Ternyata Air Cucian Beras Juga Bermanfaat Untuk Kulit

  • Whatsapp

Beras merupakan bahan makanan pokok bagi banyak warga dunia, khususnya Indonesia. Sebagai makanan pokok, beras biasanya diolah menjadi nasi. Sebelum di masak menjadi nasi atau bahan makanan lain, biasanya beras dicuci terlebih dahulu untuk membersihkan beras dari segala kotoran yang menempel. Sebelumnya mungkin kamu akan berpikir untuk membuang air cucian beras tersebut. Namun ternyata selain beras itu sendiri, air beras juga kaya akan kandungan yang hampir sama dengan beras. 

Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kulit
Gambar : manfaatkhasiat.com

Beras memiliki kandungan zat oryzanol yang dipercaya mampu memperbarui pembentukan pigmen melanin serta menetralisir dampak buruk sinar ultraviolet.

Read More

Beras juga dipercaya dapat menghaluskan kulit, membersihkan kulit, memutihkan kulit, hingga menguatkan rambut. Dengan manfaat tersebut, tidak heran jika banyak sekali produk kecantikan yang di dalamnya terkandung air beras, seperti kosmetik tabir surya, lotion kulit, perona bibir, bedak, kondisioner rambut, dan produk kecantikan lainnya.

Air beras juga berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaran darah di wajah, sekaligus sebagai antioksidan bagi kulit. Untuk mendapatkan air beras tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mencuci beras dan memisahkan airnya ke dalam wadah bersih. Cucilah beras yang telah dimasukkan pada wadah dengan air, lalu saringlah air cucian beras dengan saringan pada wadah untuk menyimpan air beras. Kemudian masukkan air beras yang telah disaring ke dalam botol atau wadah. Diamkan hingga mengendap, dan pakailah endapan air beras tersebut sebagai masker. Untuk penggunaan air beras, batas waktu pemakaian adalah 1 minggu dari pembuatan jika air beras disimpan dalam kulkas. 

Manfaat Air Beras Untuk Kulit

Membersihkan Wajah

Air beras mengandung inositol yang membantu pembentukan sel dan memperlambat penuaan dini. Air beras bisa digunakan untuk membersihkan wajah, dengan cara celupkan kapas pada air beras yang telah diendapkan tadi, lalu tepuk-tepukkan pada daerah wajah yang ingin kamu bersihkan. Lakukan dua kali sehari.

Menghaluskan Kulit

Tanpa kosmetik mahal, kamu bisa mendapatkan kulit halus dan cerah. Caranya adalah dengan berendam menggunakan air beras selama 15 menit. Lakukan secara rutin dua kali sehari, kulit akan menunjukkan perbaikan sebanyak 20 % setelah beberapa minggu. Mandi air beras bermanfaat untuk menghilangkan kuman dan noda hitam di kulit.

Perawatan Rambut

Nutrisi yang terdapat dalam air beras berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan protein dalam beras dapat membantu menguatkan rambut dan memperbaiki rambut yang rusak. Caranya, setelah menggunakan shampo, cuci rambut dengan air beras dan biarkan beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Ini akan membuat rambut sehat berkilau dan tampak indah.

Mengobati Diare

Air cucian beras juga bisa dijadikan air tajin untuk digunakan mengobati diare bayi atau balita. Namun air beras perlu dimasak terlebih dahulu sampai mendidih. Air tajin berkhasiatnya lebih baik dari oralit disebabkan mengandung glukosa polimer yang mudah diserap, serta kadar glukosanya yang cukup tinggi bisa mempermudah penyerapan elektrolit. Air tajin juga terdapat kandungan protein sekitar 7-10 %.

Nah, banyak sekali bukan manfaat dari hal-hal yang bahkan kita anggap tidak penting. Air cucian beras yang biasa dibuang ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, khususnya kecantikan kulit. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *