Cara Memusnahkan Bau Mulut

  • Whatsapp

Cara Memusnahkan Bau Mulut – Mulut digunakan untuk berbicara dengan lawan bicara. Namun jika kamu mengidap bau mulut, ini akan menjadi masalah besar dalam dirimu. Bau mulut sering kali membuat orang lain enggan dekat dengan kita karena bau yang tidak sedap tersebut, atau justru penderita lah yang merasa minder atau kehilangan kepercayaan diri karena bau mulut.

Cara Memusnahkan Bau Mulut

Read More

Terkadang bau mulut menjadi masalah kesehatan yang sulit diketahui oleh diri sendiri. Kebanyakan orang mengira untuk mengecek bau mulut, dengan meniup atau menghembuskan napas ke tangan kemudian dicium akan ketahuan napas kita bau atau tidak. Sebetulnya cara tersebut kurang efektif dan bahkan tidak bekerja. Cara yang dibenarkan untuk mengetahui bau mulut adalah menjilat telapak tangan, tunggu air liur kering dan cium telapak tangan kamu. Apabila tercium bau yang tidak sedap, berarti kamu positif mengalami masalah bau mulut.

Ada beragam penyebab mengapa seseorang mengalami bau mulut. Jarang menyikat gigit, meroko, masalah di mulut, dan tidak sarapan bagi mungkin beberapa yang menyebabkannya terjadi.

Penyebab Bau Mulut

Kurang menjaga kebersihkan mulut

Pola hidup yang kurang sehat seperti malas menggosok gigi secara rutin, adalah salah satu penyebab bau mulut. Malas menggosok gigi secara rutin mengakibatkan kebersihan mulut tidak terjaga, banyak sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut, tidur dan membusuk di mulut, sehingga ketika bangun di pagi hari, mulut kamu akan mengelurkan bau tidak sedap. upaya sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi bau mulut tidak sedap adalah dengan rutin menggosok gigi setiap kali mandi, ditambah dengan berkumur saat bangun dan menjelang tidur. 

Mengonsumsi makanan dengan bau tak sedap 

Memakan makanan yang berbau tidak sedap seperti jengkol, petai dan sebagainya, tentu dapat membuat mulut mengngeluarkan aroma yang tidak sedap saat berbicara atau mengeluarkan suara. 

Merokok

Rokok juga merupakan salah satu penyebab bau mulut.mengurangi atau bahkan berhenti merokok mungkin akan baik untuk kesehatanmu.

Sariawan

Sariawan biasanya berbentuk seperti benjolan berisi nanah pada mulut penderita. Benjolan tersebut disebabkan oleh adanya infeksi pada mulut penderita, yang juga merupakan salah satu penyebab bau mulut.

Lupa Sarapan Pagi

Pada saat seseorang lupa sarapan pagi, perut akan berada dalam keadaan kosong. Perut yang berada dalam keadaan kosong akan menyebabkan produksi air liur menjadi berkurang, akibatnya mulut akan menjadi bau, karena bakteri penyebab bau mulut berkeliaran di mulut penderita.

Gigi yang Berlubang

Gigi berlubang terjadi karena adanya bakteri dalam mulut seseorang. Bakteri ini kan memicu atau menjadi penyebab bau mulut. Itulah mengapa kamu harus menjaga kebersihan mulutmu, untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan bau mulut.

Cara Memusnahkan Bau Mulut

Menjaga Kebersihan Mulut

Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan adalah rutin menggosok gigi, setidaknya 2 kali sehari. Ketika menggosok gigi, janganlah terlalu kuat dan cepat, karena hal tersebut bisa menghancurkan enamel yang membuat gigi jadi lebih rentan terhadap kerusakan. Setelah menggosok gigi, bila perlu gunakan benang gigi lebih sering untuk membersihkan sisa makanan pada sela gigi. Sehabis makan tentu akan banyak meninggalkan sisa makanan yang menyelip di antara sela-sela gigi yang membentuk plak dan karang gigi yang sangat disukai bakteri untuk bertahan hidup di dalam mulut. 

Selanjutnya, angkat kotoran dan bakteri pada lidah. Bakteri tidak hanya menempel pada karang gigi, tetapi di lidah juga. Kamu bisa menggosok lidah dengan sikat gigi secara perlahan ke seluruh permukaan lidah. Bila perlu, beli alat pembersih lidah khusus karena sudah dirancang untuk menerapkan tekanan yang sama di daerah permukaan lidah. Gunakan juga obat kumur antibakteri setiap bangun tidur selama beberapa detik. Kebiasaan ini akan membuat bakteri yang bersarang di dalam mulut ketika kamu tidur menjadi berkurang dan plak juga ikut berkurang.

Kurangi Makan Makanan yang Berbau Tak Sedap

Untuk menghilangkan bau mulut, tentu kamu harus mengurangi makan makanan yang menumbulkan bau mulut, seperti petai dan jengkol. Atau jika kamu memang sangat menyukainya, olah dengan benar baik untuk mengurangi asam jengkolat yang menjadi pemicu bau mulut.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk mengurangi bau mulut pada perokok. Jika kamu sulit berhenti, kamu bisa mengurangi mengonsumsinya secara perlahan, dan makan permen setelah merokok.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur selalu menjadi bahan terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan senyawa alami yang ada pada buah dan sayur sangat ramah di tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi. Untuk sariawan, kamu bisa memilih makanan yang kaya akan vitamin C, seperti di bawah ini:

Stroberi

Stroberi adalah buah berasa asam (ada juga yang manis) yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut. Ini dikarenakan terdapat kandungan Vitamin C yang mampu membunuh bakteri atau kuman di dalam mulut.

Lemon

Buah lainnya yang mampu mencegah bau mulut tidak sedap adalah lemon. Rasa asamnya dapat menetralisir bakteri penyebab bau mulut.

Pir

Berkat tekstur yang sedikit keras dari buah ini membuat pir menjadi buah pemberantas sisa makanan yang menyelip ataupn menempel pada permukaan gigi.

Jangan Lupa Sarapan Pagi

Selain dapat mencegah masuk angin, sarapan pagi juga dapat mencegah timbulnya bau mulut, karena dengan sarapan pagi, bakteri penyebab bau mulut yang ada di mulut akan mati karena produksi air liur dalam mulut meningkat.

Mengunyah Beras

Sejak zaman dahulu, beras dipercaya dapat menghilangkan bau mulut. Mengunyah beras mentah di dalam mulut hingga halus lalu membuangnya, merupakan cara yang paling efektif untuk menghilangkan bau mulut seketika. 

Kopi Hitam

Kopi hitam yang baru ditumbuk, dipercaya dapat mengatasi bau mulut. Caranya, ambil satu kepalan kopi hitam yang baru ditumbuk, kemudian makan. Walaupun rasanya pahit, tapi kopi hitam ampuh untuk mengusir bau mulut.

Berkumur

Saat mulut mengeluarkan bau tidak sedap yang menyengat, kamu bisa langsung berkumur. Berkumur juga bisa dilakukan dengan air rebusan daun sirih, moutwash (antiseptik), atau bisa juga dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam dapur.

Mengunyah Permen Karet

Kunyahlah permen karet bebas gula, saat kamu merasa kamu mengalami bau mulut. Bakteri penyebab bau mulut akan mati oleh air liur yang dihasilkan oleh mulut. Permen karet dapat memberi pertahanan alami terhadap asam plak penyebab kerusakan gigi dan bau mulut dengan cara merangsang produksi air liur lebih banyak. Jadi tujuan mengunyah perment karet adalah untuk merangsang produksi air liur pada mulut. 

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih akan membuat mulut terjaga dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Berkurangnya air liur di dalam mulut dapat menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu, memperbanyak minum air putih akan membuat keseimbangan cairan di dalam mulut tetap seimbang. 

Minum Susu Kental Manis

Selain tinggi kalsium, susu ternyata juga ampuh untuk mengatasi bau mulut. Caranya, campurkan susu kental manis dengan satu gelas air hangat, kemudian diminum.

Gunakan Bahan Alami

Nah, jika cara-cara di atas tidak ampuh menghilangkan bau mulutmu, kamu bisa menggunakan bahan alami, seperti dibawah ini.

Ketumbar

Caranya dengan merebus ketumbar, kemudian airnya disaring dan diminum ketika dingin.

Jeruk Nipis dan Madu

Caranya dengan mencampurkan kedua bahan pada gelas kecil, aduk rata dan minum.

Daun Sirih dan Lengkuas

Cara mengatasi bau mulut dengan bahan alami ini diawali dengan merebus daun sirih dan lengkuas, kemudian gunakan untuk berkumur.

Kayu Manis

Caranya dengan menyeduh kayu manis di dalam teh hangat, kemudian minum sehari 2 kali.

Kencur

Cara penggunaannya, dengan merebus 10 gram potongan kencur, pinang, tanaman adas, dan 15 gram daun sirih bersama setengah liter air. Ketika mendidih, saring airnya dan minum ketika menjelang tidur malam. Lakukan rutin 2 – 3 kali dalam seminggu.

Demikian cara memusnahkan bau mulut. Semoga dengan cara-cara di atas tersebut, bau mulut yang kamu derita segera musnah. Semoga sukses!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *