Tips Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

  • Whatsapp

Nyeri saat haid adalah hal yang biasa bagi wanita, karena merupakan gejala normal dari serangkaian Premanstrual Syndrome atau PMS.  PMS disebabkan adanya faktor hormonal karena tidak sempurnanya proses ovulasi yang mengakibatkan tidak seimbangnya hormon estrogen dan progesteron.

Tips Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

Seringkali, PMS juga dihubungkan dengan adanya asupan vitamin B, kalsium, dan magnesium. Gejala PMS akan muncul satu atau dua minggu sebelum wanita mengalami menstruasi.

Gejala-gejala yang biasanya terjadi saat wanita PMS adalah payudara nyeri dan mengalami bengkak, mengalami pusing, nyeri pada perut bagian bawah, kembung, depresi, dan kelelahan.

Beberapa penyebab nyeri haid pada wanita, yaitu:

Kram

Kram biasanya berlangsung satu hingga tiga hari, karena kontraksi pada rahim. Kram perut bisa diatasi dengan aktivitas fisik seperti olahraga atau fitnes, atau dengan mandi air hangat, mengompres perut dengan kantung air panas, dan istirahat. Tapi jika kram sudah tidak tertahankan, kamu bisa minum ibuprofen, atau konsultasilah ke dokter.

Fibroid

Fibroid merupakan jenis tumor jinak yang tumbuh di dinding uterus. Terjadi jika tumor berada cukup dekat dengan lapisan rahim atau menghambat peredaran darah ke lapisan tersebut. Fibroid tidak selalu membahayakan, tapi bisa memengaruhi kesuburan dan berpotensi menyebabkan keguguran. 

Pelvic Inflammatory Disease (PID)

PID adalah infeksi pada organ resproduksi wanita, biasanya disebabkan oleh penyakit kelamin menular, bahkan bisa tanpa hubungan seksua sekalipun.

Endometriosis

Kondisi ini biasanya terjadi ketika endometrium tumbuh keluar uterus. Endometriosis menjadi salah satu penyebab utama timbulnya rasa sakit di perut ketika menstruasi. Tanda paling umum adalah rasa sakit yang tak tertahankan. 

Kelainan lain yang dapat menimbulkan nyeri haid sekunder antara lain: endometriosis, sindroma Allen, mosters, sindroma kongesti pelvis, kista ovarii dan tumor, penyakit infeksi panggul, adenomyosis, myoma uteri, polip uteri, sindroma asherman, kelainan kongenital, alat kontrasepsi intra uterin, stenosis dan sumbatan vagina, dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara mengatasi nyeri saat haid  pada wanita, yaitu:

  1. Konsumsi makanan sehat yang kaya akan kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E dan omega 3, atau mengkonsumsi buah dan sayur aneka warna, ikan, dan makanan yang banyak mengandung protein nabati.
  2. Minum Jamu. Minuman tradisional ini bisa digunakan untuk mengatasi nyeri haid. Agar menghindari nyeri berlebihan, kamu bisa minum jamu secara teratur tiga hari sebelum datangnya haid, dan tiga hari sesudah haid.
  3. Olahraga ringan. Olahraga yang bisa membantu kamu meringankan nyeri haid. Kamu bisa berjalan kaki selama 30 menit secara teratur untuk menggerakkan otot sehingga dapat meningkatkan denyut jantung, memperlancar aliran darah, dan meningkatkan metabolisme tubuh. 
  4. Kompres perut dan punggung bawah dengan menggunakan bantalan pemanas. 5. Berbaring untuk mengurangi rasa nyeri dan gunakan bantal untuk menyangga lutut, lalu ambil nafas panjang perlahan buang,  hingga kamu merasa nyaman.
  5. Pijatan lembut pada bagian perut bawah secara merata dan tulang pinggang 
  6. Konsultasikan ke dokter. Ini adalah upaya terakhir yang bisa kamu tempuh jika nyeri haid tak tertahankan lagi. Biasanya, dokter akan memberi obat pereda nyeri, seperti ibu profen.

Demikian artikel Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda pembaca Cerita Medan dimanapun berada.(CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *