13 Cara Memutihkan Ketiak yang Hitam

  • Whatsapp

Ketiak yang putih dan bersih adalah dambaan bagi semua orang. Semua orang, khususnya kaum hawa, pasti akan sangat malu jika ketahuan kulit ketiaknya hitam. Ketiak yang hitam, tentu akan sangat mengganggu penampilan seseorang, terutama bagi yang memakai baju tanpa lengan. Memiliki kulit ketiak yang hitam tentu menjadi sangat menyebalkan. Ketiak yang putih akan menambah kepercayaan diri ketika kamu sedang mengangkat lengan.

Cara Memutihkan Ketiak

Read More

Beberapa faktor yang menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam

Faktor genetik

Ketiak yang hitam bisa disebabkan oleh faktor genetik. Ayah atau ibu yang memiliki kulit ketiak hitam akan mewariskan gen tersebut pada anaknya. Coba perhatikan apakah ada anggota keluarga kamu yang memiliki ketiak hitam. Jika ada, artinya ketiak kamu memang hitam karena adanya faktor turunan dari kedua orang tua ataupun dari kakek dan nenekmu.

Deodoran

Ketiak menjadi gelap juga bisa disebabkan oleh deodoran yang tidak cocok dengan kulit kamu. Sehingga kulit menjadi iritasi dan membuat kulit ketiak menjadi lebih gelap. Ini dikhususkan jika kamu menggunakan produk deodoran dalam bentuk roll-on.

Mencukur atau mencabut bulu ketiak

Kulit ketiak yang hitam tersebut bisa muncul karena aktivitas mencukur dan  mencabut bulu ketiak. Menggunakan pisau cukur atau alat cukur lainnya seperti yang berupa krim berarti kamu harus menggesekkan suatu benda ke kulit ketiak atau permukaan ketiak. Tanpa disadari, hal ini menimbulkan warna hitam pada ketiak apalagi jika pencukuran cukup sering dilakukan. Maka, usahakan untuk sangat berhati-hati ketika kamu mengcukur bulu ketiak, karena kalau salah bisa terjadi kerusakan pada kulit dan membuat ketiak kamu menjadi hitam dan tidak enak dilihat. Juga, janganlah terlalu sering untuk mencukur atau mencabut bulu ketiak. 

Berkeringat saat mengenakan pakaian ketat

Terlalu banyak berkeringat juga bisa jadi pemicu kulit ketiak menjadi hitam. Penghitaman ini bisa terjadi akibat badan yang selalu berkeringat, sehingga ketiak menjadi lebih lembab. Apalagi jika kamu mengenakan pakaian yang ketat. Gesekkan saat kamu melepas baju akan menimbulkan noda dan menempel dengan keringat, sehingga menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam.

Untuk memutihkan ketiak, menggosok ketiak adalah salah satu cara memutihkan ketiak yang sederhana. Kegiatan sehari–hari selalu mengharuskan kita untuk menggunakan deodorant supaya badan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Pemakaian deodorant akan meninggalkan bekas pada kulit ketiak, maka dari itu rajinlah menggosok ketiak saat mandi untuk mengangkat bekas deodorant yang menyumbat pori–pori kulit ketiak.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan ketiak yang hitam. Sebaiknya kamu memilih cara yang alami karena aman dan tidak menimbulkan efek samping. Beberapa bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ketiak hitam dan membuatnya putih adalah timun, susu, kentang, jeruk nipis, batu tawas, lemon, kulit jeruk, cuka putih, minyak zaitun, kunyit, pasta gigi, minyak kelapa, baking soda, mentimun, pepaya, tepung beras, bubuk cendana, dan banyak bahan lainnya.

Bahan alami untuk memutihkan kulit ketiak

1. Timun dan kunyit

Timun merupakan buah yang sangat ampuh untuk memberi kesegaran pada kulit ketiak dan dapat juga digunakan untuk memutihkan kulit ketiak. Kunyit sudah sangat terkenal dapat digunakan sebagai pemutih alami. Dengan menggunakan ketimun dan kunyit, noda hitam di ketiak dapat disamarkan dengan cara menghaluskan ketimun dan mencampurnya dengan bubuk kunyit kemudian oleskan di kedua ketiak. Atau kamu juga bisa menggunakan hanya mentimun saja atau hanya kunyit saja. Caranya, iris mentimun ke dalam ukuran yang sedang (tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal), kemudian gosokkan irisan tersebut dan biarkan airnya menempel pada ketiak. Lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Yoghurt dan Susu

Yoghurt dan susu mengandung banyak asam laktat yang dapat dijadikan sebagai pemutih alami kulit. Dengan menggunakan dua bahan ini, ketiak dapat halus dan tampak lebih putih dengan cara mencampurkan 2 sendok yoghurt dan 3 sendok susu. Kemudian aduk rata dan oleskan pada ketiak dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Bilas dengan air hangat.

3. Lemon

Buah yang segar ini selalu berperan aktif dalam kecantikan tubuh manusia. Kandungan limonin yang terdapat pada lemon merupakan pelembab (astrigen) yang membantu mencegah kulit menjadi kusam dan mudah terinfeksi oleh jamur. Iris satu buah lemon dan gosokkan secara perlahan hingga airnya menempel ke seluruh permukaan ketiak. Namun sebelumnya, pastikan ketiak sudah dalam keadaan bersih.

4. Kulit Jeruk

Jeruk bukan hanya kaya akan vitamin C, ternyata kulitnyapun kaya akan zat antioksidan yang mampu memutihkan kulit yang teriritasi. Siapkan kulit jeruk terlebih dahulu. Keringkan kulit jeruk dibawah sinar matahari beberapa hari. Parut kulit jeruk yang sudah dikeringkan tersebut. Kemudian campurkan dengan sedikit susu dan air mawar hingga terbentuk pasta. Gunakan sebagai scrub selama 10 menit. Bilas dengan air dingin sampai bersih.

5. Pasta Gigi

Ambil pasta gigi dan oleskan pada ujung jari Anda. Kemudian oleskan pasta gigi pada daerah kulit ketiak sampai rata dan gosok selama kurang lebih 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin satu atau dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

6. Minyak kelapa atau minyak zaitun dan kulit jeruk

Minyak kelapa atau minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk kecantikan. Vitamin E juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Apabila vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C, maka efeknya akan lebih bagus karena dapat digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen dan mencerahkan kulit ketiak. Pertama blender kulit jeruk yang sebelumnya telah diberikan sedikit tetesan minyak kelapa atau minyak zaitun. Usahakan untuk tidak diblender sampai halus, biarkan butirannya masih tersisa dan terasa kasar. Kemudian gosokkan pada kulit ketiak. Atau kamu juga bisa memarut kulit jeruk, jemur di bawah sinar matahari. Kemudian campurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, atau bisa jungan dengan air mawar, lalu oleskan ke kulit ketiak seminggu 3 kali. 

7. Baking soda

Baking soda juga ampuh dijadikan scrub untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit ketiak. Buatlah pasta dari baking soda dan gunakan untuk scrub di ketiak. Lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Apabila ketiak sudah tampak lebih putih, sebaiknya jangan lagi menggunakan baking soda, karena terlalu sering menggunakan baking soda dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

8. Kapur sirih dan jeruk nipis ataupun lemon

Gunakan campuran kapur sirih dan jeruk nipis ataupun lemon. Oleskan pada bagian yang diinginkan. khususnya pada bagian selangkangan. Setelah mengering, segeralah membasuhnya menggunakan air yang hangat.

9. Pepaya

Pepaya yang masih hijau atau belum terlalu masak dapat dimanfaatkan untuk memutihkan ketiak hitam. Caranya, blender atau parut pepaya muda yang belum terlalu matang, campurkan dengan 2 sendok makan madu murni. oleskan campuran ini ke ketiak dan tunggu sampai 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih. jika sulit menemukan madu murni, boleh menggunakan pepaya muda saja. Caranya yaitu memarut pepaya tersebut hingga halus dan kemudian oleskan ke permukaan ketiak. Biarkan selama 5-10 menit lalu cuci dengan air bersih. Jangan menggunakan madu yg sudah dikemas pabrik karena mengandung kadar gula tinggi yang tidak diperlukan oleh kulit. Setelah dioles, tunggu 15 menit, kemudian oleskan lagi madu murni ke kulit ketiak secukupnya. Tunggu 5 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan 3 kali seminggu. 

10. Kentang

Kentang dapat mengenyahkan flek hitam dari wajah dan juga ampuh sebagai cara memutihkan kulit ketiak. Tumbuk, parut, atau blender 1 buah kentang sampai halus, oleskan langsung di kulit ketiak. Tunggu hingga 15 menit kemudian bilas sampai bersih. Kamu juga bisa mencampurkan sedikit bubuk kunyit atau perasan jeruk lemon ke dalam kentang. 

11. Cuka putih dan tepung beras

Asam sitrat dari cuka putih mampu menghilangkan noda hitam dan mencerahkan kulit. Caranya cukup campurkan cuka putih yang mengandung asam sitrat dengan tepung beras sampai mengental. Oleskan dan gosok percampuran kedua bahan ini di ketiak yang hitam. Jadikan sebagai bahan scrub sehingga bisa membuat sel kulit mati ikut terkelupas. Ulangi 2 sampai 3 kali seminggu.

12. Bubuk cendana 

Bubuk cendana (sandalwood) dapat digunakan untuk memutihkan kulit ketiak. Caranya, campurkan 1 sendok makan bubuk cendana dan air mawar atau susu murni secukupnya sehingga menjadi pasta. Gosokkan ke kulit ketiak dan biarkan hingga 15 menit. Lakukan 2 kali sehari agar mendapatkan hasil yang optimal.

13. Batu tawas

Batu tawas bisa digunakan untuk mencerahkan kulit gelap akibat iritasi. Caranya, rendam batu tawas pada air hangatm lalu diamkan hingga batu tawasnya menghilang dan tercampur dengan air. Setelah itu, segeralah oleskan pada bagian ketiak atau bisa juga pada selangkangan. Batu tawas juga mampu mengurangi bau keringat.

Selain untuk memutihkan ketiak, cara di atas juga bisa kamu gunakan untuk memutihkan selangkangan. Namun perhatikan, sebelum menggunakan bahan-bahan tersebut, ketika kamu menggunakan alat untuk memarut, kamu harus berhati –hati. Lihatlah parutannya apakah berkarat atau tidak. Jika kamu menggunakan alat yang berkarat, ketiak justru akan terkena bakteri kuman dan jamur. Bahkan Kentang akan sangat cepat sekali menghitam jika terkena parutan yang berkarat.

Selain itu, untuk menghindri kulit ketiak menghitam, sebaiknya kamu lebih berhati-hati ketika mencukur bulu ketiak, jangan sampai tergores dan melukai kulit ketiak. Juga, usahakan kulit ketiak untuk selalu tetap bersih meskipun sedang beraktifitas. Terakhir, pakailah deodorant yang mengandung asam linolenat dari minyak biji bunga matahari. Kandungan asam linolenat tersebut dapat bermanfaat untuk mengurangi warna hitam pada kulit ketiak kamu. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *