Kenapa Anda Harus Investasi di Reksadana

  • Whatsapp

Kenapa Anda Harus Investasi di Reksadana? Berikut ini ulasan singkat dari Rio Quiserto, Pengelola Blog Duwitmu. Beliau akan menjelaskan bagaimana cara berinvestasi yang mudah, aman, murah dan return tinggi.

Read More

Reksadana adalah salah satunya. Sayangnya, masih banyak yang belum melirik Reksadana sebagai alat berinvestasi. Bagi banyak orang mencari alat investasi yang tepat tidaklah mudah. Banyak keterbatasan –keterbatasan yang dihadapi. 

Yang paling  umum  adalah soal waktu. Fokus dan waktu terserap ke pekerjaan, sementara waktu luang di akhir pekan dimanfaatkan untuk aktivitas santai dengan keluarga. 

Keterbatasan lain adalah jumlah simpanan atau tabungan relatif terbatas. Akibatnya, sulit untuk bisa berinvestasi di properti. Modal investasi di properti cukup besar. 

Dengan kondisi keterbatasan tersebut, yang umumnya dihadapi oleh banyak orang, apa instrumen investasi yang bisa memberikan solusi. Solusi dalam hal : 

• Tidak butuh dana besar untuk mulai berinvestasi

• Memberikan keuntungan relatif tinggi

• Mudah dibeli dan dijual.

Apa itu Reksadana

Reksadana adalah instrumen investasi yang bisa memberikan ketiga solusi diatas. Apa itu ? Mudahnya, kita mengumpulkan dana bersama-sama dengan investor lain yang nantinya dana tersebut dikelola oleh professional, sesuai kebijakan investasi yang disepakati, yaitu Manajer Investasi. Penyimpanan dan pencatatan dana dilakukan oleh pihak independen dari Manajer Investasi, yaitu kustodian, yang umumnya adalah bank. 

Dimana Reksadana menempatkan dananya? Itu tergantung kebijakan investasi yang sudah disepakati dengan Manajer Investasi. Bisa di saham, obligasi, pasar uang dan lain – lain.

Keuntungan Reksadana

Apa keuntungan berinvestasi di Reksadana ?

Pertama, Reksadana memberikan kesempatan uang Anda dikelola secara professional oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi melakukan analisa dan memutuskan instrumen apa yang paling menguntungkan dan tepat untuk dibeli. 

Manajer investasi harus punya ijin dan sertifikasi. Mereka adalah pihak yang punya pengalaman dan skill mengelola investasi. 

Ini sangat cocok buat Anda yang punya keterbatasan waktu dan pengalaman mengelola investasi. Ada ahli yang membantu Anda.

Kedua, Reksadana memberikan akses ke instrumen pasar modal, yaitu saham dan obligasi. 

Kenapa saham itu penting ? 

Karena saham adalah investasi  dengan return paling tinggi. Jadi Anda harus sebisa mungkin berinvestasi saham. 

Kalau hanya bersandar pada tabungan atau deposito, yang tingkat keuntungannya jauh dibawah saham atau obligasi, pertumbuhahn simpanan Anda tidak akan cukup cepat mengejar kencangnya laju kenaikkan biaya sekolah maupun biaya hidup. 

Dibandingkan bermain saham secara langsung di bursa, Reksadana menawarkan kemudahan. Bermain saham membutuhkan fokus dan konsentrasi, harus ada dedicated waktu untuk melakukan analisa dan memantau perkembangan perusahaan serta harga saham. Anda punya waktu tidak untuk melakukan ini semua.

Buat yang sibuk, Anda tidak ada waktu untuk melakukan analisa tersebut. Lebih baik serahkan ke professional saja, yaitu manajer investasi melalui Reksadana untuk mengelola hal tersebut.

Ketiga, Reksadana melakukan diversifikasi investasi secara efektif. Karena dana yang dikelola oleh Reksadana relatif besar. 

Diversifikasi adalah kunci mendapatkan keuntungan yang optimal karena dengan diversifikasi resiko bisa dikelola dengan baik. Diversifikasi memberikan keleluasaan untuk memilih saham – saham dari industri yang berbeda – beda atau saling berlawanan, sehingga jika suatu industri jatuh maka industri lain naik, dengan begitu net effect-nya bisa netral atau bahkan positif.

Contohnya seperti ini, untuk membeli satu lot saham (500 lembar), Anda membutuhkan dana yang tidak sedikit. Supaya diversifikasi bisa efektif, Anda harus membeli beberapa saham. Artinya, Anda butuh dana besar supaya bisa membeli beberapa saham. 

Di Reksadana, Anda tidak perlu khawatir dengan keterbatasan dana. Karena ini adalah kumpulan dana dari berbagai investor, Reksadana bisa membeli berbagai saham.  

Keempat, Reksadana sudah membuka “pintunya” lebar – lebar bagi investor retail. Buktinya, cukup dengan 100
ribu sudah bisa mulai berinvestasi di Reksadana. 

Ini jelas jumlah yang sangat terjangkau. Jumlah ini bahkan lebih kecil dari jumlah minimum membuka deposito di bank. Dengan jumlah modal awal yang kecil, kita lebih punya keleluasaan berpartisipasi berinvestasi di saham atau obligasi melalui reksadana. 

Berbeda sekali kalau anda bermain saham secara langsung di bursa, bisa dipastikan jumlah yang disiapkan jauh lebih besar. Jadi jangan khawatir tidak bisa membuka reksadana. Aksesnya luar biasa mudah saat ini.

Kesimpulan

Dengan segala kemudahannya berinvestasi, Reksadana adalah keharusan dalam rencana investasi. Itu harus menjadi bagian dalam rencana keuangan keluarga. Ingin tahu lebih jauh lagi, simak Seluk Beluk
Investasi Reksadana
. Silahkan mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *