Alasan Seseorang Harus Menulis

  • Whatsapp

Setiap orang membutuhkan sarana untuk menyampaikan pemikiran-pemikiran atau gagasan-gagasannya. Sarana yang ia butuhkan adalah dengan menuliskannya. Begitu banyak tema tulisan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat untuk berkomunikasi. Menulis pun menjadi alat yang dipakai manusia untuk memahami, menjembatani, dan mengkomunikasikan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan manusia dengan pembacanya.

Alasan Seseorang Harus Menulis

Menulis adalah sebuah cara bagaimana seseorang berkomunikasi menggunakan bahasa dengan pembaca. Namun menulis bukannya merupakan sekedar teknik komunikasi: ia adalah suatu cara untuk mengarahkan persepsi pengarang dan menyediakan bagi mereka cara-cara yang biasa untuk menganalisa pengalaman ke dalam kategori-kategori penting. Besar kecilnya peran seorang pengarang dalam mengarahkan sudut pandangnya ke pada pembaca, tergantung pada seberapa besar keinginannya dalam menyampaikan maksud dan tujuannya dalam menulis. Selain masalah tidak punya alasan yang kuat, orang malas untuk menulis karena sudah keburu takut bahwa menulis itu membosankan, takut stuck, menghabiskan waktu, susah mencari ide dan inspirasi, serta banyak hal lainnya yang membuat seseorang tidak suka ataupun tidak ingin menulis.

Beberapa alasan mengapa seseorang harus menulis.

Sarana Aktualisasi Diri yang Efektif

Menulis juga bisa menjadi sarana ibadah dan memenuhi kebutuhan spiritual. Menulis bisa menjadi sebuah sarana aktualisasi diri dan meraih kepuasan tersendiri. Menulis juga dapat membuat seseorang menjadi produktif.

Berbagi Ide atau Pemikiran.

Ide atau pemikiran yang dimiliki oleh seseorang jika tidak ditulis dan dibagi ke orang lain, maka ideataupemikiran tersebut akan sirna dengan sia-sia, padahal mungkin saja ide atau pemikiran tersebut bisa membantu menyelesaikan masalah orang lain, sehingga bermanfaat.

Meninggalkan Jejak Hidup

Dengan  menulis, seseorang bisa meninggalkan jejak hidup di dunia ini dengan menebarkan manfaat untuk orang banyak. Selain itu, menulis juga membuat usia menjadi lebih panjang dari umur sebenarnya. Bayangkan, saat seseorang sudah tiada, tidak akan ada lagi orang lain yang mengingatnya selain keluarganya. Nah dengan menulis, nama seseorang akan terus dikenang dan karyanya akan terus dibaca hingga masa yang tidak dapat dipastikan.

Menambah Pendapatan

Dengan menulis, kamu bisa menambah pendapatanmu. Kamu bisa menulis di sela-sela waktu sibukmu, atau disela sela waktu istirahat. Jika tulisanmu bisa diterbitkan oleh sebuah media, kamu tentu mendapat royalti nantinya. Atau kamu bisa menulis hal-hal menarik di blogmu. Jika banyak pengunjung, seseorang tentu akan menawarkan untuk memuat iklan di blog tersebut. Materi memang bukan hal yang utama, ia hanya dampak dari kesenangan yang bermanfaat.

Menghilangkan Stress.

Seseorang yang hobi menulis bisa melampiaskan perasaannya kedalam tulisan. Perasaan senang atau sedih bisa dituangkannya ke dalam tulisan. Kamu bebas mengatakan apapun yang kamu mau, tak akan ada yang mengganggu di sini. Kamu bisa berkolaborasi dengan manusia berbagai karakter, berbagai hobi, berbagai pekerjaan. Saat kamu memiliki masalah, kamu bisa ciptakan sebuah ruang, inilah ruang bernama sunyi yang bisa kamu isi menjadi ramai, tanpa harus berucap satu kata pun. Intinya, menulis itu kenikmatan tiada tara, hati terasa senang, bebanpun berkurang. Karena menuangkan tulisan sama saja dengan bicara pada diri sendiri. Kita seakan-akan sedang berkomunikasi dengan diri kita sendiri.dengan menulis.

Menjadi Terkenal.

Hanya dengan hobi iseng menulis, tidak sedikit orang menjadi orang terkenal.Beberapa penulis ternama seperti Gola Gong, Andrea Hirata, Ayip Rosidi, Rosihan Anwar, Dewi Lestari, Pramoedya Ananta Toer, Raditya Dika,Habiburrahman El Shirazy, Mira W., Agner Davonar, Agnes Jessica, Asma Nadia, dan masih banyak lagi. Mereka adalah penulis dari berbagai generasi yang sukses dan terkenal. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *