. Untuk itu, sebaiknya kamu beralih ke mode manual saja. Untuk menonaktifkan Auto Brightness, buka Settings > Display & Brightness > Auto Brightness > Off. Setelah beralih ke posisi manual. Kamu bisa mengubah tingkat kecerahan lewat Control Center.

Restart 

Lakukan reset pada perangkat, jika bodi ponselmu terasa panas. Kamu pun bisa melakukan resetting iDevice dengan menekan tombol Home dan Power bersamaan dan tahan selama 10 detik. Cara ini tidak akan menghilangkan data apapun, namun dapat membantu me-restore ke kondisi semula.

AirPlane Mode

Ada kalanya kamu mungkin akan berada pada situasi atau lokasi dimana sinyal tidak stabil. Jika sinyal sedang tidak stabil, biasanya ponsel akan terus bekerja keras melakukan pencarian sinyal dan akan menguras baterai lebih cepat. Untuk itu, sebaiknya nonaktifkan koneksi data atau beralih ke mode AirPlane. 

Reset All Settings

Selanjutnya, untuk menghemat baterai, kamu juga bisa me-reset semua pengaturan untuk melihat angka penggunaan dan standby baterai. Proses reset ini tidak akan menghapus satu pun data. Proses reset ini akan berlangsung lebih kurang 5 menit. Caranya, buka Settings > General > Reset > Reset All Settings. 

Downgrade iOS 8.1.3

Menggunakan iOS versi 8.1.3 mungkin akan lebih menghemat baterai ponselmu, dibanding menggunakan iOS versi 8.2. Untuk itu, kamu bisa melakukan downgrade dari iOS 8.2 ke versi 8.1.3. 

Cara agar tidak boros baterai yang sangat mudah, bukan? Kamu bisa menerapkan ini untuk membuat usia bateraimu lebih hemat. Selain itu, kamu pun tidak perlu lagi menyalahkan versi terbaru Apple yang kamu rasa menguras potensi baterai di ponselmu. Semoga artikel Ceritamedan ini bermanfaat. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *