Waktu Terbaik Minum Susu di Malam Hari

  • Whatsapp

Susu adalah sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi tubuh orang dewasa, sekaligus andalan bagi pertumbuhan anak-anak. Sebenarnya, minum susu bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang, atau malam.Tidak ada batasan waktu kapan tepatnya minum susu. Namun demi penyerapan terbaik, dan untuk keperluan apa susu diminum, perlu memilih waktu yang tepat kapan saatnya susu diminum. 

Waktu Terbaik Minum Susu di Malam Hari
Gambar : duniafitnes.com

Bagi orang dewasa, susu bersifat menidurkan. Itulah mengapa bagi orang dewasa minum susu dikatakan baik saat menjelang tidur. Susu mengandung asam amino tryptophan yang dapat menenangkan saraf dan melemaskan otot, maka minum susu dianjurkan pada malam hari. Sebab, susu dapat membuat proses relaksasi tubuh menjadi lebih cepat sehingga kualitas tidur jadi lebih baik. Enzim penyerap susu pada orang dewasa yang makin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Selain sudah lebih beragam menu yang dikonsumsi, kondisi pencernaan orang dewasa tidak lagi sama dengan anak-anak. Lambung sebaiknya tidak sedang kosong , agar susu diserap sempurna oleh tubuh. Penyerapan susu berkurang apabila lambung kosong. Suhu susu saat diminum hendaknya tidak terlampau panas. Terbaik pada kisaran 20-30 derajat Celsius.

Read More

Bagi anak, susu diberikan sepanjang hari, tidak terikat waktu, karena susu merupakan menu utama. Saat lambung sedang kosong, atau sudah diisi makanan padat, susu tetap diberi waktu untuk diminum kapan saja, karena sistem tubuh dan kebutuhan anak berbeda dengan orang dewasa.

Hindari minum susu setelah atau bersamaan dengan mengonsumsi makanan pokok. Karena kandungan kalsium dalam susu dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Pada saat makan siang atau makan malam, banyak zat besi yang bersumber dari daging merah atau sayuran yang dikonsumsi. Zat besi inilah yang akan menghambat penyerapan kalsium, atau sebaliknya. Susu yang diminum akan kekurangan khasiatnya akibat zat besi ini. 

Juga, ada beberapa minuman yang tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan susu. Sebagai berikut.

Susu dan Teh

Susu dapat menghambat efek perlindungan yang dimiliki oleh teh,  dalam usaha menghambat terjadinya penyakit jantung. Protein Kasein yang terdapat pada susu dapat menurunkan sejumlah komponen yang terdapat pada teh, seperti catechin, yang memiliki kemampuan melawan penyakit jantung.

Susu dan Jus Jeruk

Protein dalam susu yang bertemu dengan asam dalam jeruk, akan mempengaruhi pencernaan dan penyerapan susu dalam tubuh manusia. Hal ini juga berlaku pada buah-buahan asam lainnya, jika dikonsumsi bersamaan dengan minum susu.

Susu dan Obat-obatan

Kalsium, Magnesium, dan zat mineral lainnya dalam susu akan memiliki reaksi kimia dengan obat, sehingga mempengaruhi pelepasan dan penyerapan obat.  Susu juga dapat mempengaruhi penyerapan antibiotik dalam obat, hingga membuat khasiatnya berkurang. Sebaiknya, minumlah obat dengan menggunakan air hangat biasa.

Bagi orang dewasa, dengan meminum susu, bisa membuat ketenangan pada sistem saraf yang lelah setelah beraktivitas seharian. Minum susu dapat bermanfaat lebih menenangkan dan menjadikan cepat tidur. Hal ini tentu baik bagi orang dewasa yang mengeluhkan insomnia. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *