Tips Memanjangkan Bulu Mata dengan Cara Alami

  • Whatsapp

Bulu mata yang panjang dan lentik dipercaya menambah kesan cantik dan anggun pada seorang wanita. Sebetulnya, untuk memiliki bulu mata yang panjang tidaklah sulit. Saat ini, banyak sekali produk-produk kecantikan yang  yang  dapat membuat bulu mata lebih panjang. Selain menggunakan produk kecantikan, umumnya wanita menggunakan bulu mata palsu dan maskara. 

Tips Memanjangkan Bulu Mata dengan Cara Alami

Selain menggunakan produk-produk kecantikan, bulu mata palsu, dan maskara, dengan menggunakan bahan-bahan alami pun kamu juga dapat melebatkan bulu mata secara alami. Selain tidak memiliki risiko negatif, bahan-bahan alami lebih mudah ditemukan dan harganya relatif murah.

Memanjangkan Bulu Mata dengan Cara Alami

Rajin menyikat bulu mata

Dengan menyikat bulu mata setiap hari, maka bulu akan selalu rapi, dan juga terhindar dari debu atau kotoran yang menempel. Menyikat bulu mata secara rutin akan membuat bulu mata senantiasa rapi dan lebih lentik. Sikatlah bulu mata hanya dengan menggunakan sikat yang khusus untuk bulu mata. Maka bulu mata akan tumbuh panjang dengan alami dan juga terawat.

Membersihkan bulu mata secara teratur

Membersihkan bulu mata secara teratur adalah salah satu cara alami untuk memanjangakan bulu mata. Membersihkan bulu mata dapat dengan menggunakan shampoo bayi agar tidak pedih di mata. Selain itu, jangan menggunakan make up secara berlebihan. Terlalu sering menggunakan maskara justru dapat membuat bulu mata rentan rontok dan patah. Sebaiknya cukup gunakan make up secukupnya dan selalu membersihkannya sebelum tidur atau istirahat untuk menghindari iritasi kulit dan jerawat.

Vitamin E

Vitamin E dapat membuat bulu mata tumbuh sehat dan kuat. Banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin E, seperti almond, bayam, slada, biji bunga matahari, hazelnut, kacang pinus, alpukat, brokoli, dan lain sebagainya, tentu dapat membantu usahamu untuk memanjangkan bulu mata. Di samping mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, kamu juga bisa mengoleskan suplemen yang mengandung vitamin E langsung ke bulu mata. Gunakan sisir bulu mata saat melakukannya, agar bulu mata tidak rontok.

Santan

Santan sudah populer sejak dahulu kala yang dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut. Santan juga dipercaya mampu melebatkan bulu mata. Untuk melakukan perawatan, kamu hanya perlu sedikit santan, aplikasikan ke kulit di bulu mata dan bulu mata. Hati-hati agar tidak menetes ke mata karena akan menyebabkan pedih di mata. Diamkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Atau kamu juga bisa mendiamkannya selama semalaman. Lakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Lidah buaya

Lidah buaya terkenal dapat menyuburkan rambut, tidak terkecuali bulu mata. Caranya, ambil satu buah batang sirih yang agak kecil, atau barang lain yang dapat membantu mengoleskan gel lidah buaya ke bulu mata, lalu celup ke dalam gel lidah buaya, kemudian oleskan di bulu mata. Tunggu selama 10 sampai15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Lakukan cara ini secara rutin pada pagi dan malam hari.

Kemiri

Biji kemiri memiliki kandungan yang dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut, tidak terkecuali bulu mata. Kamu sebaiknya melakukan perawatan pada malam hari. Caranya dengan membakar kemiri hingga hitam, kemudian menumbuknya hingga menjadi serpihan halus. Oleskan pada bulu mata sebelum tidur. Hati-hati saat mengoleskannya agar serbuk tidak melukai mata. 

Teh

Teh juga dipercaya bisa menyehatkan dan menyuburkan bulu mata dengan alami. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membuat sirkulasi darah ke rambut atau bulu mata menjadi lebih baik, dan membuat pertumbuhannya menjadi lebih cepat dan sehat. Gunakan teh yang sudah diembunkan semalaman. Untuk mempermudah proses, gunakan kapas yang dililitkan dengan lidi atau sebuah batang kecil, lalu celupkan ke dalam teh kemudian oleskan di bulu mata. Lakukan hal itu dengan rutin pada pagi dan malam hari sebelum tidur. 

Telur udang

Jika kamu tahan dengan bau amis, kamu bisa mencoba dengan menggunakan telur udang untuk memanjangkan bulu mata. Caranya, hancurkan telur udang dan oleskan pada bulu mata. Lakukan cara ini setiap satu kali sehari.

Minyak zaitun

minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk kecantikan. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat, termasuk memanjangkan bulu mata. Minyak zaitun dapat meningkatkan proses pertumbuhan rambut dan bulu mata, juga dapat menyehatkan kondisi kulit di daerah bulu mata atau rambut. Cukup oleskan minyak zaitun pada bulu mata. Ada baiknya untuk mengoleskan minyak zaitun pada malam hari sebelum tidur dan membilasnya di pagi hari.

Vaseline

Memanjangkan mata dengan Vaseline merupakan cara klasik. Gunakan vaselin secara teratur, namun usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kecantikan dan dokter mata agar lebih aman.

Minyak Kastor

Sama seperti halnya minyak zaitun, minyak kastor juga bisa membantu menebalkan bulu mata yang tipis. Pakailah minyak kastor ini pada bulu mata di malam hari sebelum tidur, lalu bersihkan keesokan paginya dengan air hangat.

Susu Murni

Susu murni dapat memutihkan dan melembutkan kulit, juga bisa membuat bulu mata menjadi lebih panjang dan tebal. Caranya, gosok-gosok bulu mata dengan susu murni ini lalu diamkan dan cuci dengan air bersih

Air kelapa

Selain memanjangkan bulu mata, air kelapa muda dapat membuat wajah menjadi bersih dan halus.  Caranya, gunakan air kelapa untuk cuci muka. Lakukan dengan rutin. 

Telur

kamu dapat melakukan cara alami menumbuhkan bulu mata dengan memanfaatkan kuning telur. Aplikasikan kuning telur pada bulu mata dan kulit di sekitarnya, diamkan hingga mengering. Setelah itu bilas dengan mencuci muka menggunakan air hangat dan sabun. Lakukan proses ini 3 hingga 4 kali dalam seminggu. 

Kulit Apel

Buah apel kaya akan polifenol, yang dapat memerangi masalah bulu mata yang rontok. Kulit apel dapat menjadikan bulu mata lebih sehat dan bernutrisi. Haluskan kulit apel, lalu aplikasikan pada bulu mata, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan mencuci muka menggunakan air hangat dan sabun. Lakukan proses ini 3 hingga 4 kali dalam seminggu. 

Daun Sirih

Daun Sirih sangat berguna sekali untuk melentikan bulu mata. Selain lentik, bulu mata juga akan terlihat lebih tebal dan cantik. Yang digunakan hanya tangkai daun sirihnya. Caranya tangkai daun sirih lalu melentik lentikan bulu mata. Agar lebih bagus cobalah celupkan batang daun sirih tadi pada gel lidah buaya. atau bisa juga dengan cara menumbuk daun sirih ditambah sedikit lidah buaya dan aplikasikan pada bulu mata.

Bulu mata memang menjadi salah faktor untuk penambah kecantikan bagi kaum wanita. Tidak heran, jika saat ini banyak sekali wanita yang mendambakan untuk memiliki bulu mata yang panjang dan lentik.(CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *