Mengatasi Ketombe Rambut Dengan Cara Ini

  • Whatsapp

Ketombe disebut juga dengan sindap dan kelemumur, memiliki nama ilmiah Pityriasis capitis. Ketombe adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Ketombe sebenarnya merupakan sel-sel kulit mati kepala yang rontok. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun, pada sebagian orang, ketombe bisa terjadi terus menerus, pengelupasan dalam jumlah besar, dan diikuti dengan kemerahan dan iritasi di kulit kepala. 

Cara Mengatasi Ketombe Rambut

Read More

Adanya serpihan kuning atau kilauan putih di bahu atau di rambut, adalah tanda-tanda kamu terkena ketombe. Ketombe juga merupakan gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Bila mengalami ketombe, menggaruk kepala secara berlebihan dapat menimbulkan iritasi di kulit kepala. 

Menggaruk kulit kepala secara berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala. Kerusakan pada kulit kepala tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Selain gatal dan bakteri, ketombe juga dapat menghilangkan kepercayaan diri bagi penderitanya. 

Ketombe tidak berarti kamu memiliki rambut kotor, tetapi cara menata rambut atau produk-produk yang kamu gunakan dapat menyebabkan kulit kepala terkelupas.

Folikel rambut dan kelenjar minyak membuat minyak yang disebut sebum, yang mungkin menjadi tempat berkembang biak ragi atau jamur, yang dapat menyebabkan ketombe. Sebum yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan ketombe. Ketombe cenderung lebih buruk pada saat udara kering, begitu juga dengan cuaca dingin dan musim dingin yang kering. Stres atau kelelahan juga dapat memicu atau memperburuk ketombe. kondisi yang menyebabkan kulit kepala bersisik  seperti jerawat, eksim dan psoriasis juga dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati di kulit kepala. Orang dengan masalah medis yang serius seperti epilepsi, penyakit Parkinson, dan HIV rentan terkena ketombe. 

Kutu kepala yang menyebabkan gatal dan bertelur akan terlihat seperti ketombe. Atau kulit kepala bisa juga terasa gatal karena kurap, yaitu jamur  yang dapat menyebabkan serpihan seperti ketombe. 

Ketombe tidak berbahaya dan tidak menular kepada orang lain. Ketombe tidak secara langsung menyebabkan rambut rontok, tapi dengan sering menggaruk kulit kepala bisa menyebabkan kerontokan rambut sementara.

Ketombe bisa muncul pada anggota tubuh lain, seperti dahi, alis, bulu mata, atau telinga. Kulit yang mengelupas di dada atau di daerah lain yang memiliki rambut, bisa menjadi tanda ketombe.

Bahan yang umum dikandung dalam shampoo anti ketombe

  • Ketokonazol  adalah pembasmi ketombe yang disebabkan oleh jamur.
  • Asam salisilat  adalah yang menghilangkan kulit terkelupas tapi dapat menyebabkan kekeringan pada kulit kepala.
  • Selenium sulfida adalah yang memperlambat penumpukan sel-sel kulit mati dan membasmi jamur.
  • Tar  adalah yang memperlambat penumpukan sel kulit mati, tapi dapat menyebabkan perubahan warna rambut.
  • Zinc pyrithione adalah yang menyerang jamur yang dapat menyebabkan ketombe.

Langkah Untuk Mencegah Ketombe Rambut

  • Rajin keramas setiap hari dengan menggunakan shampo anti ketombe. Dengan rutin keramas, kebersihan kulit kepala dan rambut akan lebih terjaga.
  • Gunakan produk shampo anti ketombe yang memiliki kandungan zat  selenium sulfida, zinc pyrithione, asam sulfur/salisilat dan zat aktif lainnya untuk mencuci rambut. Apabila jumlah ketombe telah berkurang, maka hentikan pemakaian beberapa zat tersebut.
  • Meskipun kulit kepala terasa gatal karena ketombe, namun usahakan untuk tidak terus-menerus menggaruk kepala, karena akan menyebabkan iritasi dan memicu kuman yang dapat memperburuk kulit kepala.

Untuk mengatasi ketombe rambut

Hilangkan ketombe dengan cuka putih

Cuka akan menyingkirkan kulit yang mengelupas menjadi ketombe, dan tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan lebih banyak ketombe setelah dibersihkan. Pertumbuhan berlebih dari jamur juga dapat menyebabkan ketombe, dan cuka bertindak seperti fungisida. Gunakan cuka putih dicampur dengan segelas air untuk bilasan terakhir setelah keramas. Cara yang lain adalah dengan mencampurkan minyak goreng dengan cuka putih lalu pada waktu keramas pijit-pijitkan ke kulit kepala hingga meresap, kemudian bilas hingga bersih. Lalu bersihkan rambut menggunakan shampo.

Hilangkan ketombe dengan soda kue atau baking soda

Soda kue atau baking soda membunuh atau bertindak sebagai fungisida, dan jamur yang umumnya ada pada kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe. Selain itu, partikel-partikel kecil yang ada pada baking sode dapat berguna dalam menghilangkan ketombe yang terjebak dalam rambut. Caranya, basuh rambut terlebih dahulu menggunakan air, kemudian oleskan baking soda secukupnya pada rambut dan kulit kepala. Usap dengan lembut sambil sesekali dipijat. Diamkan sejenak, bilas dengan air tanpa menggunakan shampo.

Hilangkan ketombe dengan Jeruk nipis

Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Apabila terdapat luka di kulit kepala biasanya akan terasa sedikit perih, namun jangan khawatir karena hal ini tidak berbahaya.  Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu secara rutin untuk mendapatkan kulit kepala yang bebas ketombe.

Hilangkan ketombe dengan daun neem

Daun neem adalah tumbuhan asal India, yang terasa sangat pahit ketika direbus. Rasa pahit dari daun ini berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, baik yang ringan maupun kronis. Daun neem efektik membunuh bakteri dan jamur, yang bisa dimanfaatkan sebagai anti ketombe. Caranya, siapkan beberapa tangkai daun neem dengan 4 atau 5 cangkir air panas atau bisa juga direbus hingga mendidih. Diamkan semalaman. Keesokan paginya gunakan untuk membilas rambut. biarkan selama satu jam sebelum dicuci dengan air.

Hilangkan ketombe dengan garam 

Fungsi garam dapur adalah untuk menetralisir atau mengurangi aktivitas perkembangbiakan jamur yang menjadi penyebab ketombe. Pemakaian garam adalah dengan menaburkan 3 sendok makan garam sebagai campuran shampo pada waktu keramas. Pijat lembut ke kulit kepala yang sedikit basah selama 2-3 menit. 

Hilangkan ketombe dengan lidah buaya

Lidah buaya sifatnya yang khas memberikan nutrisi pada rambut, bagian lendir dari tanaman ini dipercaya dapat mengatasi ketombe di kulit kepala anda. Cara penggunaannya, ambillah satu helai tanaman aloe vera kemudian kupas. Bagian yang berlendir gosokkan pada kulit kepala secara merata. 

Hilangkan ketombe dengan minyak almond

Gunakan minyak almond untuk mengatasi ketombe. Setelah keramas, berikan minya almon ke rambut, keringkan rambut, lalu balurkan satu sendok minyak almond pada kulit kepala. Lalu tutupi dengan handuk kering, biarkan selama 30 menit. Setelahnya bersihkan rambut dengan air hangat. 

Hilangkan ketombe dengan sinar matahari 

Luangkan sedikit waktu untuk berjemur sinar matahari untuk melawan ketombe. Sinar matahari membantu menekan jamur yang menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. 

Demikianlah cara untuk mengatasi ketombe rambut. Semoga bermanfaat untuk pembaca setia Ceritamedan.com.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *