Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

  • Whatsapp

Manfaat Jeruk Nipis – Jeruk nipis adalah tanaman dengan seribu manfaat. Jeruk nipis atau limau nipis memiliki nama latin Citrus aurantifolia. Tumbuhan perdu ini, menghasilkan buah dengan nama yang sama. Jeruk nipis atau limau nipis biasanya berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3 sampai 6 cm, memiliki rasa asam dan pahit, rasanya serupa dengan lemon. 

Manfaat Jeruk Nipis

Read More



Jeruk nipis biasanya dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan, seperti pada soto, dan menghilangkan amis pada ikan. Meskipun rasanya asam, tapi sesungguhnya jeruk nipis mempunyai sifat membasakan tubuh. Bahkan pada penderita maag sekalipun, jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menetralkan asam lambung.

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain digunakan untuk penyedap makanan jeruk nipis bisa menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain: ambeien, amandel, anyang-anyangan, batuk, batuk disertai influenza, bau badan, batu ginjal, difteri, demam, haid tidak teratur, jerawat, radang tenggorokan, tekanan darah tinggi, sakit gigi, pegel linu, terkilir, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, kandungan vitamin C jeruk nipis serta antioksidan yang tinggi sangat bermanfaat bagi kulit wajah. Jeruk nipis bermanfaat untuk kecantikan, antara lain: menghilangkan jerawat, membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut dan berkilau, dan dapat menghilangkan ketombe.

Jeruk nipis mengandung minyak limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kambuhnya batu ginjal pada pasien pasca operasi.

31 Khasiat Jeruk Nipis

1. Mengobati atau menetralkan asam lambung 

Dalam banyak kasus maag, penyebabnya adalah asam lambung yang tidak seimbang. Nah, jeruk nipis tidak akan menjadi asam di dalam lambungnya, namun justru berubah menjadi alkali yang akan menetralkan asam lambung. Untuk menetralkan asam lambung, siapkan 5 buah jeruk nipis kemudian cuci hingga bersih. Potong-potong jeruk nipis kemudian buang bijinya. Blender halus potongan jeruk nipis tersebut beserta kulitnya, seperti jus. Minum jus jeruk nipis tersebut 1 gelas ketika bangun pagi sebelum sarapan. Lakukan rutin hingga satu minggu berturut-turut, dan ulangi sesekali jika ada tanda-tanda gejala asam lambung muncul.

2. Membersihkan hati atau liver

Air jeruk nipis yang diminum setiap pagi itu dapat membersihkan hati atau liver. Selain membersihkan hati, jeruk nipis merupakan vitamin c alami dosis tinggi. Dengan mengonsumsinya, kamu tidak perlu lagi suplemen lainnya.

3. Membantu mengangkat sel kulit mati

Kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) dalam buah jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel kuliat mati yang ada di wajah. Kulit yang bersih dapat membuat pori-pori bernapas lebih bebas, mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat, dan menjaga elastisitas kulit. Untuk hasil maksimal, gunakan air jeruk nipis murni dan oleskan ke kulit wajah dengan bantuan kapas.

4. Membantu membersihkan komedo

Buah jeruk nipis dapat mengurangi komedo bahkan menghilangkan komedo dari wajah. Caranya adalah dengan menggosokkan air jeruk nipis ke seluruh wajah yang banyak terdapat komedo setiap malam. Biarkan saja semalaman dan bilas keesokan paginya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Membuat wajah lebih sehat dan bersinar

Dengan terangkatnya komedo dan sel-sel kulit mati, maka kulit bersih yang biasanya terlihat bersinar. Pengangkatan sel-sel kulit mati membuat tumbuhnya sel-sel kulit yang baru dan secara otomatis membuat kulit menjadi segar.

Mengobati ambeien

Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

Mengobati amandel

Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

Mengobati anyang-anyangan

Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

Mengobati batuk

Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

Mengobati batuk disertai Influenza

Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

Menghilangkan bau badan

untuk mengobati bau badan, ada dua cara yang dapat kamu lakukan. Cara pertama, potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas. Lalukan tiap pagi dan sore. Cara kedua, siapkan beberapa helai daun muda jeruk nipis dan tumbuk sampai halus, pulung kecil-kecil seperti pil, makan 3 kali sehari.

Mengobati batu ginjal

Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

Mengobati difteri

Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

Mengobati demam atau flu

untuk mengobati demam atau flu, ada dua cara yang dapat kamu lakukan. Cara pertama, siapkan satu jeruk nipis, cuci bersih, lalu peras. Tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita. Cara kedua, siapkan satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

Mengobati haid tidak teratur

Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

Mencegah rambut rontok atau berketombe

Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

Melebatkan rambut

Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam, lalu dibilas dengan.

Menghentikan kebiasaan merokok

Iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

Mengobati Vertigo

Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

Mengobati radang tenggorokan

Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

Menghilangkan lendir di tenggorokan

Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.

Mengobati kurap atau panu

Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

Mengobati demam atau panas saat malaria

Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.), dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

Mengobati terkilir

Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

Mengobati Pegal Linu

Cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

Sakit Gigi

Vitamin C pada sari jeruk juga bisa meredakan sakit gigi. Caranya, teteskan sesendok demi sesendok pada bagian gigi yang sakit setiap 10 menit, sampai sari jeruknya habis. 

Melangsingkan badan

Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

Menambah stamina

Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

Mengobati tekanan darah tinggi

Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari. 

Mengencangkan dan mencerahkan   

Kulit muka yang kencang tentu menandakan kesehatan kulit yang terjaga dan terlihat awet muda. Selain menambah rasa percaya diri, wajah cerah merona selalu menjadi pusat perhatian dimata orang lain. Caranya adalah dengan menggosokkan air jeruk nipis ke seluruh wajah yang banyak terdapat komedo setiap malam. Biarkan saja semalaman dan bilas keesokan paginya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Atau jika kamu tidak ingin memakinya semalaman, kamu bisa menunggu 15 hingga 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan satu sampai dua kali dalam seminggu.

Mengatasi masalah jerawat

Jerawat timbul karena pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, kandungan air dalam buah jeruk nipis dapat mengobati jerawat dengan zat anti bakteri yang ada di dalamnya. Noda hitam yang ada di wajah pun juga dapat disamarkan dengan masker jeruk nipis. Untuk membuat masker wajah, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa buah jeruk nipis yang masih segar. Potong menjadi dua bagian, dan peras airnya. Oleskan secara merata ke semua bagian wajah. Kemudian diamkan wajah anda selama 30 menit agar khasiatnya meresap ke dalam pori-pori kulit    Setelah 30 menit, basuh wajah dengan air bersih. Lakukan satu sampai dua kali dalam seminggu. 

Selain 31 khasiat di atas, masih banyak lagi khasiat dan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh dan kulit, serta rambutmu. Bila kamu melakukannya dengan rutin, kamu akan mendapat hasil yang maksimal. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *