Ini Dia Tanda Tubuh Kekurangan Serat

  • Whatsapp

Serat makanan merupakan bagian dari makanan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus. Serat adalah salah satu unsur zat yang penting dan diperlukan untuk tubuh. Jika tubuh kekurangan serat, maka kondisi kesehatan pun bisa terganggu. 

Tanda Tubuh Kekurangan Serat

Read More

Serat berfungsi memperbesar volume makanan tanpa meningkatkan kandungan kalori serta menimbulkan rasa kenyang, menyerap air dan membentuk gel kental selama proses pencernaan, memperlambat pengosongan perut dan waktu transit pencernaan, melindungi karbohidrat dari enzim pencernaan, dan memperlambat penyerapan glukosa, meurunkan kadar kolesterol secara total dan kadar LDL, mengatur gula darah, memperlancar jalannya makanan dalam sistem pencernaan, menambah massa ukuran tinja, menyeimbangkan pH pencernaan dan merangsang fermentasi pencernaan untuk memproduksi asam lemak yang lebih sederhana.

Idealnya, seseorang diharuskan mengkonsumsi 40 gram serat per hari. Namun rata-rata orang hanya mengkonsumsi 15 gram saja perharinya. Padahal serat sangat penting untuk tubuh seseorang. Serat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, mencegah diabetes karena memperlambat penyerapan gula di dalam kadar darah, melancarkan pencernaan, mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dan Menurunkan berat badan.

Beberapa Tanda Kalau Tubuh Anda Kekurangan Serat

Kolesterol Tinggi

Serat mampu menyerap zat berbahaya yang dapat menambah kolesterol jahat. Kurangnya serat larut dalam tubuh bisa meningkatkan angka kolesterol jahat dalam tubuh. Asupan tinggi serat larut dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam kolesterol total dan LDL hingga 60-70%.

Sulit Buang Air Besar

Kekurangan serat membuat sistem pencernaan bergerak lebih lambat. Hal inilah yang membuat seseorang jadi sulit untuk buang air besar atau juga disebut dengan sembelit. Banyak orang yang mengalami masalah pencernaan, sehingga membuatnya susah untuk buang air besar. Hal ini bisa jadi dikarenakan kurangnya asupan serat setiap harinya.Sulit buang air besar atau sembelit menjadi tanda pasti bahwa Anda tidak memiliki cukup serat di dalam tubuh. Sulit buang air besar atau sembelit atau konstipasi merupakan sinyal dari tubuh yang mengatakan bahwa Anda kekurangan serat. 

Kadar Kolesterol Tinggi 

Serat larut mempunyai peranan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, yang biasanya memicu terjadinya penyakit kardiovaskular. Kolesterol erat kaitannya dengan serat. Saat serat berjalan melalui seluruh tubuh, serat tersebut akan mengangkut kolesterol yang pada dasarnya melalui alur yang sama. 

Kegemukan dan Buncit

Kesulitan buang air besar erat kaitannya dengan perut buncit. Kolesterol jahat yang tidak dikeluarkan dari tubuh menjadi timbunan lemak penyebab kegemukan dan buncit.

Merasa Lapar 45 Menit Setelah Makan 

Serat pada saluran pencernaan bekerja lebih lambat dan memicu lapar bahkan 45 menit setelah makan. Jadi, saat Anda tetap merasa lapar setelah lebih dari setengah jam Anda makan, juga merupakan tanda tubuh kekurangan serat. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *