Cara Fitnes Untuk Wanita Pemula

  • Whatsapp

Untuk mendapatkan tubuh sehat, selain dengan makan makanan dan minum minuman yang mengandung zat gizi, vitamin, dan mineral, kamu bisa juga membugarkan tubhmu dengan olahraga.

Olahraga atau senam yang populer di zaman ini adalah fitnes. Fitnes merupakan serangkain kegiatan olahraga yang dilakukan secara rutin untuk membentuk otot-otot tubuh dan menjaga fitalitas tubuh. Namun sayang, padatnya jadwal atau banyaknya kegiatan ataupun faktor kemalasan adalah pemicu malasnya seseorang untuk berolahraga. Padahal, dengan fitnes, kamu bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Ada beberapa alasan mengapa seorang wanita yang memang mengidamkan kecantikan. 

Read More

Cara Fitnes Untuk Wanita Pemula
Gambar suplemenfitness.net

Beberapa alasan kamu harus melakukan fitnes

  • Agar tubuh selalu bugar
  • Agar tubuh menjadi ramping dan menarik
  • Menginginkan tubuh menjadi berisi
  • Memulihkan kondisi tubuh
  • Sebagai variasi

Fitnes yang baik pada umumnya dilakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Fitnes terdiri atas Pemanasan (Warm Up), Peregangan (Stretch), Aerobik, Latihan Beban, dan Pendinginan (Cooling). 

1. Pemanasan (Warm Up)

Pemanasan dilakukan agar otot – otot tidak kaku. Biasanya pemanasan dilakukan selama 5 – 10 menit. Pemanasan juga dilakukan agar otot – otot menjadi siap untuk melakukan latihan yang lebih berat. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya cedera akibat otot tidak siap. Pemanasan dilakukan dengan cara melakukan latihan – latihan yang ringan.

2. Peregangan (Stretch)

Peregangan dilakukan dalam keadaan jika otot-otot sudah dalam keadaan panas. Peregangan dilakukan agar otot – otot menjadi lebih elastis dan lentur. dilakukan setelah pemanasan selama 5 – 10 menit juga.

3. Aerobik

Aerobik  adalah Latihan atau olah raga yang dilakukan selama 30 menit atau lebih yang dibantu dengan aliran suara musik. Aerobik terbagi menjadi 3 bentuk yaitu: 

Low Impact, Gerakan yang dilakukan dengan intensitas rendah. Dengan bantuan musik yang lembut melakukan hentakan-hentakan ringan tanpa mengangkat kaki. Biasanya low impact dilakukan oleh orang yang mengalami obisitas tinggi, usia lanjut, dan pemula.

High Impact, Gerakan yang dilakukan dengan intensitas Tinggi. Cara melakukannya biasanya dialuni musik yang keras, disertai gerakan-gerakan dinamis dan hentakan-hentakan yang cukup keras, lutut diangkat tinggi. Latihan ini dilakukan oleh orang yang sudah biasa melakukan aerobik.

Mix Impact. Gabungan dari low impact dan high impact. Mix impact lebih umum dilakukan karena adanya variasi, sehingga tidak mudah kelelahan dan tidak bosan melakukan gerakannya.

4. Angkat Beban

Setelah melakukan pemanasan, peregangan, dan aerobik, lakukanlah angkat beban. Latihan ini bisa dilakukan dengan bantuan alat ataupun dengan tubuh sendiri. lakukan selama 20 – 30 menit.

5. Pendinginan (Cooling)

Kalau sudah melakukan semua latihan, jangan lupa untuk melakukan peregangan, karena kondisi tubuh setelah dipacu dengan keras tidak bisa langsung kembali ke semula secara langsung. Biasanya lakukan secara dengan Peregangan dan jalan santai atau beristirahat.

Nah, setelah kamu terbiasa melakukan serangkaian fitnes di atas dan mengetaui cara fitnes untuk wanita pemula, kamu bisa coba gerakan-gerakan yang bervariasi lainnya, yang bisa kamu cari panduannya melalui pencarian Google atau Youtube. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *