Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Manfaat Minum Kopi – Kopi merupakan minum yang banyak dikonsusmsi di pagi hari untuk meningkatkan stamina dan energi tubuh. Kopi mempunyai kandungan kafein dan senyawa antioksidan dengan jumlah yang memang boleh dibilang cukup banyak. Dengan adanya senyawa tersebut, minum kopi memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Terutama untuk antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Read More

Kafein di dalam kopi dapat membuat otak tetap hidup dan terjaga untuk memproses perintah dari bagian tubuh lain. Kopi merupakan satu-satunya minuman kesehatan yang mengandung kafein, asam hidroksisitrat, dan kromium. Kegunaan zat-zat tersebut adalah meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30%. 

Khasiat meminum kopi yang paling populer dan pasti anda tahu adalah menghilangkan rasa ngantuk.

1. Mengurangi rasa sakit kepala

Kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat.

2. Mencegah batu ginjal

Peneliti di Harvard menemukan bahwa bagi wanita yang mengkonsumsi empat cangkir kopi sehari, akan mengurangi risiko sekitar 25% lebih rendah terkena penyakit batu ginjal. Selain itu, penelitian yang lainnya juga pernah melakukan hal tersebut sebelumnya dan ternyata hasilnya adalah sama dengan apa yang telah dilakukan para peneliti Harvard.

3. Mengurangi Risiko Serangan Stroke.

Dalam sebuah penelitian melalui studi kasus terhadap sejumlah wanita telah menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi dalam standar konsumsi yang baik, ternyata memiliki risiko lebih rendah terhadap serangan stroke daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal tersebut didukung dengan sebuah hasil penelitian lain yang telah dilakukan di Finlandia yang membenarkan hasil studi kasus tersebut.

4. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidannya yang cukup tinggi yang mana senyawa tersebut terdapat dalam kopi ternyata mampu mencegah tumbuhnya berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang terhadap sejumlah wanita, menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi 2 cangkir dalam sehari beresiko 25% lebih rendah terhadap serangan kanker usus besar.

5. Mencegah Risiko Kanker Mulut dan Melindungi Gigi

Senyawa yang terdapat didalam kopi dapat bermanfaat untuk mencegah kanker mulut dan membatasi pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu saja, ternyata kopi juga memiliki sifat anti bakteri dan juga anti perekat yang sangat baik sekali untuk memungkinkan menyembuhkan gigi dari berbagai masalah kesehatan mulut, seperti gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi pada bagian gusi.

6. Mengurangi Risiko Liver

Minum kopi juga telah teruji mampu mencegah sirosis hati dan beberapa penyakit hati lainnya, seperti mengurangi risiko penyakit liver. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan serta kandungan kafein yang terdapat dalam setiap biji kopi.

7. Mencegah Depresi

Minum kopi secara teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat merangsang indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 lalu, menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi dua atau tiga cangkir kopi setiap hari, setiap hari, 15% lebih rendah untuk memiliki risiko terkena depresi. Sementara bagi wanita yang mengkonsumsi empat gelas kopi setiap hari, 20% lebih rendah untuk terkena depresi.

8. Mempertajam Ingatan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 lalu oleh Radiological of North America, ditemukan bahwa mengkonsumsi dua kopi berkafein dapa membantu meningkatkan ingatan dalam jangka panjang atau pun pendek dengan kecepatan reaksi seseorang. Uniknya, hal tersebut hanya dapat berlaku bagi wanita saja dan tidak berlaku untuk kaum pria.

9. Mengurangi Rasa Sakit Kepala

Kandungan kafein yang terdapat didalam kopi dapat mengurangi penderita sakit kepala. Hal tersebut membuktikan bahwa penderita sakit kepala atau migrain ringan telah terbukti dapat disembuhkan dengan meminum kopi pekat.

10. Meningkatkan Metabolisme

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme, terutama bagi wanita. Selain itu, kopi juga dapat membantu sahabat untuk menjaga atau menurunkan berat badan yang berlebih.

11. Pembangkit Stamina dan energi ekstra

Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh bersaing dengan fungsi adenosin dalam tubuh kita. Adenosin sendiri merupakan senyawa yang terdapat dalam sel otak berfungsi membuat orang cepat tertidur. Kandungan kafein dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk dan muncul perasaan segar, mata terbuka lebar, detak jantung lebih kencang, naiknya tekanan darah.

Walau bermanfaat bagi kesehatan, efek minum kopi rutin menyebabkan gigi berwarna kuning dan nafas menjadi berbau tidak sedap. Seorang yang telah candu yang meminum kopi dalam jangka waktu tertentu akan mengalami migrain atau sakit kepala sebelah saat tidak mengonsumsinya. Untuk itu, penting bagi kita untuk membatasi diri dalam mengonsumsi kopi. Konsumsilah hanya secangkir kopi di pagi hari atau cukup konsumsi 2 cangkir kopi dalam sehari, agar terhindar dari bahayanya. Dan bagi yang memiliki masalah dengan lambung, sebaiknya mengkonsumsi kopi setelah makan, buatlah kopi rendah gula dan sebisa mungkin lebih encer. Minum kopi maksimal 1-2 cangkir perhari untuk mendapatkan porsi yang ideal dalam menjaga kesehatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *