Manfaat Minum Susu

  • Whatsapp

Manfaat Minum Susu – Susu merupakan salah satu nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan tulang karena kalsiumnya lebih mudah diserap oleh tubuh. Susu adalah sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi tubuh orang dewasa, sekaligus andalan bagi pertumbuhan anak-anak. 

Manfaat Minum Susu

Read More

Susu mengandung banyak vitamin B12 yang berperan untuk pembentukan sel darah merah, kalsium untuk kekuatan tulang, karbohidrat untuk energi optimal, magnesium untuk pembentukan otot, fosfor untuk menyimpan dan mengeluarkan energi, kalium untuk sistem saraf yang baik, protein untuk pertumbuhan dan proses penyembuhan, riboflavin untuk kesehatan kulit, dan zinc untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagi orang dewasa, susu bersifat menidurkan. Itulah mengapa bagi orang dewasa minum susu dikatakan baik saat menjelang tidur. Susu mengandung asam amino tryptophan yang dapat menenangkan saraf dan melemaskan otot, maka minum susu dianjurkan pada malam hari. Sebab, susu dapat membuat proses relaksasi tubuh menjadi lebih cepat sehingga kualitas tidur jadi lebih baik. Enzim penyerap susu pada orang dewasa yang makin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Selain sudah lebih beragam menu yang dikonsumsi, kondisi pencernaan orang dewasa tidak lagi sama dengan anak-anak. Lambung sebaiknya tidak sedang kosong , agar susu diserap sempurna oleh tubuh. Penyerapan susu berkurang apabila lambung kosong. Suhu susu saat diminum hendaknya tidak terlampau panas. Terbaik pada kisaran 20-30 derajat Celsius.

Sementara bagi anak, susu diberikan sepanjang hari, tidak terikat waktu, karena susu merupakan menu utama. Saat lambung sedang kosong, atau sudah diisi makanan padat, susu tetap diberi waktu untuk diminum kapan saja, karena sistem tubuh dan kebutuhan anak berbeda dengan orang dewasa.

Susu mengandung asam amino Triptofan. Triptofan berfungsi untuk menghasilkan melatonin atau hormon perangsang tidur, serotonin (suatu transmiter pada sistem saraf) dan niasin atau vitamin B2. Kadar tertinggi serotonin terjadi saat seseorang sedang terjaga dan aktif. Sebaliknya, hampir tidak ada tanda serotonin ketika seseorang memasuki fase tidur paling dalam.Selama tidur, kadar melatonin dalam tubuh akan meningkat tajam. Produksi melatonin didukung oleh serotonin. Ketika terang, produksi serotonin akan meningkat, sedangkan saat kondisi gelap, sintesis melatonin yang meningkat. Begitulah keduanya hormone ini bekerja dalam memelihara siklus tidur.

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Sebenarnya, minum susu bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang, atau malam. Tidak ada batasan waktu kapan tepatnya minum susu. Namun demi penyerapan terbaik, dan untuk keperluan apa susu diminum, perlu memilih waktu yang tepat kapan saatnya susu diminum.

Pada malam hari osteoklas atau sel-sel penghancur tulang tidak bekerja. Pada malam hari aktivitas juga tidak banyak sehingga kalsium susu terserap optimal. Kerja kalsium terutama malam hari. Itulah mengapa untuk meningkatkan penyerapan kalsium mengkonsumsi susu sebaiknya pada malam hari sebelum tidur.

Susu mengandung zat gizi yang tinggi, yaitu kalsium, protein, karbohidrat, lemak, vitamin, magnesium, kalium, seng, fosfor, vitamin, dan mineral. Itulah mengapa susu adalah sumber nutrisi harian yang sangat baik. Dengan minum susu setiap hari, tubuh akan mendapatkan nutrisi yang cukup.

Manfaat Susu bagi Orang Dewasa dan Anak-Anak

1. Sumber tenaga

Susu adalah sumber tenaga. Kandungan karbohidrat dan lemak dalam susu merupakan sumber energi yang baik. 

2. Memulihkan otot

Susu mengandung protein, yang membantu untuk membangun kembali otot. Minum segelas susu setelah habis berolahraga, maka tubuh akan mendapatkan protein untuk memulihkan otot setelah beraktifitas. Susu juga akan membantu untuk menambah cairan yang hilang karena latihan. 

3. Penguat tulang dan gigi

Susu mengandung kalsium, yang sangat berguna untuk menguatkan tulang dan gigi seseorang. Kalsium di dalam susu merupakan zat yang paling penting untuk kesehatan tulang. Kalsium tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak, namun demikian juga pada orang dewasa sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya resiko osteoporosis. Kalsium juga membantu menjaga gigi tumbuh dengan sehat dan mencegahnya berlubang.

4. Mengurangi berat badan

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa minum susu membuat seseorang menjadi gemuk. Tapi sebenarnya, susu dapat membantu dalam menurunkan berat badan, dan membantu pembentukan otot. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu skim, dapat menurunkan berat badan lebih dari mereka yang tidak mengkonsumsi susu. 

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Susu bisa dijadikan sebagai minuman pembuka yang baik dengan semua kandungan nutrisi di dalamnya. Bagi yang sering terlambat makan, kamu bisa mengawalinya dengan segelas susu hangat agar kesehatan pencernaan tetap terjaga meski kamu telat makan. Susu memiliki sifat yang dapat menunda rasa lapar, bila kamu tidak sempat makan.

6. Mengobati insomnia

Minum susu dapat bermanfaat lebih menenangkan dan menjadikan cepat tidur. Hal ini tentu baik bagi orang dewasa yang mengeluhkan insomnia.

7. Mengurangi stres

Bagi orang dewasa, dengan meminum susu, bisa membuat ketenangan pada sistem saraf yang lelah setelah beraktivitas seharian. Segelas susu hangat dapat meredakan ketegangan otot dan syarat, selain mempermudah untuk segera terlelap, juga dapat mengurangi stress.

8. Meningkatkan energi saat PMS

Susu baik dikonsumsi saat para wanita sedang PMS untuk meningkatkan energi. Wanita yang lebih banyak mendapatkan kalsium dan vitamin D sepanjang bulan dengan minum susu skim atau susu rendah lemak memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan PMS.

9. Mempengaruhi kesuburan seorang wanita

Wanita yang mengkonsumsi lebih dari satu porsi susu tinggi lemak sekitar 25%, lebih kecil kemungkinannya untuk menderita masalah ovulasi dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit meminum susu dalam seminggu.

10. Kondisioner alami rambut

Susu baik untuk perawatan rambut alami. Kandungan enzim pada susu dan protein nabati, menjadikan susu bagi digunakan sebagai kondisioner. Tuangkan 1/8 cangkir susu pada rambut setelah keramas, lalu bilas air dengan rambut sampai bersih.

11. Kecantikan kulit

Mandi susu dapat membantu kulitnya agar tetap lembut, kenyal dan bercahaya. Susu memiliki beberapa nutrisi yang membantu kulit untuk terlihat terbaik. Susu mengandung asam laktat yang dapat bertindak sebagai exfoliant yaitu enzim yang membantu untuk kulit agar halus. Susu juga mengandung asam amino yang akan membantu melembabkan kulit. Susu juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit dari racun lingkungan. Namun jika kamu memiliki alergi terhadap susu atau produk susu, susu justru dapat memperburuk kulitmu.

12. Mempercepat pertumbuhan tulang, gigi, kuku, dan rambut

Susu penuh dengan nutrisi penting yang akan menunjang pertumbuhan tulang, gigi, kuku dan rambut yang baik. Jika seseorang memiliki kebiasaan minum susu sejak dini, tentu akan sangat membantu tumbuh tinggi dan kuat. 

13. Menghindari dehidrasi

Susu juga berperan menggantikan cairan tubuh yang hilang sekaligus menyuplai vitamin dan mineral pada tubuh ketika kamu melakukan banyak aktivitas.

14. Mencegah kanker usus

Kalsium pada susu sudah terbukti bisa menghambat perkembangan adenoma atau semacam tumor ganas yang biasa menimpa usus besar (kolon) sehingga dapat mencegah terjadinya kanker usus.

15. Menghilangkan noda di pakaian

Selain untuk kesehatan tubuh, susu ternyata ampuh untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian. Caranya, pisahkan baju yang terkena noda, kemudian bagian baju yang terkena noda tinta, dicelupkan dulu pada susu sebelum dicuci.

16. Menutup retakan porselen

Ketika porselen di rumahmu retak, jangan langsung membuangnya dulu, karena susu dapat membantu merekatkan polselen yang retak. Caranya, rendam porselen yang retak di dalam susu, kemudian panaskan hingga hangat. Setelah itu, matikan api dan tunggu selama semalam. 

Meski baik untuk kesehatan, sebisa mungkin hindari minum susu setelah atau bersamaan dengan mengonsumsi makanan pokok. Karena kandungan kalsium dalam susu dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi yang berasal dari makanan yang dimakan, akan menghambat penyerapan kalsium, atau sebaliknya. Susu yang diminum akan kekurangan khasiatnya akibat zat besi dalam makanan tersebut. Demikian manfaat minum susu ini dibuat, semoga para pembaca Cerita Medan mendapatkan manfaat dari ulasan artikel diatas.(CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *