Cara Mengatasi Rasa Malas

  • Whatsapp

Malas adalah kondisi diri yang tidak bergairah dalam menjalankan sesuatu, yang dapat menghambat kesuksesan seseorang. Banyak orang tidak berhasil akibat dirinya tidak mampu menolak rasa malas tersebut, begitupun sebaliknya. Malas adalah hal yang wajib untuk dihilangkan agar tidak berdampak negatif terhadap karir, pendidikan, bahkan kesehatanmu. 

Cara Mengatasi Rasa Malas

Rasa malas terkadang muncul akibat pola hidup yang tidak teratur dan berantakan. Jika sudah demikian dan telah berlangsung lama, tanpa disadari akan membuat diri kamu menanam rasa malas yang akut. Contohnya, seseorang yang tidak merapikan tempat tidur ketika bangun pagi, membersihkan ruangan kerja, meja kerja yang mana material penumpangnya tidak tertata rapi, penyimpanan dokumen atau arsip yang tidak terorganisir, catatan yang berantakan, ia akan terbiasa hidup dengan hal-hal berantakan ini, yang kahirnya membuatnya menjadi enggan untuk bersih-bersih, karena kondisi beerantakan telah bersahabat dengan dirinya. Matanyanya telah terbiasa melihat sesuatu yang kotor berada di depan matanya, atau berdekatan dengan hal-hal yang kotor lainnya.

Untuk menghilangkan kemalasan yang mungkintelah akut dalam tubuh seseorang, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan.

Kerjakan hal yang sulit di pagi hari. Biasakan ketika kamu bangun pagi, sarapan, dan mandi, langsung kerjakan hal yang menurutmu sulit di pagi hari. Pagi hari adalah jam-jam dimana otak berkonsentrasi tinggi dan tubuh lagi berkobar semangatnya. Lakukan hal sulit di pagi hari, jangan ditunda hingga siang hari, apalagi sampai larut malam. Jika kamu menunda sesuatu, tentu akan menumpuk beban pikiran dan pekerjaan, ujung-ujungnya kamu menjadi malas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

Berikan Motivasi Pada Diri Sendiri. Kamu harus bisa memotivasi diri untuk menjauhi rasa malas. Dengan begitu maka lambat laun rasa malas akan pergi. Kerjakan hal yang terasa sulit dengan ikhlas atau sukarela. Jika perlu, minta bantuan orang terdekat untuk memotivasi kamu agar dapat mengusir rasa malas.

Hilangkan kebiasaan duduk di sofa atau berbaring sebelum waktu istirahat tiba. Tanpa Anda sadari, kegaitan tesebut dapat memancing rasa malas yang benar-benar sulit untuk diusir, apalagi jika Anda duduk di sofa sambil nonton TV. Apabila kiranya masih ada beberapa tugas yang harus diselesaikan, maka percepat pengerjaannya, jangan sampai terbengkalai akibat kamu sudah lebih dulu beristirahat sebelum waktunya.

Olahraga rutin. Rasa malas juga bisa terjadi akibat tubuh kekurangan asupan nutrisi berupa vitamin dan kurangnya olahraga. Luangkan sedikit waktu, untuk berolahraga ringan selama 15 menit. 

Hadiahi Diri Sendiri. Jangan sungkan untuk memberikan hadiah kecil kepada diri Kamu sendiri, Setiap Kamu berhasil mengerjakan sesuatu tanpa didampingi rasa malas. Ucapkan selamat pada diri kamu dan berikan sesuatu pada dirimu karena berhasil mengatasi rasa malas tersebut. 

Hirup Udara Pagi. Udara pagi masih segar, belum tercampur dengan polusi udara, jika kamu menghirupnya, akan membuat tubuh lebih bersemangat sebelum bekerja. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *