Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

  • Whatsapp

Cara Menghilangkan Jerawat – Jerawat adalah suatu kondisi di mana pori-pori kulit tersumbat, sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang banyak dialami oleh orang-orang. Bahkan seorang peneliti masalah jerawat bernama Kligmann, mengatakan bahwa tidak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.

Cara Menghilangkan Jerawat

Read More

Sebenarnya, jerawat tidak hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada, dan lengan atas.

Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Penyebab Jerawat

Produksi minyak berlebihan

Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Jerawat tidak selalu muncul karena kulit kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon atau tumpukan minyak atau sebum di kulit yang berkolaborasi dengan bakteri.

Sel-sel kulit mati

Jerawat bisa timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Biasanya, secara umum jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena terlalu banyak diproduksi oleh hormon androgen. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat, maka dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih.

Bakteri

Sering kali, bakteri yang biasanya ada di kulit cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, dan menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu dan meninggalkan flek atau noda hitam jangka panjang dan bekas luka seperti cacar.

Kosmetik

Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

Obat-obatan

Mengonsumsi obat kortikosteroid, baik secara oral (obat minum) maupun topical (obat oles) dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menurun dan meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena bakteri patogen yang meningkat.

Telepon Genggam

Permukaan telepon genggam bisa jadi tempat untuk tumbuhnya bakteri atau kuman. Bakteri atau kuman dapat berkembang biak di tempat hangat seperti suhu yang dihasilkan panas oleh baterai telepon genggam. Oleh sebab itu, rajinlah membersihkan telepon genggammu. Kamu bisa membersihkannya dengan tisu pembersih yang dapat menghilangkan bakteri dan kuman yang mungkin hinggap di telepon genggammu.Bersihkan permukaan telepon genggam secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.

Stres

Saat kamu berada dalam kondisi stres, ada hormon tertentu yang keluar, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Stres juga membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Jenis-jenis jerawat

Komedo

Komedo yang umumnya muncul di sekitaran hidung, selain merisihkan, memang juga merusak penampilan, apalagi jika munculnya di siang hari ketika wanita tengah beraktivitas di luar rumah. Munculnya komedo ini bisa disebabkan karena kulit wajah yang kotor hingga pori-pori tertutup oleh kotoran, maka muncul lah komedo. Selain karena kulit wajah kotor, komedo juga bisa muncul karena kulit wajahmu berminyak. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Jerawat biasa

Jerawat jenis ini berbentuk tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

Jerawat batu (Cystic acne)

Jerawat batu atau cystic acne adalah jenis jerawat yang besar-besar dan mengalami peradangan hebat di seluruh wajah. Jerawat batu biasanya di derita karena faktor genetika. Secara genetik, penderitanya memiliki kelenjar minyak yang sangat aktif dan membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyaknya, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal, dan memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Cara Mengatasi Jerawat

Tidur yang cukup

Penyebab Jerawat yang banyak dialami adalah stress dan kurang tidur. Dengan tidur yang cukup, maka metabolisme di dalam tubuh akan teratur, sehingga jerawat dan bekas jerawatnya pun akan pudar.

Tidak memecahkan jerawat

memecahkan jerawat bukanlah cara yang benar. Memecahkan jerawat di saat belum waktunya pecah malah justru akan membuat jerawat akan menyebar bertambah banyak dan bekasnya sulit untuk dihilangkan. Apalagi jika kamu memecahkan jerawat ini dalam kondisi tangan yang kotor, tentu akan semakin memicu bakteri dan akhirnya hanya memperparah kondisi jerawat dan wajah. Maka, Jangan memecahkan jerawat dan jangan sering di sentuh.

Membersihkan wajah secara teratur

Kulit wajah harus selalu bersih saat istirahat di rumah. Juga, hindari pemakaian kosmetika saat tidur. Membersihkan wajah secara teratur dapat membunuh dan mengurangi kuman penyebab jerawat di wajah. Yang harus kamu sadari, kebutuhan pembersih bagi kulit kering berbeda dengan kulit berminyak atau kulit normal. Maka pilihlah pembersih yang cocok untuk jenis kulitmu. Aura wajah akan tampak lebih segar dan cerah saat kamu rajin membersihkannnya.

Bahan Alami untuk menghilangkan jerawat di wajah

Daun pepaya

Dengan menggunakan Daun Pepaya. Senyawa karpain dalam daun pepaya dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur, cacing, parasit, bakteri, serta berbagai bentuk sel kanker. Masker daun pepaya dapat mengobati jerawat yang meradang. Masker daun pepaya dapat kamu buat sendiri dengan cara menghaluskan daun pepaya segar, kemudian mengoleskannya ke seluruh wajah. tunggu 30 menit dan bilas. Lakukan secara rutin setiap dua hari sekali.

Lobak

Dengan menggunakan lobak.  Cucilah lobak secukupnya, kemudian parutlah lobak tersebut dan ambil airnya. Tambahkan cuka apel sedikit dan campur hingga rata. Oleskan pada jerawat, diamkan hingga mengering. Setelah kering, bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin hingga jerawat teratasi.

Tomat

Tomat kaya akan Vitamin A dan Vitamin C yang dapat menyehatkan kulit dan menghilangkan jerawat, baik yang baru timbul maupun sudah meradang. Untuk mengobati jerawat dengan tomat, ada dua cara pakai, pertama untuk jerawat biasa, dan kedua untuk jerawat meradang. Untuk jerawat biasa, potong tomat yang sudah dibersihkan menjadi beberapa bagian. Letakan potongan tersebut di bagian wajah yang ada jerawatnya. Biarkan selama 20-30 menit. Bilas wajah dengan air bersih. Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu. Sedangkan unutk yang jerawat sudah meradang, pilih tomat-tomat yang segar dan blender hingga halus untuk dijadikan masker. Oleskan pada seluruh permukaan wajah dan biarkan selama 20-30 menit. Bilas wajah dengan air bersih. Gunakan masker tomat 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Jeruk nipis

Jeruk nipis dipercaya sejak jaman dahulu sebagai salah satu bahan alami yang paling ampuh untuk menghilangkan jerawat dan mendapatkan kulit yang mulus. Kandungan jeruk nipis mampu membersihkan sel-sel kulit mati serta mengurangi kadar minyak pada wajah. Caranya, siapkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dan campur dengan 1 sendok teh madu. Aduk hingga rata. Oleskan pada wajah terutama pada bagian yang banyak jerawatnya. Biarkan selama 30 menit sampai atau sampai mengering. Bersihkan dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air dingin. Lalukan 2 – 3 kali dalam seminggu. Gunakan air perasan jeruk nipis secukupnya pada wajah sebelum tidur secara teratur untuk hasil terbaik.

Mentimun

Mentimun memiliki banyak kandungan airnya yang melimpah dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit, seperti: Vitamin B, Vitamin C, zat besi, dan lainnya. Untuk mengobati jerawat dengan mentimun, ada dua cara pakai, pertama untuk jerawat biasa, dan kedua untuk jerawat meradang. Untuk jerawat biasa, potong mentimun yang sudah dibersihkan menjadi beberapa bagian. Letakan potongan tersebut di bagian wajah yang ada jerawatnya. Biarkan selama 20-30 menit. Bilas wajah dengan air bersih. Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk yang jerawat sudah meradang, pilih mentimun yang segar dan blender hingga halus untuk dijadikan masker. Oleskan pada seluruh permukaan wajah dan biarkan selama 20-30 menit. Bilas wajah dengan air bersih. Gunakan masker mentimun 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Putih telur

Putih telur dapat memperkecil pori-pori kulit wajah, mengencangkan wajah, mencerahkan, dan menghaluskan kulit wajah. Campurkan putih telur ayam kampung atau telur biasa dengan perasan dari 1 jeruk lemon. Jeruk lemon ini sifatnya opsional, bisa ditambahkan atau tidak. Aduk merata. Oleskan pada wajah, tunggu selama 30 menit, atau hingga mengering, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat. Lakukan minimal satu minggu sekali.

Oatmeal

Masker oatmeal baik untuk kulit berminyak. Kentalkan oatmeal selama beberapa menit dalam air panas hingga berbentuk pasta. Tambahkan satu sendok teh madu, satu sendok makan perasan lemon, dan dua sendok teh yoghurt, lalu oles rata di wajah. Jika kulit sudah terasa kering dan mengencang, segera bilas dengan air hangat . Lakukan minimal satu minggu sekali.

Madu

Madu berfungsi sebagai pelembab alami, membantu meremajakan kulit, memperkecil pori-pori, dan mengurangi minyak berlebih, sehingga wajah tampak lebih halus, cerah, dan bersinar. Untuk menggunakan masker madu, pertama bilas wajah dengan air hangat, lalu oleskan madu di seluruh wajah selama dua puluh menit. Setelahnya, lap wajah dengan handuk yang direndam air hangat, lalu cuci wajahmu dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit yang terbuka. Lakukan minimal satu minggu sekali.

Mangga

Mangga berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat, flek hitam, dan menghaluskan kulit. Blender 1 buah mangga yang sudah matang. Oleskan ke muka yang sudah dibersihkan. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas.

Kunyit

Kunyit membantumu kulit cerah bersinar, menghilangkan komedo, dan jerawat. Campurkan 1 sendok makan kunyit yang telah dihaluskan dengan 3 sendok makan air mawar, diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Stroberi

Stroberi dapat memutihkan dan mencerahkan kulit wajah, mengontrol minyak yang berlebih di wajah, serta menghilangkan kantung mata. Blender atau tumbuk 5 buah stroberi sampai halus. Bisa ditambahkan dengan 1/4 gelas kecil susu murni atau 1 sendok makan madu murni. Oleskan di wajah yang sudah dibersihkan, tunggu hingga 15 menit, lalu bilas wajah sampai bersih. Gunakan tiap 3 hari sekali atau dua kali dalam seminggu.

Lidah buaya

Lidah buaya bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan kulit yang mengalami peradangan akibat komedo dan jerawat. Potonglah lidah buaya dan gunakan lendir untuk dioleskan ke wajah yang berkomedo atau berjerawat, diamkan sekitar 10-15 menit. Dan bilas hingga bersih.

Air hangat

Air hangat akan membuka pori-pori kulitmu dan membuatmu mudah mengeluarkan kotoran di dalamnya. Caranya, cucilah wajahmu dengan air hangat kuku, lalu ambil handuk dan gosoklah bagian berkomedo dengan lembut, untuk menghindari terjadinya jerawat dan membersihkan wajah.

Uap Air Panas

Selain untuk menghilangkan komedo, menguapi wajah dapat membantu memperlancar peredaran darah di wajahmu. Siapkan satu mangkok air panas lalu campurkan dengan satu sendok garam. lalu uapi wajah maupun hidung kamu kurang lebih selama 10 menit.

Air Garam

Garam akan membantu mengurangi minyak yang berlebih dan menghilangkan komedo. Caranya, tambahkan satu sendok makan garam pada satu baskom air hangat. Cucilah wajahmu atau uapi dengan air garam tadi.

Munculnya jerawat atau komedo bisa disebabkan karena kulit wajah yang kotor hingga pori-pori tertutup oleh kotoran. Selain karena kulit wajah kotor, jerawat juga bisa muncul karena kulit wajahmu berminyak. Selain dengan bahan-bahan di atas sebagai cara menghilangkan jerawat, mengonsumsi air putih mungkin dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat. Air putih ini dapat melembabkan kulit wajah kamu, dengan demikian bekas jerawat tidak akan menyebar kemana–mana. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *