Tips Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Mengendarai Sepeda Motor

  • Whatsapp

Salah satu hal yang paling fatal dalam kecelakaan lalu lintas adalah karena pengemudi mengantuk di jalan. Rasa jenuh mungkin menghantui pikiranmu saat berkendara sendiri. 

Tips Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Mengendarai Sepeda Motor

Sebelum melakukan perjalanan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kantuk saat di perjalanan

Pertama, pastikan tubuh terasa bugar sebelum berangkat. Kamu bisa mandi untuk menyegarkan tubuhmu. 

Kedua, Isi perutmu. Makan dan minumlah secukupnya sebelum mengemudi. Jangan banyak mengkonsumsi karbohidrat. Mengkonsumsi karbohidrat terutama nasi dan roti gandum,  berpotensi memicu rasa kantuk selama di perjalanan. Sebagai ganti karbohidrat selama perjalanan, makanlah buah atau coklat. Vitamin dalam buah tidak saja menyegarkan otot-otot dan menguatkan syarat motorik tetapi juga baik untuk menguatkan syaraf sensorik di tubuh. Atau kamu juga bisa mengonsumsi cokelat, karena mengandung zat fenol antioksidan yang mampu menangkal racun di dalam tubuh dan menjaga sel-sel otot tubuh termasuk syaraf motorik dan sensorik.

Ketiga, ketika berada di jalan, jangan biarkan dirimu larut dalam lamunan atau memikirkan hal-hal lain. Fokuskan daya konsentrasi pada perjalanan yang kamu tempuh. Perhatikan kondisi jalan, lingkungan sekitar, dan tentu saja rambu-rambu lalu-lintas.

Keempat, jika perjalanan yang kamu tempuh benar-benar jauh, cara paling efektif untuk menghindari kantuk adalah dengan meminum kopi, lalu tidur sebentar selama 15 menit. Tidur selama 15 menit membantu menjernihkan otak dari kandungan adenosine, sementara kafein butuh waktu 20 menit untuk bisa berpengaruh secara psikologis. 

Lantas, apa sajakah yang harus kamu lakukan bila kantuk tersebut menyerang saat kamu berada di perjalanan?

1. Istirahat sejenak. 

Jika rasa ngantuk sangat berat, jangan memaksakan diri untuk mengendarai sepeda motor. Selain untuk menjaga keselamatanmu, kamu juga harus menjaga keselamatan orang lain. Ada baiknya berhenti untuk istirahat sejenak. Gerakkan badanmu bila terasa kaku karena terlalu lama duduk di atas motor. Atau kamu juga bisa berhenti di warung kopi. Meminum  kopi panas untuk menghilangkan rasa mengantukmu.

2. Ajak teman yang dibonceng untuk ngobrol. 

Bila kebetulan kamu membonceng teman tau kekasih, ajak lah ia mengobrol. Ini bisa mengatasi bosanmu dan sunyi dalam perjalanan. Namun pastikan konsentrasimu tetap fokus saat mengendarai kendaraan. Jangan sampai terlalu asyik ngobrol malah membuatmu tidak waspada dalam berkendara.

3. Sekali-kali buka kaca helmmu. 

Kondisi muka tertutup dengan kaca helm sering membuat mata terasa lelah dan kekurangan udara. Oleh karena itu, sekali-kali buka kaca penutup helm untuk menyegarkan muka. Namun jangan terlalu lama dan sering, karena hal tersebut tidak aman bagi keselamatan pengendara. 

4. Mengunyah permen karet. 

Gerakan otot mulut dan sensasi rasa permen karet dapat meningkatkan daya konsentrasimu dalam mengendarai. Karena itu, selalu kantongi permen karet saat menempuh perjalanan jauh.

Demikian artikel singkat cara mengatasi rasa kantuk saat mengendarai sepeda motor dijalan raya yang ramai padat merayap.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *