Tips Mengambil Hati Ibu Mertua

  • Whatsapp

Sudah menjadi rahasia umum, hubungan mertua dan menantu kerap bermasalah. Mungkin ini lebih disebabkan karena kurang keakraban di antara keduanya. Padahal, Pernikahan tidak hanya menyatukan cinta antara kamu dan pasangan, tapi juga keluarga kedua belah pihak. Sebenarnya, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan apabila kamu dan mertua memiliki hubungan yang cukup dekat. 

Tips Mengambil Hati Ibu Mertua

Namun, tidak sedikit wanita yang mempunyai masalah dengan mertua mereka. Untuk itu, ada beberapa cara agar kamu dapat membina hubungan baik dengan orangtua pasanganmu.

Banyak ngobrol dengan ibu mertua. 

Kamu harus mengenal orangtua pasangan lebih dekat. Jangan suka menghindari  mertua karena tidak mau terlibat masalah dengannya. Luangkan waktu sesering mungkin untuk mengobrol dengan ibu mertuamu agar mengenal si ibu mertua lebih dekat. Misalnya dengan mencari tahu kegemaran atau hobinya, dan menyisihkan sedikit waktu untuk menemaninya melakukan hobinya itu. Atau juga meminta ibu mertua mengajarkan cara memasak makanan kegemaran suamimu. Ini membuktikan bahwa kamu tak hanya mencintai anaknya, tapi juga keluarga besarnya.

Mengerti apa yang disukai dan tidak. 

Untuk tetap disayangi mertua, tentu saja kamu harus bisa menarik perhatiannya. Salah satunya, tahu apa yang disukai atau tidak oleh mertua.Tanyakan pada suamimu apa yang disukai dan tidak disukai ayah dan ibunya. Ini bisa kamu jadikan bahan obrolan saat bertemu dengan mereka sehingga suasana menjadi tidak kikuk. Dengan kamu tahu apa yang disukai ataupun tidak, maka kamu akan dinilai sebagai menantu yang pengertian.

Lakukan pekerjaan rumah. 

Kamu bisa melakukan beberapa pekerjaan rumah, seperti memasak, membersihkan seluruh ruangan, hingga menyiram tanaman di rumah ibu mertuamu. Juga bisa merapikan rumah sesuai dengan. Tentu saja, ibu mertua akan merasa senang bahwa menantunya adalah sosok yang peduli dan baik dengannya.Wanita yang rajin melakukan pekerjaan rumah juga akan memberikan nilai positif di mata orangtua pasangannya.  

Bersikap baik di depan mertua. 

Salah satu cara mengambil hati mertua adalah dengan menunjukkan sikap baik kepada orangtua suami. Jangan tunjukkan kelakuan burukmu saat ibu mertua berada di sekelilingmu. Dengan bersikap baik, mereka akan menilaimu positif.

Perlakukan pasanganmu dengan baik di depannya. 

Jika mertua melihatmu sangat menyayangi, menjaga, dan merawat pasanganmu dengan baik, terutama saat berada di depannya, maka mertua pasti akan bersikap baik padamu.

Jangan bertengkar dengan mertua karena hal sepele. 

Jangan mendebatkan hal sepele dengan mertua. Hal itu seharusnya tidak terjadi. Kalau kamu merasa tidak suka dengan sesuatu yang dilakukan oleh mertua, lebih baik hargai dia dan diam saja. Biarkan seperti yang dia inginkan. Bertengkar karena hal sepela hanya kan membuatmu buruk di matanya dan orang lain. Hargai ia adalah orangtua barumu yang harus kamu hormati keinginannya.kamu harus sabar dan berusaha melakukan yang terbaik demi menjaga hati pasangan terhadapa orangtuanya. 

Sering menghubunginya. 

Tak salah untuk meluangkan waktu menelponnya jika kebetulan rumahmu dengan mertua berjauhan. Meluangkan waktu menelponnya justru membuatnya lebih merasa diperhatikan.  Ajak mertua berbicara dengan ramah. Ini juga adalah upaya untuk menjaga komunikasi yang baik antara kamu dan ibu mertuamu, meski kamu hanya sekadar bertanya tentang kondisi kesehatannya atau bertanya tentang resep masakan padanya.

Minta saran. 

Ibu mertua akan terkesan padamu, jika kamu sering meminta saran padanya. Dia akan merasa dibutuhkan dan dihargai, sehingga akhirnya menjadi sangat dekat denganmu. Ini juga jadi salah satu cara menunjukkan bahwa mertua adalah orang yang penting bagimu dan kamu hargai. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *